Stars Coffee Pengganti Starbucks di Rusia

328

In Russia, they don’t do Starbucks treats…

They do Stars Coffee treats.
Yoi guys. Para fakir kafein di Rusia udah mulai semangat lagi nih. Setelah mereka ditinggalin sama franchise kopi favorit manusia abad ini, which is Starbucks, sekarang di Rusia udah ada penggantinya. So, everybody meet: Stars Coffee.

Wait, what happened to Starbucks in Russia?
Kan ditutup sejak Mei lalu. Yep, karena invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina, berbagai franchise dan brand, mostly from the US akhirnya pada cabut guys dari Negeri Beruang Merah itu, nggak terkecuali franchise kopi Starbucks. Dalam keterangannya, CEO Starbucks Kevin Johnson bilangnya serangan Rusia ke Ukraina tuh beneran devastating, dan serem banget, dan masyarakat di seluruh dunia yang kena dampaknya. Karena alasan kemanusiaan juga inilah, Starbucks akhirnya menutup 130 tokonya yang ada seantero Rusia. Terus ada 2.000 pekerjanya tetep dikasih gaji selama enam bulan, plus dikasih bantuan buat job transisition, guys.

I see….

Terus tiga bulan tanpa kehadiran Starbucks, masyarakat sana kan masih pada sedih dan kecewa gitu yah, “There is no one like you, pls w kangen working from coffee shop sambil post story pamerin gelas yang ada logo lu”. *Nggak, canda. Pokoknya mereka merasa kehilangan lah. Sampai akhirnya ada pengusaha namanya Anton Pinsky dan rapper si Timati yang partner-an beli asetnya Starbucks terus bikin brand baru namanya Stars Coffee.

From Starbucks to Stars Coffee…..
Advertisement
Iya kan. Dilansir dari keterangannya waktu konferensi pers minggu lalu, mereka emang sengaja niru-niru gitu biar customer yang sebelumnya udah engage sama Starbucks juga bisa masuk ke market-nya mereka. Nggak cuma nama, logonya pun dibuat mirip: Ada putri duyungnya, rambutnya sama, yang beda cuma mahkotanya aja di mana Stars Coffee mahkotanya pakai mahkota khas perempuan Rusia. Terus, menunya pun bakalan familiar banget kayak menunya Starbucks. Yha Stars Coffee ini emang dibuat supaya menghidupkan lagi nafas Starbucks di Rusia dengan identitas baru, guys.

I see.. Anything else I should know?
Btw di dunia bisnis, kayaknya istilah “Yang patah tumbuh, yang hilang berganti” tuh emang valid ygy.. Secara masyarakat Rusia tuh kan udah terbiasa sama gaya hidup western yah, termasuk lah Starbucks dan fast food-nya. Nah ngeliat kondisi Starbucks dan McDonalds yang cabut dari Rusia, entrepreneurs dengan otak encernya berusaha cari peluang lah di situ. McDonalds yang dibeli dan diganti nama, terus Starbucks juga gitu.
Advertisement