Pembunuhan Seorang Muslim di AS, Hujan Roket Israel – Palestina, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Meningkat, Publik Tidak Percaya KPK Dipimpin Orang Yang Bersih

70

Hi

Good morning! Rise and shine, everyone. It’s a new day again, and though it’s still Tuesday, we believe you have something to look forward to. It can be the coffee you’re about to have, meeting your coworkers, or having dinner with your loved ones. Either way, have a good one!

Now we’ll start the day with… sad news from the US ūüôĀ

On Islamophobia.
Hiks, sedih deh guys. Jadi Jumat lalu, warga di New Mexico, Amerika Serikat dikejutkan dengan pembunuhan terhadap seorang muslim berusia 27 tahun yang merupakan keturunan Pakistan. Hal ini tentunya bikin Komunitas Muslim di sana pada merasa ketakutan dan engga aman.

Tell. Me. Everything.

OK. Jadi pembunuhan ini terjadi  di Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat. Terus, pembunuhan ini bukan yang pertama guys, tapi yang keempat dalam sembilan bulan terakhir. Makanya polisi yakin banget bahwa ada hubungan antara masing-masing tragedi pembunuhan ini. Adapun kasus pertama adalah pada November 2021 lalu, di mana seorang muslim dari Afghanistan berusia 62 tahun ditemukan meninggal karena ditembak. Lalu baru aja dua minggu lalu, dua orang muslim lagi, yang masjidnya juga samaan, masing-masing berusia 27 dan 41 tahun juga ditemukan meninggal dan ditembak juga. Jadi totalnya empat pembunuhan gengs. Hiks.
 
ūüôĀ
Akibat adanya kejadian ini, para muslim yang ada di Albuquerque, sampe di New Mexico in general langsung pada khawatir dan berusaha untuk terus meningkatkan kewaspadaan. Banyak juga yang ngga keluar malem, demi menghindari kejadian serupa.

Tapi polisi ada tanggapan dong?
Well, sampai sekarang, polisi terus menyelidiki tiga kasus pembunuhan ini, termasuk  mau cari tahu apakah pembunuhan ini ada kaitannya sama yang terjadi di November tahun lalu itu. Karena kuat dugaannya tragedi ini emang menyangkut ras dan agama para korban tadi. Jadi, sampai sekarang, polisi masih memburu pelaku sambil mengumpulkan bukti-bukti. Adapun bukti yang sekarang lagi dikumpulin dan diselidiki  sama polisi adalah bukti CCTV di mana ada kendaraan yang diduga punyanya si pelaku, guys. Makanya polisi juga bilang kalau ada warga yang punya info terkait mobil itu atau kasus pembunuhannya, bisa ngelapor hotline center atau FBI, supaya bisa mempermudah proses penyidikan.

Jadi pelakunya belum ketauan?
Belum. Makanya nih FBI juga ikut turun tangan dalam melakukan investigasi demi menemukan sang pelaku. Adapun salah satu upaya mereka adalah dengan bikin portal online di mana warga bisa meng-upload foto atau video yang kira-kira ada hubungannya dengan pembunuhan tersebut. Kalo ada yang bisa memberikan informasi ini, otoritas setempat bakal memberikan uang sebesar 15.000 USD sampai 20.000 USD guys, karena udah dianggap membantu penyelidikan.

I see. Any words?
Yep.¬†Gubernur New Mexico, Michelle Lujan Grisham bilangnya tragedi pembunuhan ini tuh bener-bener bikin marah dan nggak bisa ditoleransi sama sekali, katanya. Lebih jauh, Madam Grisham juga bilang kalau dalam keadaan kayak gini, masyarakat tuh harus bisa bangkit¬†and stand together¬†ngelawan bentuk kebencian kayak gini.¬†In her words, beliau bilangnya, ‚ÄúIt has no place in this city and it has no place in our state.‚ÄĚ

Got it. Anything else?
Btw as soon as denger kabar tragedi pembunuhan kayak gini, Presiden Joe Biden  langsung menyampaikan kecamannya. Dilansir dari akun Twitternya presiden  @POTUS, Joe Biden bilang bahwa dia marah, kesel, dan geram sama kejadian ini, guys. Joe Biden juga menyebut pemerintahannya bakalan stand strongly together with Muslim community, dan pembunuhan kayak gini has no place in America katanya.

