Sepertiga Wilayah Pakistan Terancam Tenggelam

30

When suffering is still on and on…..

In Pakistan.
Yep, global headlines lately have been about…. massive flood di Pakistan yang parah banget. Saking parahnya, banjir yang terjadi di berbagai wilayah ini diprediksi bikin sepertiga dari wilayah Pakistan terancam tenggelam.


WHAAAAAT?
Iya kan. Well, kejadiannya itu most likely hampir sama kayak yang terjadi di Seoul, Korea Selatan kemarin, guys, di mana ada hujan, tapi turunnya nggak santuy sama sekali. Hujannya deras banget, dan awet selama berhari-hari, hingga menyebabkan terjadinya banjir. Bahkan, pejabat iklim di sana namanya Sherry Rehman bilang bahwa banjir sekarang tuh udah kayak bakalan ada climate dystopia yang dihadapi sama masyarakat di negara mereka.

So, it’s all about climate?
Yep. Masih dari pernyataan Sherry, kalau ngikutin angin biasanya di periode waktu sekarang ini, hujannya tuh nggak akan separah ini sampe bikin banjir di sebagian besar Pakistan, guys. Ditambah dengan laporan PBB di mana region Asia itu saat ini lagi dilanda cuaca ekstrem. Kamu ngerasa nggak? Kadang panas yang panas banget, kadang hujan, hujannya deras dan dalam frekuensi yang tinggi pula. Nah ini pula yang terjadi di Pakistan deh. Tapi masalahnya adalah, masyarakat Pakistan tuh sekarang juga lagi struggling sama berbagai masalah internal mulai dari HAM, ekonomi, hingga politik yang lagi bergejolak di sana. Kebayang nggak kalau dengan keadaan semenderita itu terus ditambah banjir parah?

:((
Wait until you her about: Udah lebih dari 1.000 orang yang meninggal gara-gara bencana ini :(. Terus, sebanyak 500.000 orang lainnya udah dievakuasi ke kamp-kamp bantuan, dan ribuan orang lainnya yang masih belum bisa dievakuasi, masih stuck di rumah mereka, dan butuh makan plus persediaan yang lainnya. In case you’re wondering, rumah-rumah di sana itu banyak yang di atas pegunungan kan. Nah, akses ke pegunungannya ini terputus sama sungai yang makin meluap, guys.

No 🙁
Iya, terus para warga itu masih stuck di daerahnya dan lagi berusaha diselamatkan pake helikopter oleh otoritas setempat. Sebanyak 6.500 tentara pun udah ditugaskan buat membantu evakuasi masyarakat sana. Not to mention ada puluhan ribu hewan ternak yang mati dan bangunan-bangunan kantor pemerintahan dan industri di sana yang rusak total gara-gara banjir ini.

Can’t imagine the pain…
Iya kan. Yang lebih parahnya lagi adalah, kalau nggak segera ditanggulangi, sebagian besar wilayah Pakistan bakalan tenggelam dan ‘kalah’ sama banjir ini, gengs. So, in order to win this ‘battle’, pemerintah setempat pun gercep meminta bantuan ke berbagai organisasi internasional biar bisa segera recoverAgain, since banyak konflik dan ekonomi yang ga stabil belakangan ini, Pakistan nggak se-capable itu buat recovery sendiri menyelematkan warga dan segala infrastrukturnya. Dalam keterangan Menteri Luar Negeri Bilawal Bhutto-Zardari, kerugian materi dari banjir ini udah mencapai 4 miliar dolar AS, gengs.

Terus, ada yang bantu?
Ada. Kalau dari International Monetary Fund aka IMF, mereka bakalan mengirimkan sebanyak 1,2 miliar dolar AS ke pemerintah Pakistan dalam minggu-minggu ini, guys. Selain dari IMF, berbagai bantuan juga datang dari negara-negara lain, kayak Turki dan Uni Emirat Arab misalnya, yang kemarin banget udah mengirimkan bala bantuan berupa makanan, tenda, dan pasokan air bersih. Terus PBB, juga udah nge-budget-in 3 juta dolar AS yang bisa dipake di sektor kesehatan, nutrition, food security, air bersih, dan kebutuhan sanitasi.

Okay. Wrap it up…
Talking about bantuan, masyarakat sana juga pada ngeluh karena bantuan yang diterima sama mereka itu masih belum whole package, guys. Mereka yang dapet tenda, tapi nggak punya makanan. Mereka yang dapat makanan tapi nggak punya tenda, gitu-gitu. That’s why mereka sekarang jadi saling bantu saling melengkapi.