Aksi Protes Kenaikan Harga BBM

34

When people are still striking hard…

Guysss, things are getting more alarming…
In so many parts of Indonesia. Iya ni guys, aksi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM masih terus terjadi di seluruh Indonesia. Hal ini menyusul kenaikan harga BBM bersubsidi yang diberlakukan pemerintah mulai Hari Sabtu lalu. Terus, di mana aja aksi protesnya berlangsung? Let’s catch up!
 
Pertama, di rumah rakyat dulu, aka DPR RI.
Yep kemarin, ribuan massa dari sejumlah aliansi buruh membawa empat tuntutan dalam demo menolak kenaikan harga BBM di depan DPR RI. Jadi selain menolak kenaikan harga BBM, massa buruh juga punya tuntutan lain yakni mendesak pemerintah segera mencabut UU Omnibus Law Cipta Kerja, menuntut kenaikan UMK/UMSK, dan mendesak DPR membentuk Panitia Kerja (Panja) atau Panitia Khusus (Pansus) BBM.
 
Terus…
Terus kata Presiden KSPI dan Partai Buruh Said Iqbal, aksi ini ngga hanya digelar di Jakarta, tapi juga dilakukan secara serempak di 25 provinsi dan kota-kota besar kayak Bandung, Serang, Semarang, Surabaya, Medan, Banjarmasin, hingga Gorontalo. Terus selain buruh, tentunya mahasiswa juga turun ke jalan dong. Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) juga mengundang mahasiswa untuk menggelar aksi serentak mulai kemarin hingga 10 September nanti di seluruh wilayah Indonesia. Adapun seruannya sama guys, yakni menolak kenaikan harga BBM. Koordinator Media BEM SI 2022 Arif Maulana bilang, saat ini kebijakan pemerintah semakin jauh dari kesejahteraan rakyat, makanya mahasiswa kembali turun untuk berjuang.
 
I see…
Nah dari Jakarta kita ke Jawa Timur, di mana aksi protes terjadi di beberapa titik, dan pusatnya ada di Kantor Gubernur Jawa Timur, di Jalan Pahlawan, Surabaya. Adapun aksi protesnya diwarnai dengan para buruh yang mendorong motornya sebagai bentuk protes kepada pemerintah yang seenaknya menaikkan harga BBM. Terus aksi protes juga terjadi di Yogyakarta, di mana massa yang Aliansi Rakyat Bergerak (ARB) berkumpul di depan Gedung DPRD DIY. Dari situ, mereka kemudian melakukan long march dan berakhir dengan blokade jalan di depan Gedung DPRD DIY. Massa kemudian melakukan orasi yang intinya menolak kenaikan harga BBM.
 
Go on…
Dari Jogja kita ke Sumatera Utara, di mana ribuan mahasiswa juga mendatangi kantor DPRD Sumut untuk menyampaikan protesnya. Dalam seruannya, Ketua GMNI Kota Medan, Surya Darmawan Nasution menilai bahwa Pemerintahan Pak Jokowi udah mengkhianati rakyat. Karena sebelumnya Pak Jokowi sempat bilang enggak akan menaikkan harga BBM, tapi ujung-ujungnya dinaikin ugha. Aksi protes juga terjadi di Aceh, di mana aksi yang digelar di depan gedung DPRD Aceh itu berlangsung ricuh hingga menyebabkan tiga orang polisi terluka.
 
Meanwhile…
Kemarin banget, pas para mahasiswa menggelar aksi protes di depan gedung DPR RI. Di dalam, beberapa anggota DPR yang hadir memberikan kejutan “happy birthday” buat Ketua DPR Puan Maharani. Adapun surprise ini diberikan oleh seluruh anggota DPR yang lagi sidang paripurna, ngga lupa sambil nyanyiin lagu ‘Selamat Ulang Tahun’-nya Jamrud dan pada bertepuk tangan.
 
We know. Nah in case you’re wondering, yep, harga BBM naik, harga sembako juga naik dong. Adapun harga kebutuhan di pasar tradisional manis di Ciamis Jawa barat baru aja mengalami kenaikan 20 persen. Terus, selain cabe dan sayuran, harga daging ayam juga tembus Rp38 ribu perkilogram dan daging sapi mencapai 140 ribu rupiah perkilogram.