Prabowo Akan Maju Lagi di Pemilu 2024

34

Who’s saying “Third’s time charm…”

Prabowo Subianto.
Yoi. Nggak kerasa, we’re getting realllyy closer to 2024 aka aka pesta demokrasi aka pemilu. Kayak mantan, menjelang pemilu ini, nama-nama kembali bermunculan, dan udah mulai unjuk gigi “I am the next president” gitu guys. Nah, yang harus kamu tahu adalah, ada satu tokoh yang bakal kamu temui for the third-or fourth time, most likely on the ballot. Everybody, meet again: Prabowo Subianto.

Wohoooo…
.
YepEverything started from Pilpres 2009 lalu. To freshen you up, di 2009 lalu tuh kan kita punya 3 pasangan capres cawapres yah. Ada pasangan Susilo Bambang Yudhoyono aka SBY dan Boediono yang turned out memenangkan pilpres, melawan dua pasangan lainnya. Yaitu Wapres pada saat itu, Pak Jusuf Kalla-Wiranto, dan juga pasangan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto. Terus, sejak 2009 itu, nama Prabowo Subianto teruss naik sampai digadang-gadang bakal jadi presiden di pilpres berikutnya, guys.

Go on…
Nah, niat Pak Prabowo mau jadi presiden kemudian diwujudkan lagi di 2014 di mana beliau dan Hatta Rajasa berpasangan sebagai Capres Cawapres menghadapi Gubernur DKI Jakarta pada saat itu, Joko Widodo-Jusuf Kalla. Pada pemilu super panas itu, Pak Prabowo gagal lagi dan Pak Jokowi yang menang. Tapi ya kayak kata Kelly Clarkson, what doesn’t kill you makes you stronger, rite? Pak Prabowo coba lagi jadi Presiden dengan kembali mencalonkan diri di 2019. Seiring dengan desakan masyarakat #2019GantiPresiden. Remember that? 
 
Yep…
Pada kesempatan kali itu, Pak Prabowo menggandeng Wakil Gubernur DKI Jakarta waktu itu, Pak Sandiaga Uno untuk berhadapan melawan petahana Jokowi-KH. Ma’ruf Amin, once again, Pak Prabowo harus kalah lagi dengan perolehan suara 55,5% dan 44,5%. Nah, pasca kekalahan ini, beliau kemudian mengumumkan akan bergabung dengan koalisi pemerintahan dan sekarang, beliau ada di kabinet pemerintah. Jadi sambil tetap memegang pucuk pimpinan di Partai Gerindra, Pak Prabowo juga saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI.

Terus 2024 ntar nyapres lagi?
Rencananya begitu. Secara seluruh kader Gerindra tuh emang masih pengen Pak Prabowo jadi presiden, guys. Jadi weekend kemarin, di depan seluruh kader Gerindra dalam Rapat Pimpinan Nasional-nya Gerindra, Pak Prabowo menyatakan bakalan maju lagi sebagai calon Presiden 2024 menggantikan Joko Widodo. In his words, Pak Prabowo bilangnya gini: “Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab saya menerima permohonan saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai calon presiden Republik Indonesia.”

Gile…
Yep, lebih jauh dalam pernyataannya, Pak Prabowo bilangnya beliau siap mau terus berjuang buat bangsa, negara, dan rakyat Indonesia yang tercinta. Beliau juga menyebut udah bersumpah siap kasih jiwa dan raga buat kemajuan Republik Indonesia, dan siap berjuang buat Tanah Air selama dikasih kesempatan ceunah.

Nggak takut kalah lagi pak…
Pak Prabowo sih menyebut dalam perjuangan tuh nggak ada istilah kalah, guys. Beliau juga bilang bahwa bagi seorang pejuang, yha jatuh tuh hal biasa. Oya, pencalonan Pak Prabowo sebagai Presiden ini juga udah didukung sama 34 DPD Partai Gerindra di seluruh Indonesia. Disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI asal Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Gerindra udah bulat mau calonin Prabowo sebagai presiden. Pak Dasco juga menyebut nggak ada drama perdebatan apa-apa waktu mutusin Prabowo sebagai capres, guys.

But why him???
Well, disampaikan oleh Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, alasan Gerindra nyalonin Pak Prabowo sebagai presiden over and over again adalah karena dari berbagai survei yang digelar, diketahui Pak Prabowo tuh sering jadi top list di situ, guys. Terus, kinerja beliau sebagai Menteri Pertahanan juga dinilai baik. Not to mention Menhan RI itu yang dianggap udah kasih makna positif buat pemerintahan Jokowi-Maruf dan dengan komitmen beliau buat selalu jaga keutuhan NKRI yang akhirnya bikin para kader Gerindra sepakat satu suara mengusung Prabowo sebagai calon presiden di 2024 nanti.

Terus wakilnya?
Well sejauh ini, Pak Prabowo belum ngumumin siapa yang bakal jadi cawapresnya. But as far as we know, dalam rapat nasional kemarin itu, Gerindra udah resmi berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa aka PKB dan kedua belah pihak juga udah menandatangani Piagam Deklarasi Koalisi. Adapun salah satu poinnya adalah: Capres dan Cawapres oleh kerja sama PKB dan Gerindra akan ditentukan secara bersama-sama oleh oleh Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. So, just wait and see siapa yang bakal mendampingi Prabowo sebagai Cawapres, gengs.


Got it. Did anyone say anything?
Yep. Analis Sosial Politik Universitas Negeri Jakarta Ubedilah Badrun menilai pencalonan Prabowo Subianto kali ini tuh memprihatinkan banget, gengs. Karena yha dari jaman dulu sampai sekarang, Gerindra tuh nggak punya tokoh lain yang bisa gantiin Prabowo. Hal ini of course menunjukkan Gerindra tuh udah gagal in terms of kaderisasi orang-orang partainya. Terus, the fact that beliau yang udah ikutan Pilpres selama empat kali tuh fenomena langka. Karena cuma Prabowo Subianto seorang yang berani begitu, katanya. Makanya, di 2024 besok, tuh ada dua kemungkinan: Prabowo dapet empati pemilih atau sebaliknya, beliau ditinggalkan.

I see… Anything else I should know?
Fyi pencalonan Pak Prabowo Subianto ini juga udah dibahas langsung sama Pak Jokowi juga guys, terus udah di-acc juga. In his words, Pak Jokowi bilang, “Karena menyampaikan kepada saya, masa saya bilang jangan. Ndak, kan nggak mungkin begitu. Ya silakan.” For context, Prabowo Subianto adalah tokoh pertama yang langsung bilang bakalan maju di Pilpres. Sebelumnya, berbagai partai tuh cuma kasih rekomendasi nama-nama sebagai bakal calon aja. Diantaranya, Partai NasDem yang merekomendasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.