Publik Tidak Percaya KPK Dipimpin Orang Yang Bersih

43

Who’s having some trust issues?

The public. To KPK 
 
Aka Komisi Pemberantasan Korupsi. Iya guys, emang ya namanya mendapatkan kepercayaan tuh ga gampang. Buktinya baru aja nih, survei Litbang Kompas menemukan bahwa mayoritas respondennya, yaitu sebanyak 62,6 persen, engga percaya bahwa KPK saat ini dipimpin oleh orang-orang yang bersih dari korupsi.
 
Dalam risetnya itu, Litbang Kompas juga bilang bahwa salah satu hal yang bikin kepercayaan publik menurun adalah dugaan penerimaan gratifikasi yang dilakukan oleh eks Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. Nah tapi sebenernya Bu Lili ini udah mengundurkan diri KPK pas beliau lagi diproses etik hingga pemeriksaan etiknya dihentikan. Ga cuma Bu Lili, sebelumnya Ketua KPK Firli Bahuri juga sempet bikin heboh karena diduga melanggar etik. Kasusnya beda lagi guys, kalo ini adalah beliau disebut menggunakan helikopter untuk kepentingan pribadi. Akibatnya, Pak Firli juga dikenai sanksi ringan berupa teguran tertulis.
 
Nah meski banyak carut marutnya, namun ternyata publik masih menaruh harapan kok sama KPK. Hal ini karena ada sekitar 59 persen responden yang masih yakin bahwa kinerja KPK di bawah Firli Cs bisa membaik hingga akhir masa jabatan pada 2023 mendatang.
 
Yuk KPK bisa yuk.