Dampak Krisis Iklim Susah Dimitigasi Karena Semakin Parah

30

What’s scarier than horror movies?

CLIMATE CRISIS.
Hiks, iya nih guys tbl tbl. Jadi Laporan terbaru PBB, yang dipimpin oleh Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) dan dirilis minggu lalu baru aja menyatakan bahwa umat manusia ini “walking to the wrong direction” dalam isu krisis iklim.
 
🙁 Tell me more. 
Jadi dalam keterangannya, Sekjen PBB Antonio Guterres bilang kalo dampak perubahan iklim is getting worse and worse. Dia bilang kalo dampak dari climate change tuh heading into uncharted territories of destruction aka udah susah dimitigasi karena udah parah banget. Terus laporan itu lebih jauh bilang bahwa emisi gas rumah kaca terus meningkat dan para world leaders tuh lumayan gagal buat menekan pemanasan global di bawah 1,5 derajat Celsius. Parahnya lagi, the world is heading closer to dangerous climate tipping points aka udah di ambang batas banget. Kamu pasti ngerasain juga, kan cuaca yang makin panas dan nggak jelas kaya sekarang-sekarang ini?
 
Rite.
Nah selanjutnya, Sekjen Guterres juga bilang kalo bukti dari kerusakan iklim tuh udah makin nyata, mulai dari gelombang panas di Eropa, banjir di Pakistan, dll. Makanya doi menyimpulkan bahwa penggunaan bahan bakar fosil bener-bener harus berakhir. Lagian juga walaupun emisi gas sempet turun waktu lockdown gede-gedean during early days of pandemic, tapi tetep aja emisi pemanasan global udah melonjak lagi, melampaui waktu sebelum pandemi.
 
And things are getting worse…
Karena kamu harus tahu guys bahwa tujuh tahun terakhir tuh bumi berada pada rekor terpanas selama ini. Nggak cuma itu, suhu rata-rata global udah menghangat 1,1 derajat Celsius di atas rata-rata pra-industri. Artinya, batas kita tinggal 0,4 derajat Celsius lagi aja gengs dalam mencegah pemanasan global, karena kalo udah nyampe 1,5 derajat celcius, maka kerusakannya udah ga bisa di-turning back lagi
 
SEREM BGT PLZ.
True. Laporan WMO itu juga bilang kalo dunia ini tuh masih jauuhhh banget dalam upayanya menahan laju pemanasan global ke 1,5 derajat Celsius. Penyebabnya? Permintah yang failed untuk mengadaptasi upaya peralihan energi biar gausah pake fossil fuel lagi plzzzz. Guys, kamu juga perlu tahu bahwa kalo udah nyampe 1,5 derajat nanti, maka kita udah ada di level extremely dangerous, dan akan mengalami berbagai bencana alam. Dan menurut itung-itungan para ahli, dengan level penggunaan fossil fuel kayak sekarang, kita bisa mencapai 1,5 derajat Celsius cuma dalam waktu lima tahun aja, aka 2026.
 
Nooo anything else? 
Soal prediksinya yang lebih serem dari film Conjuring ini, WMO menegaskan bahwa pihaknya bikin laporan kayak gini bukan buat bikin takut aja, tapi juga akan bikin sistem peringatan dini dalam 5 tahun ke depan. WMO juga menyebut bahwa dengan adanya kenaikan emisi ini, maka hampir setengah dari populasi bumi akan sangat terpengaruh oleh perubahan iklim, kayak jadi mengalami banjir, gelombang panas, kebakaran hutan, hingga badai.