PPKM Level 1 Tetap Berlaku Hingga 5 September

34

What’s updated for the 1000th times but not your skripsi?

IDK anything revised more often than my skripsi…
Well, it’s PPKM aka Perberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat due to Covid-19. Yep, walaupun kehidupan rasanya udah back to normal, namun kamu perlu tahu guys bahwa PPKM tuh masih ada sampai sekarang, dan bakal terus berlanjut.

Oh iya?
Yadong. Jangan terkecoh sama festival-festival musik yang sekarang udah rame digelar di mana-mana, sekolah yang udah berjalan offline, dan kantor yang udah WFO. In fact, we’re still in the pandemic, people. But the good news is makin ke sini kondisinya makin membaik. Bahkan, Mei kemarin, seiring dengan perkembangan kasusnya yang kian melandai, Pak Jokowi resmi ngebolehin warga buat lepas masker di ruang terbuka.

Wow cool…
Nah tapi kan roda tuh berputar yah. Nggak berapa lama, kasus Covid di Indonesia naik lagi, dan secara Pak Jokowi lagi di luar negeri, giliran Wapres KH. Ma’ruf Amin yang memutuskan buat menarik dulu keputusan Pak Jokowi soal lepas masker di ruang terbuka itu deh. Begitu juga sama PPKM, status yang udah berlangsung lama banget di tanah air, yang mungkin lamanya cuma bisa dikalahin sama status jomblo kamu. EEHEHEHE
 
THX.
Aaaaanyway, kamu inget nggak dulu tuh ada wacana PPKM di Indonesia berakhir seiring dengan kasus Covid yang makin terkendali. Tapi faktanya rupanya nggak kayak gitu, guys. Disampaikan oleh Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan nyampein pesan dari Presiden, PPKM nggak akan diakhiri kalau Covid nggak 100% terkendali. Makanya meskipun di level 1 PPKM tetap berjalan sampai sekarang.

Sampai sekarang?
Iya, adanya di level 1 which is yang paling mild. Adapun penetapan PPKM ini dilakukan lewat evaluasi di rapat terbatasnya Presiden dan jajarannya yang dilakukan dua minggu atau seminggu sekali, guys. Kayak kemarin, di tanggal 16 Agustus, pemerintah resmi memperpanjang PPKM dan berakhir hari Senin kemarin di tanggal 29. Terus, kemarin banget nih, pemerintah kembali memperpanjang PPKM sampai di tanggal 5 September mendatang. PPKM yang berlaku ini adalah PPKM level 1 di mana seluruh wilayah di Indonesia udah masuknya ke level itu semua.

Berarti kasus Covid masih tinggi ya?
For contextsemingguan ini udah tercatat ada sebanyak 4.331 kasus baru, dengan total 18 orang yang meninggal. Angka ini sebenarnya jauh lebih rendah dibanding zamannya Omicron yang sampai 30 ribuan kasus baru per harinya. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bilangnya dengan data begitu Covid di Indonesia udah masuk ke Zona Hijau.  In that sense, Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kemendagri Safrizal ZA, menyebut perpanjangan PPKM Level 1 ini dilakukan biar masyarakat tetap aware sama pandemi ini, seiring dengan mobilitas orang-orang yang terus meningkat dan pemulihan perekonomian nasional.

I see. Remind me again about the rules…
Sure. Kayak yang tadi kita bahas, dari kemaren-kemaren tuh sebenarnya kita emang udah dalam PPKM Level 1, guys. Soperaturannya juga sama kayak yang kemaren-kemaren. Sekolah, udah boleh berjalan secara tatap muka aka offline, perkantoran juga udah bisa WFO dengan kapasitas maksimal aka 100%, pasar, bioskop, mall, restoran juga sama, yaitu udah boleh beroperasi 100% dengan jam operasional maksimal jam 10 malam, kalau yang bukanya sore tutupnya boleh maleman di jam dua dini hari. Semuanya dilakukan dengan check in aplikasi PeduliLindungi.

Oh iya PeduliLindungi.

Nah soal ini juga. Kamu yang belum vaksin booster, kamu most likely nggak bisa beraktivitas kayak yang lain karena kalau kamu check in di PeduliLindungi, bakalan failed. Makanya buruan booster. In the meantime, pemerintah juga lagi sibuk melakukan berbagai langkah percepatan booster ini secara proaktif, terfokus, dan terkoordinasi. Karena sampai sekarang, capaian vaksin booster di Indonesia tuh belum maksimalguys. Baru 25,62% per 26 Agustus lalu.


Got it. Anything else I should know?
Balik lagi ke penggunaan masker dan the fact that Indonesia yang sekarang udah masuk zona hijau Covid-19. Sejumlah negara tuh udah mencabut aturan penggunaan masker di negara mereka, guys. Either di ruang terbuka atau ruang tertutup. Singapura misalnya. Nah Indonesia sendiri sampai sekarang belum ada hilalnya bakal mencabut or even melonggarkan penggunaan masker. Disampaikan oleh Jubir Kementerian Kesehatan, dr. Mohammad Syahril, hal ini dilakukan karena Indonesia ngambil langkah hati-hati biar pandemi bisa dikendalikan since WHO juga belum mencabut kewaspadaan Covid. Jadi buat memutuskan suatu kebijakan, Indonesia bakal melakukannya secara bertahap, katanya gituu.