Wabah Cacar Monyet Makin Tinggi

49

What’s getting more concerning each and every day?

Monkeypox.
At this point, kamu mungkin mikirnya “Why Monkeypox over and over again? Apanya yang concerning?”. Well, the thing is meskipun emang belum ditemukan di Indonesia, kita beneran harus waspada banget, guys. Karena kasus wabah cacar monyet ini makin hari makin tinggi.

Oh, that changes things. Tell me everything.
Sure. Jadi dalam beberapa bulan terakhir kasus wabah cacar monyet aka monkeypox tuh emang lagi naik banget jumlahnya di berbagai belahan dunia. Karena alasan inilah akhirnya WHO minggu lalu men-declare global emergency status atau darurat kesehatan global supaya negara-negara makin meng-elevate penanganan dan pengobatan di negara mereka masing-masing terkait wabah ini.

Okay….
Tapi kan itu berproses yah, banyak negara harus mempelajari penyakit ini lebih dalam, penanganan wabah ini baiknya gimana, belum lagi persiapan vaksin, dll. Nah selama proses itu berjalan, monkeypox juga nggak berhenti menjangkiti dan menyebar ke masyarakat dunia, guys. Berdasarkan data yang udah dihimpun WHO, saat ini monkeypox udah menjangkiti sebanyak 17.150 orang di 75 negara

Crazy….
Adapun di Eropa, penularannya lagi gila-gilaan banget, gengs. Di Spanyol, tercatat udah ada 4.298 kasus, dan Jumat lalu, satu orang dinyatakan meninggal. That being said, kasus meninggal ini jadi kasus meninggal gara-gara monkeypox pertama di Eropa dan jadi yang kedua di luar Afrika. Iya, sebelum di Spanyol, kasus meninggal gara-gara monkeypox udah ditemukan di Brazil beberapa waktu lalu,

Tell me the condition there…
Brazil adalah negara non-endemi pertama yang terkonfirmasi telah terinfeksi cacar monyet ini. Dibanding Spanyol, kasus di Brazil emang lebih dikit, yaitu di angka 1.066 kasus. Tapi, karena kondisinya yang semakin memburuk, satu orang di sana harus meninggal deh :(. Adapun pasien meninggal ini adalah seorang pria usianya 41 tahun. Dari keterangan Kementerian Kesehatan sana, bapak-bapak ini punya komorbid, gengs. Dia mengidap limfoma (sejenis kanker darah), terus sistem imunnya juga lemah banget, makanya nggak terselamatkan. Kematian bapak-bapak 41 tahun ini jadi kematian pertama gara-gara monkeypox di luar Afrika.
 
Berarti di Afrika udah sering ada kasus yang sampe meninggal?
Nggak sering sih. Tapi yha namanya negara endemi, jumlah kasus kematian monkeypox di negara-negara Afrika emang lebih banyak, guys. Penularannya pun dinilai bisa ke siapa aja, nggak ada batasan kelompok tertentu kayak yang ditemukan di negara lain. Kayak di Eropa misalnya, kasus monkeypox tuh ditemukan di laki-laki dengan usia di atas 37 tahun kan. Nah kalau di Afrika nggak gitu.
 
Di Afrika emang gimana?
Literally siapa pun bisa kena. Sejauh ini, udah tercatat 2.100 kasus yang ditemukan di 11 negara Afrika, dengan total kematian berjumlah 75 kasus. Kasus kematian di Afrika ini juga meng-highlight distribusi vaksin yang nggak merata terjadi sama mereka. Dan negara-negara tajir pun nggak mau bagi-bagi tuh vaksin sama mereka. Jadi yha.. gitu deh. Jadi penyebarannya pun makin tinggi day by day dengan respon penanganan yang minim.
 
Aishh…
Talking about vaccinelet’s hear it from the United States of America. Sejak kasus monkeypox pertama kali ditemukan di AS Mei lalu, pemerintahan Biden langsung nyetok vaksin yang diperuntukkan buat petugas kesehatan, orang yang punya kontak tinggi dengan wabah ini, sama orang yang pernah terinfeksi wabah monkeypox ini. Tapi bukannya membaik, penyebaran kasusnya makin luas dan angka kasusnya pun makin tinggi. Bahkan di New York, diprediksi ada 150.000 warga yang beresiko terinfeksi sama monkeypox ini, gengs. Makanya, Gubernur New York Kathy Hochul udah mengeluarkan executive orders keadaan darurat kesehatan seantero New York. Di mana tingkatan vaksinasi bakal makin digenjot, dan yang bisa divaksin pun bakalan makin diperluas kriterianya.
 
I see. Anything else?
Btw kita nggak bisa santuy-santuy aja nih, gengs. Secara peningkatan kasus juga terjadi di Asia. Bahkan sekarang, Singapura, yang literally tinggal ngesot dari Indonesia udah mengkonfirmasi 10 kasus positif cacar monyet ini. Di Thailand juga gitu. Jauhan dikit ada Jepang dan India. Well, Kementerian kesehatan sih bilangnya mereka tetap waspada dan menjaga ketat pintu masuk negara. Jangan sampe itu wabah masuk ke wilayah Indonesia.