Puan Maharani Datangi Tower Nasdem

28

Who’s making a surprise but not so surprising visit?

Puan Maharani.
Yep, satu lagi nih tanda-tanda Pemilu dan Pemilihan Presiden 2024 is realllyyyyy getting closer. Kemarin banget, Ketua DPR RI Puan Maharani visit ke tower-nya NasDem dan meeting sama Surya Paloh, guys. Ada banyak bumbu di balik pertemuan ini sampai publik pada questioning, “Lah, Pak Ganjar gimana dong?”

Hold on. I need some background here.
You got it. Kamu masih inget nggak guys, beberapa waktu lalu Partai NasDem tuh kan udah menggelar Rakernas-nya. Nah, puncak dari Rakernas itu kemudian menghasilkan tiga nama bakal calon presiden yang most likely bakal diusung sama NasDem gengs. Ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andhika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Udah kan. As we all know Pak Ganjar kan kader PDI-P yah, terus kemarin banget nih, another kader PDI-P yang juga merupakan Ketua DPR RI Mbak Puan Maharani ketemuan guys sama Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dan membahas peluang Pilpres 2024 besok.

Waduh…
Iya. Dengan adanya pertemuan ini, publik pada heran dong. Rakernas kemarin udah mutusin bakal capres-nya Pak Ganjar Pranowo, terus tiba-tiba kedatangan Mba Puan. Mba Puan juga dari partai yang sama kayak Pak Ganjar. So everyone be like: “Ape nih? Ada apaan nih? Jadi capresnya Nasdem siapa?” Secara isunya kan Mba Puan juga pengen nyapres, gitu guys. Nah, disampaikan langsung oleh Pak Paloh, Rakernas nempatin Ganjar dan dua orang tadi ya udah bener begitu. Tapi suasana sekarang tuh berkembang dan situasinya tuh dinamis banget. Sejauh ini Surya Paloh sendiri juga terus memantau Puan Maharani untuk dijadikan Capres.  In his words, Surya Paloh bilang, “Mbak Puan udah jauh-jauh datang ke sini, masa nggak masuk dalam radar,” katanya gitu.

Lah terus Pak Ganjar?
Nah soal itu. Sampai saat ini, Partai NasDem bilangnya mereka tetap bakalan stick ke Hasil Rakernas. Terus Pak Ganjar sendiri juga nggak mempermasalahkan pertemuan mereka, guys. Pertemuan itu dinilai beliau cuma sebatas pertemuan representasi pimpinan partai politik aja gitu. Lebih jauh, Jawa Tengah 1 itu bilangnya yha boleh-boleh aja dong mau ketemu siapa aja. Yang penting semuanya sehat, rukun, makmur, dan bangsa ini bersatu.

Talking about 
bersatu in politik
Which means we are talking about koalisi. Well, selain kunjungan ke Partai NasDem, Puan Maharani rupanya emang dapet mandat dari Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri buat melakukan safari politik, gengs. Safari politik ini tujuannya nggak lain nggak bukan adalah membuka komunikasi dengan semua partai dan memperlebar peluang PDI-P buat koalisi dengan partai lain. Since NasDem sampai sekarang belum ngumumin koalisi sama partai manapun, Ketua DPP mereka Willy Aditya bilangnya yha nggak menutup kemungkinan NasDem bakal koalisi sama PDI-P, guys.

I heard something to do with 
PKS
….
Masih dari keterangan Bang Willy, Surya Paloh tuh maunya koalisi NasDem jadi paket komplit, gitu. Meanwhile kalau langsung mutusin koalisi sama PKS, itu nggak cukup. NasDem baru cukupnya sama PDI-P, Golkar, atau Gerindra. Itu baru satu paket ceunah. Makanya yang begini tuh harus tenang, nggak bisa buru-buru, biar keputusannya solid, dan koalisinya nanti beneran jadi paket komplit dan nggak bubar di tengah jalan. NasDem sendiri bakal mengumumkan koalisinya di Desember akhir tahun ini.

Okay. Anything else?
Fyi minggu lalu, itu Pak SP baru banget ketemuan sama Presiden Jokowi di Istana Negara, guys. Isunya, Pak Paloh disebut pamit sama Pak Jokowi karena NasDem bakal beda haluan dan pilihan politik di Pilpres 2024 nanti, guys. Isu ini kemudian langsung dibantah Sekjen NasDem sekaligus Menkominfo Johnny G Plate. Menurut Pak Johnny relasi NasDem dengan kepresidenan tuh makin solid, guys. Pak Johnny juga bilang NasDem bakal stick ke pemerintahan Jokowi sampai akhir masa jabatan Presiden nanti, jadi sebenernya pertemuan PSP sama Presiden tuh buat diskusi biasa aja terkait penyelenggaraan negara di tengah situasi global.