Who’s finally put their weapons down?

Israel and Palestine.
Yoi. Over the weekend kemarin, langit Israel-Palestine kembali dihujani dengan berbagai serangan roket yang dilakukan Israel dan dibalas oleh warga Palestina. Sampai akhirnya, mereka  sepakat buat gencatan senjata aja.

Wait. I need some background here.
You got it. Jadi awalnya gini, guys. Minggu lalu, pasukan militernya Israel menangkap pemimpin pasukannya Palestina bernama Bassam Al Saadi. Nah, karena penangkapan ini, pasukan Israel pun worry kalau-kalau Palestina mau nyerang balik mereka kan. Terus sebagai langkah pencegahan, akhirnya Israel lah yang nyerang duluan aka mereka melakukan preventive strike guys. Adapun serangan ini dilancarkan di hari Jumat, dengan ratusan roket yang meluncur ke wilayahnya Palestina.

Go on…
And, there they went with the attack, guys. Dari serangan itu, diketahui udah ada ratusan orang yang luka-luka, dan sebanyak 44 warga Palestina yang tewas.  Terus, 44 orang itu setengahnya adalah warga sipil dan anak-anak nggak berdosa, dan termasuk juga di antaranya salah satu pemimpin Palestina, Tayseer Al-Jabari. Hal ini bikin kondisi makin panas, hingga Palestina balik membalas serangan Israel dengan luncuran roket.

Pecah dong tuh?
Iya. Dari keterangan warga sana, orang-orang Palestina tuh sebenernya nggak suka ada perang-perang gini. Udah capek juga kan, since mereka juga udah battling this war selama puluhan tahun. Tapi yha kalau ada anak-anak, perempuan, bahkan pemimpin mereka terbunuh, jadi ya ga mungkin diem aja. Kemudian, 100 roket pun akhirnya diluncurkan ke berbagai kota di Israel. Israel nggak kalah melawan, dengan teknologi canggih yang mereka punya, roket-roket Palestina itu pun akhirnya ditembak jatuh. Meskipun ada juga sih yang lolos dan berhasil merusak beberapa bagian kota di Israel. Jadi over the weekend itu terjadi saling tembak-tembakan saling serang.

Ya ampun…
Nah kamu harus tahu nih, guys. Di Palestina itu, selain Hamas, ada juga satu kelompok namanya Jihad Islam Palestina. Adapun yang nyerang balik Israel dengan 100 roket itu kelompok Jihad Islam ini,¬†guys.¬†Well the thing is,¬†meskipun belom semapan Hamas yang udah punya segala¬†equipment¬†perangnya sendiri, kelompok Jihad Islam Palestina ini tetep ambi juga mau melawan Israel, dengan bantuan pihak ketiga.¬†Now everybody meet:¬†Iran. Dalam serangan ini, mereka tuh di-support¬†sama Iran,¬†guys. Hal ini dikonfirmasi oleh Kementerian Luar Negeri Iran yang mengutuk itu serangan brutalnya Israel. Terus, disampaikan juga oleh pemimpin pasukan tentara Iran, Pihak Iran tuh bilangnya, ‚ÄúTenang aja, Palestine. Kalian nggak sendirian kok. Kita bareng-bareng lawan Israel ya,‚ÄĚ gitu¬†guys¬†kira-kira.

