Pembunuhan Seorang Muslim di AS

34

Now we’ll start the day with… sad news from the US ūüôĀ

On Islamophobia.
Hiks, sedih deh guys. Jadi Jumat lalu, warga di New Mexico, Amerika Serikat dikejutkan dengan pembunuhan terhadap seorang muslim berusia 27 tahun yang merupakan keturunan Pakistan. Hal ini tentunya bikin Komunitas Muslim di sana pada merasa ketakutan dan engga aman.

Tell. Me. Everything.

OK. Jadi pembunuhan ini terjadi  di Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat. Terus, pembunuhan ini bukan yang pertama guys, tapi yang keempat dalam sembilan bulan terakhir. Makanya polisi yakin banget bahwa ada hubungan antara masing-masing tragedi pembunuhan ini. Adapun kasus pertama adalah pada November 2021 lalu, di mana seorang muslim dari Afghanistan berusia 62 tahun ditemukan meninggal karena ditembak. Lalu baru aja dua minggu lalu, dua orang muslim lagi, yang masjidnya juga samaan, masing-masing berusia 27 dan 41 tahun juga ditemukan meninggal dan ditembak juga. Jadi totalnya empat pembunuhan gengs. Hiks.
 
ūüôĀ
Akibat adanya kejadian ini, para muslim yang ada di Albuquerque, sampe di New Mexico in general langsung pada khawatir dan berusaha untuk terus meningkatkan kewaspadaan. Banyak juga yang ngga keluar malem, demi menghindari kejadian serupa.

Tapi polisi ada tanggapan dong?
Well, sampai sekarang, polisi terus menyelidiki tiga kasus pembunuhan ini, termasuk  mau cari tahu apakah pembunuhan ini ada kaitannya sama yang terjadi di November tahun lalu itu. Karena kuat dugaannya tragedi ini emang menyangkut ras dan agama para korban tadi. Jadi, sampai sekarang, polisi masih memburu pelaku sambil mengumpulkan bukti-bukti. Adapun bukti yang sekarang lagi dikumpulin dan diselidiki  sama polisi adalah bukti CCTV di mana ada kendaraan yang diduga punyanya si pelaku, guys. Makanya polisi juga bilang kalau ada warga yang punya info terkait mobil itu atau kasus pembunuhannya, bisa ngelapor hotline center atau FBI, supaya bisa mempermudah proses penyidikan.

Jadi pelakunya belum ketauan?
Belum. Makanya nih FBI juga ikut turun tangan dalam melakukan investigasi demi menemukan sang pelaku. Adapun salah satu upaya mereka adalah dengan bikin portal online di mana warga bisa meng-upload foto atau video yang kira-kira ada hubungannya dengan pembunuhan tersebut. Kalo ada yang bisa memberikan informasi ini, otoritas setempat bakal memberikan uang sebesar 15.000 USD sampai 20.000 USD guys, karena udah dianggap membantu penyelidikan.

I see. Any words?
Yep.¬†Gubernur New Mexico, Michelle Lujan Grisham bilangnya tragedi pembunuhan ini tuh bener-bener bikin marah dan nggak bisa ditoleransi sama sekali, katanya. Lebih jauh, Madam Grisham juga bilang kalau dalam keadaan kayak gini, masyarakat tuh harus bisa bangkit¬†and stand together¬†ngelawan bentuk kebencian kayak gini.¬†In her words, beliau bilangnya, ‚ÄúIt has no place in this city and it has no place in our state.‚ÄĚ

Got it. Anything else?
Btw as soon as denger kabar tragedi pembunuhan kayak gini, Presiden Joe Biden  langsung menyampaikan kecamannya. Dilansir dari akun Twitternya presiden  @POTUS, Joe Biden bilang bahwa dia marah, kesel, dan geram sama kejadian ini, guys. Joe Biden juga menyebut pemerintahannya bakalan stand strongly together with Muslim community, dan pembunuhan kayak gini has no place in America katanya.