Peringatan 17 Agustus 1945 di Tahun 2022

48

Now, let’s start with some recap…

On the 17-an.
So, Yesterday was fun, penuh khidmat, and sooo much better than the last two years. Not only in Jakarta, the party, the annual party, juga sama serunya di daerah-daerah lain di seluruh Indonesia. Guess things are really back to normal, yes?

Seruuu banget 17-an…
We know, rite? Well, kayak tahun-tahun sebelumnya, peringatan 17 Agustus kali ini berpusat di Istana Merdeka, dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo-Ibu Iriana Jokowidan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin bersama istrinya, Bu Wury Estu Handayani. Terus, ada berbagai agenda yang digelar kemarin sebelum akhirnya sampai di Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi.

OK…
Nah, before we get to the D-Day, kamu harus tahu dulu soal sidang Tahunan MPR yang jadi agenda wajib tiap tahun. Yep, sesuai namanya, sidang ini digelar oleh MPR, dengan dihadiri seluruh institusi negara kayak DPR, DPD, dan tentunya pemerintah. Sama kayak tahun-tahun sebelumnya, dalam sidang ini, sejumlah pejabat tinggi negara mulai dari Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan pidatonya, guys. Nggak terkecuali juga Presiden RI, Joko Widodo yang menyampaikan pidato kenegaraannya dan laporan APBN.

Tell me what Pakde said….
Well, dalam pidato itu, ada beberapa hal yang Pak Jokowi sampaikan. Mulai dari review tahunan dari capaian vaksinasi over a year, Indonesian economic growth, beras yang udah nggak impor, sampai APBN yang surplus hingga Rp106 triliun. Terus, Pak Jokowi juga ada mentioned soal pemberantasan korupsi yang sekarang jadi prioritas, sama Pemilu yang udah getting reallyy really close. Disebut juga soal Ibukota Negara Baru aka IKN yang harus dijaga keberlanjutannya, karena kata Pak Jokowi, pembangunan IKN ini bukan buat ASN doang, tapi inovator dan wirausahawan juga. In that sense, IKN ini bisa jadi penggerak ekonomi baru buat negara ini katanya. In his words, Pakde bilang, “Memang dibangun oleh APBN, tapi selebihnya, 80% investor swasta yang berpartisipasi.”

Terus tadi baru upacara gitu ya?
Exactly. Baru deh di Hari H-nya ada upacara. Setelah dua tahun lalu tamu undangan di Istana Merdeka tuh beneran dibatasi cuma untuk pejabat-pejabat negara aja. Now, thanks to pandemic yang getting much better, tamu undangan upacara Peringatan Proklamasi kemarin udah berjumlah sebanyak 2.000-3.000 orang, guys. Mulai dari kalangan menteri, duta besar, ketua umum partai, sampe aktor segala peran yaitu Reza Rahadian juga hadir lo, guys. Pokoknya full house deh.

Wow okay…
Terus, kamu tahu kan dalam beberapa tahun terakhir, Pak Jokowi dan Bu Iriana kerap mengenakan baju adat dalam menghadiri upacara 17an. Nah tahun ini, keduanya tampil epic pake baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara. Bu Iriana bahkan mengenakan mahkota emas gede di kepalanya. Menawhile, Kiai Maruf Amin dan istri mengenakan pakaian adat Banten. Dalam kesempatan itu, para pejabat negara juga banyak yang pake baju adat daerah. Tujuannya ya supaya memperingati betapa luas dan beragamnya Indonesia itu gengs.

Tell me the celebrations elsewhere…
Of course. Namanya juga hajatan seluruh negeri, maka perayaannya juga dari Sabang sampai Merauke yekan. Di berbagai daerah, perayaan 17 Agustus digelar dengan khidmat, dan dilanjutkan dengan kegiatan  yang unik-unik banget. Contohnya di Padang, Sumatera Barat. Nelayan-nelayan di sana mengibarkan bendera merah putih di atas perahu di tengah-tengah muara sungai. Tepatnya di Muaro Sungai Batang Arau. Dari penuturan nelayan yang ikutan, hal ini dilakukan juga sebagai reminder buat menjaga kebersihan muara dan sungai, guys. Terus, nggak cuma dikibarkan, di daerah lain bendera merah putih juga diarak keliling kota. Contohnya di Jambi. Ada bendera dengan ukuran 2.500 meter dan butuh sebanyak 7.500 orang buat membentangkannya. Bendera raksasa ini terus diarak keliling kota dan sukses break the record sebagai Kirab Bendera dengan bendera terpanjang di Indonesia.

Wow cool….

It is. But apart from that celebration, in this 77th celebration, Indonesia still has so much to do, rite? Sesuai temanya: Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Indonesia of course masih punya banyak PR soal gimana caranya bounce back dari pandemi, krisis global, dan berbagai urusan dalam negeri lainnya, supaya bisa stronger than ever before. But work hard, don’t forget to have fun dong.

 
Dangdutan, anyone? 
Nah ini juga kamu harus tahu nih, guys. Kemarin itu, ada salah satu penyanyi cilik yang lagi viral asal Banyuwangi, namanya Farel Prayoga yang bernyanyi pas upacara dan sukses bikin hadirin hadirot berjoget. Awalnya pada jaim tuh kan, nah tapi pas udah mau ending song, para artis mulai turun dan have fun bareng sambil joget-joget, disitulah Yoga diminta nyanyi sekali lagi dan di lagu kedua itu, pejabat mulai ikutan joget juga. Kayak Menhan Pak Prabowo, Menlu Bu Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, dll. Pak Jokowi juga sempat berdiri, tapi duduk lagi sambil senyum-senyum liatin orang pada dangdutan.
 
They really had a good time….
Yep. Bukan orang di istana doang yang have a good time tapi warga binaan di seluruh Indonesia juga. Dalam peringatan kali ini, ada 168.196 orang warga binaan yang mendapat remisi khusus berupa pengurangan masa kurungan sebagian. Terus, ada juga sebanyak  2.725 orang diantaranya dinyatakan langsung bebas, guys. Makanya itu, Menteri Hukum dan HAM, Yassona Laoly bilangnya semoga para warga binaan yang udah bebas ini bisa sadar sama kesalahannya, dan bisa memperbaiki diri. Buat masa depan mereka yang lebih baik juga, dan nggak end up jadi warga binaan lagi. In his words, Pak Yasona bilangnya, “Nggak ada kata terlambat.”

I see. Anything else I should know?
Btw perayaan Kemerdekaan Indonesia tuh nggak cuma rakyat Indonesia aja yang ngerasain excitement-nya, tapi juga para negara sahabat. Salah satunya adalah Joe Biden, Presiden Amerika Serikat. Dalam keterangan yang dirilis US Embassy di Jakarta, Biden menyebut Indonesia dan AS tuh punya visi yang sama in terms of menjunjung tinggi persatuan. Kalau di kita ada Bhinekka Tunggal Ika, kalau di As punya E Pluribus Unum, yang artinya sama-sama unity in diversity juga. Biden juga bilang semoga hubungan AS sama Indonesia bisa terus langgeng, bahkan terus menguat.