Jadi sampai sekarang masih saling nyerang nih?
Not until last Sunday. Nah, dalam konflik bersenjata Israel VS Palestine ini kan emang melibatkan pihak ketiga yah. Adapun pihak ketiganya ini ada yang terlibat sebagai sekutu kayak Iran tadi, dan ada juga yang ambil sikap sebagai mediator buat menenangkan keadaan. Nah, dalam hal ini, yang bersikap sebagai mediator is none other than Egypt aka Mesir. Disampaikan langsung oleh Presiden Mesir, Abdel Fateh el-Sissi, yang dari hari Sabtu tengah mengupayakan adanya gencatan senjata. Pihak Mesir juga bilang bakal membantu membebaskan Baseem Al Saadu yang ditangkap dan ditahan sama tentara Israel, guys.

Terus, berhasil?
Luckily, yes. Dikonfirmasi oleh Perdana Menteri Israel Yair Lapid, sejak hari Minggu tengah malam waktu setempat, Israel dan Palestina udah setuju buat melakukan gencatan senjata. Dalam keterangannya, PM Yair juga say thank you sama Mesir yang udah repot-repot menengahi dan mengupayakan gencatan senjata ini, gengs. Lebih jauh, pihak Israel juga bilang kalau sampai gencatan senjata ini dilanggar, maka mereka bakalan ambil sikap lagi dan merespons balik as soon as possible. Sementara dari pihak Palestina, balik lagi ke awal di mana mereka tuh sebenernya nggak mau ada perang. Asal nggak mulai duluan, mereka bakalan tenang-tenang aja.

I see. Anything else I should know?
Well, dari gencatan senjata ini, kan ada ratusan warga yang harus jadi korban luka-luka sedangkan 44 lainnya dinyatakan tewas yah. Nah, para korban ini rupanya dilarikan dan dievakuasi di rumah sakit yang letaknya di Bayt Lahiya, Gaza Utara dan ini punyanya Indonesia, guys. Terus, korban-korban di sana mendapatkan berbagai pertolongan medis sesuai tingkat keparahannya, dan yang merawat mereka adalah para relawan dari Indonesia juga. Keberadaan rumah sakit Indonesia ini emang penting banget, secara RS ini jadi rujukan utama di mana para korban serangan Israel banyak yang dilarikan ke sana.

What seems to be increasing but not your salary?

Indonesian economic growth.
Yoi gengs. Kabar gembira dari dunia perduitan aka ekonomi kita, di mana baru aja kemarin, Badan Pusat Statistik menyebut pertumbuhan ekonomi kita udah meningkat dan menunjukkan tren positif.

Oh iya??
Iya. Disampaikan langsung oleh Ketua Badan Pusat Statistik aka BPS, Margo Yuono, dalam kuartal II tahun ini di mana periodenya itu terhitung dari April-Juni lalu, pertumbuhan ekonomi di Indonesia tuh udah tumbuh di angka 3,72 persen. That being said, kalau diitung dan dikalkulasikan lagi dengan economic growth di awal tahun, maka so far pertumbuhan ekonomi kita di tahun ini tuh ada di angka 5,44%, guys. Udah di atas 5 lo, which is udah bagus banget.

Penyebabnya apa aja emang?
Well, ada banyak faktor sih. Pak Margo bilangnya pertumbuhan ekonomi ini nggak terlepas dari mobilitas masyarakat yang udah seems to be back to normal pasca Covid-19. Sektor transportasi meningkat, sektor pariwisata meningkat, perdagangan meningkat. Dan semuanya berdampak positif ke ekonomi. Lebih jauh, kebijakan pemerintah yang terus menerbitkan berbagai macam subsidi from A to Z, dibarengi sama Bank Indonesia yang nggak naikin suku bunga buat para pelaku usaha juga ada kontribusinya buat pertumbuhan ekonomi sampai ada di titik ini.

