Puing Roket China Jatuh di Wilayah Indonesia

105

When the galaxy sends us something…

Everybody, meet: Chinese rocket debris.
Yep. Baru-baru ini, ada lagi sesuatu yang asalnya dari China terus nyampe ke Indonesia, tapi bukan kereta cepat. EHEHEHE. Kali ini, yang nyampe adalah puing-puing roket milik China yang jatuh di wilayah Indonesia.

HAH Gimana?
Iya, jadi ceritanya tuh gini guys. Akhir bulan lalu tepatnya di tanggal 24 Juli, sebuah roket yang namanya Long March 5B diluncurkan di Wenchang, China buat mengangkut Modul Wentian dan otw ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong punyanya China, di outer space. Ini roket terus naik sampai core stage-nya masuk ke orbit bumi. Roketnya sendiri dirancang untuk menunaikan tugasnya nganterin si modul itu, tapi kalo modulnya udah nyampe, maka roketnya akan terbang sendiri tanpa terkendali. Jadi emang kejadian ini tuh kinda expected, dan enam hari kemudian, roketnya ketarik sama atmosfer dan akhirnya beneran jatuh nggak terkendali.

Ya ampun….
Core stage alias bagian inti roket ini sendiri ukurannya gede, guys, sekitar 22 ton. Makanya banyak ahli yang bilang, walaupun bumi jarang banget terefek parah gara-gara ada barang asing dari luar angkasa, tapi ini tuh 22 ton we’re talking about. Terus juga, roket-roket gede biasanya di-setting buat hancur di lautan atau daerah yang nihil penduduk. Jadi kalau pun hancur dan jatuh nggak terkendali kayak gini, nggak ada masyarakat yang kena dampaknya. Tapi sayangnya, Roket Long March 5B ini nggak kayak gitu. Dia tetep jatoh di area dekat pemukiman penduduk. Dan plot twist-nya lagi, dari seluruh negara yang ada di bumi ini, dia jatohnya di…

Di mana?
Di Indonesia :). Tepatnya di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Berdasarkan penuturan warga sekitar, hari Minggu kemarin tengah malem, mereka dengar ada dentuman keras dari langit. Sempat dikira dentuman petir tapi anehnya nggak ada tanda-tanda cuaca buruk gitu. Terus, kaca jendela sampai rumah mereka juga ikut getar. Panik lah para warga. Sampai akhirnya pagi-pagi di sebuah lahan kebun sawit, ada warga yang nemuin serpihan roket itu, gengs. Temuan ini pun langsung ditangani oleh polisi.

I see. Did anyone say anything?
Yep. The fact that ini roket jatuh ke area dekat pemukiman penduduk bikin bete orang-orang di kalangan antariksa, guys. Nggak terkecuali NASA. Perwakilan NASA, Bill Nelson bilangnya semua negara yang punya urusan di luar angkasa tu harus mengikuti aturan yang berlaku dan harus tanggung jawab sama puing-puing mereka yang jatuh ke bumi. Kayak yang tadi dibahas, dalam case ini, roket ini kan nggak ngikutin aturan dengan setting-an yang tepat terkait skenario roket yang jatuh ke bumi kan. Bill bilang bahwa masyarakat di Bumi harus tetap aman dan selamat kalau ada roket jatuh.

Anything else?
Btw selain jatuh di Indonesia, puing-puing dan serpihan roket punyanya China ini juga ditemukan di Sarawak, Malaysia. Thank God nggak ada korban jiwa atau kerusakan properti dalam kejadian ini. But still, China harus tetap waspada nih, gengs. Apalagi ini bukan kali pertama ada roketnya yang jatuh di sembarang tempat kayak gini. Di Mei 2020, ada juga roket yang jatuh di Pantai Gading, Afrika.