PM Singapura Cabut Aturan Sesama Jenis

49

Now, let’s talk about Singapore for a while….

Yang mencabut UU hukuman same-sex couple
Well, kamu harus tahu nih, guys. Dalam sistem hukum Singapura, terdapat satu aturan yang khusus membahas mengenai hubungan seksual sejenis, guys. Either itu a man with a man, atau a woman with a woman. Specifically, aturan itu dibahas di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Bagian 377A, di mana barang siapa yang melakukan hubungan seksual sesama jenis, bisa dipidana dengan hukuman maksimal dua tahun penjara.
 
Nah karena menganggap hukum itu udah kuno dan kolonial banget, plus masyarakat Singapura yang semakin open sama komunitas LGBT di negaranya, hari Minggu kemarin, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengumumkan pemerintah bakal mencabut aturan itu, guys. Dalam keterangannya, Pak Hsien Loong bilangnya hal ini emang udah bener dilakukan dan bakal diterima sama sebagian besar rakyat SG. Tapi along with that, definisi pernikahan di hukumnya mereka nggak bakalan berubah. Pernikahan tetap merupakan ikatan antara laki-laki dan perempuan. Dan same sex marriage tetap dilarang.
 
Sampai berita ini diturunkan, belum ada keputusan pasti kapan fix-nya aturan itu bakal dicabut. Tapi yang pasti, dengan dicabutnya aturan itu, meaning negara-negara Asia udah semakin open sama LGBT community, menyusul Taiwan, India, dan Thailand.