I see….
Nah, dalam keterangannya atas hasil ini, Menko Perekonomian Pak Airlangga Hartarto menyampaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tuh sebenarnya udah bangkit dari tahun lalu. Secara segala aktivitas orang-orang juga udah mulai meningkat dari tahun lalu. But, what makes it special this year tuh karena keadaan dunia sekarang yang lagi nggak baik-baik aja, guys. Dampak climate crisis, terus invasi Rusia-Ukraina tuh kan bikin perdagangan dunia jadi chaos kan. Contoh di beberapa negara maju  kayak AS, Jerman, Perancis, China, Korea Selatan, pertumbuhan ekonominya emang meningkat, but they got slower sampai di kuartal II ini. Nah, dengan Indonesia yang udah ada di 5,44%, Pak Airlangga bilangnya ekonomi Indonesia tuh udah kuat, guys.

Sounds good…
Rite? Atas pencapaian ini Kementerian Keuangan juga optimis di kuartal III ini, which is yang sekarang lagi happening dari Juli sampai nanti September, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa masih ada di atas 5%. Tapi yha gitu, ga pasti banget karena ancaman kan selalu ada. Di mana kondisi global juga nggak pasti. Terus, dari segala hal yang nggak pasti ini, kondisi ekonomi global juga nggak ada yang tahu ke depannya kayak gimana. Perubahan harga barang gimana, dll. Makanya dari sini Kementerian Keuangan juga terus memantau dari segala sisi, termasuk aktivitas ekonomi yang semakin berkembang pasca pandemi.

All right. Anything else I should know?
Fyi bersamaan dengan pertumbuhan ekonomi yang di atas 5%, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika juga udah mulai menguat, guys. Buktinya, hari Senin kemarin, nilai tukar rupiah udah ada di angka 14.876 terhadap dolarnya AS. Nilai tukar ini juga dibarengi sama cadangan devisa kita yang sekarang lagi turun. Di bulan Juli kemaren, cadangan devisa kita tercatat ada 132,2 miliar USD, dan diperkirakan bakal terus menurun di buan ini sampai di 131 miliar USD.

Who’s having some trust issues?

The public. To KPK 
 
Aka Komisi Pemberantasan Korupsi. Iya guys, emang ya namanya mendapatkan kepercayaan tuh ga gampang. Buktinya baru aja nih, survei Litbang Kompas menemukan bahwa mayoritas respondennya, yaitu sebanyak 62,6 persen, engga percaya bahwa KPK saat ini dipimpin oleh orang-orang yang bersih dari korupsi.
 
Dalam risetnya itu, Litbang Kompas juga bilang bahwa salah satu hal yang bikin kepercayaan publik menurun adalah dugaan penerimaan gratifikasi yang dilakukan oleh eks Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. Nah tapi sebenernya Bu Lili ini udah mengundurkan diri KPK pas beliau lagi diproses etik hingga pemeriksaan etiknya dihentikan. Ga cuma Bu Lili, sebelumnya Ketua KPK Firli Bahuri juga sempet bikin heboh karena diduga melanggar etik. Kasusnya beda lagi guys, kalo ini adalah beliau disebut menggunakan helikopter untuk kepentingan pribadi. Akibatnya, Pak Firli juga dikenai sanksi ringan berupa teguran tertulis.
 
Nah meski banyak carut marutnya, namun ternyata publik masih menaruh harapan kok sama KPK. Hal ini karena ada sekitar 59 persen responden yang masih yakin bahwa kinerja KPK di bawah Firli Cs bisa membaik hingga akhir masa jabatan pada 2023 mendatang.
 
Yuk KPK bisa yuk.

“Belum disiapkan, tak punya waktu.”

Wowww gitu guys kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate pas kemarin ditanya soal potensi Indonesia untuk punya mesin pencari atau search engine sendiri. Iya, kayak Google gitu, tapi punya Indonesia. Namanya RI Merdeka search engine. Tapi ya ituu belum dikembangkan karena beberapa kendala, which apparently, salah satunya adalah gaada waktu.
 
When we all have the same 24 hours in a day as Beyonce…

Announcement


Thanks to Izza, Ita, Junjunan, Juli, Someone, Risss, Enry, Kania, pacarnya Mbil, Xtaxja, Irfan, Someone, Rea, Alul, Azizah for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here.¬†¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

If you are in a long term relationship and want to spark up the flame, look no other.