10 Ribu Langkah Perhari Kurangi Resiko Berbagai Penyakit

29

When you’re soooo lazy to walk…

Don’t be.
 
Karena ternyata berjalan sampai 10ribu langkah per hari itu bisa mengurangi resiko kamu terkena penyakit kanker, jantung, hingga kematian dini. Tapiiii, kalo kamu ngga mau jalan 10ribu langkah perhari juga ngga apa-apa, yang penting jalan. Gitu guys menurut penelitian di University of Southern Denmark in Odense, Denmark. Jadi dalam penelitiannya tuh disebutkan bahwa jalan dikit aja dalam sehari udah bisa mengurangi risiko kamu kena penyakit-penyakit tadi. Nah efeknya bakal lebih besar seiring dengan bertambahnya langkahmu ketika berjalan. Selain itu, berjalan 10ribu langkah juga diketahui bisa menurunkan resiko terkena penyakit dementia hingga 50%. Resikonya bisa berkurang sampe 25% kalo kamu jalannya 3.800 langkah aja perhari. Dalam penelitiannya ini, para researchers melihat kebiasaan berjalan 78.500 orang dan mengelompokannya ke dalam dua kategori. Yang jalannya dari kamar ke kamar aja, dan yang rajin jalan cepat setiap harinya. Terus tujuh tahun kemudian, data kesehatan kedua kelompok ini dibandingkan dan hasilnya adalah: orang-orang yang lebih banyak jalan, kira-kira 80 langkah per menit, menunjukkan penurunan terbesar dari resiko kanker, sakit jantung, dan kematian karena penyebab apa pun.