Badai Ian Di Kuba

39

Another hurricane is happening..

Setelah Badai Fiona yang baru-baru ini terjadi di Puerto Rico, another hurricane is happening, guysBadai Ian namanya, dan kali ini Kuba yang jadi korbannya. Hiks 🙁

Go on. 
Jadi, Badai Ian yang terjadi karena angin kencang dan hujan, menghantam wilayah pantai selatan Kuba pada Senin malam (26/9). Akibatnya pasti aja banyak rumah-rumah yang hancur. Badai ini sendiri intensitasnya terus meningkat sampe ke 155 kilometer per jam. Fyi, wilayah Tampa dan St Petersburg kemungkinan jadi salah satu target yang kena terjangan langsung pertama dari badai besar sejak 1921.

Tell me more. 
So far, Pemerintah Kuba sendiri sih udah evakuasi sekitar 50 ribu orang di Provinsi Pinar del Rio. Bantuan-bantuan kemanusiaan mulai dari tenaga medis, bahan pangan dan komoditas lainnya udah mulai dikirim buat warga di sana.

Things are getting worse… 
When the hurricane happened, ternyata Kuba saat ini juga lagi ngalamin krisis ekonomi. Banyak antrean panjang buat beli makanan, bahan bakar sampe obat-obatan. Terus, barang-barang pokok juga menghilang dari supermarket yang bikin kondisi makin rumit. Ini juga bikin masyarakat semakin sulit buat mempersiapkan diri menghadapi badai.

🙁
Badai Ian sendiri sih diperkirakan bakal membesar dan menghantam ke wilayah pantai Florida di Amerika Serikat. Karena udah tau soal prediksi ini, penduduk di wilayah itu udah mulai siap-siap dan menimbun persediaan.  Bahkan, Gubernur Florida Ron DeSantis udah announced soal keadaan darurat gara-gara badai besar diprediksi terjadi pekan depan.

Anything else? 
Ternyata, Badai Ian ini nggak kasih impact ke masyarakat aja, tapi juga NASA yang ngumumin kalo mereka bakal batalin peluncuran misi tanpa awak ke Bulan pada pekan depan. Nggak cuma itu aja, Badai Ian ternyata juga ganggu persiapan misi Kru-5 SpaceX ke stasiun luar angkasa. Sampe sekarang sih, NASA masih belom ngumumin tanggal baru dari rencana mereka.