Pangeran Charles Terima Dana Dari Keluarga Terorisme

47

When people keep talking about Prince Charles….

But not his love story.
Yep. Kalau ngomongin keluarga kerajaan Inggris tuh, top of mind kita pasti langsung tertuju ke drama dan konfliknya Pangeran Charles, Camilla, dan cerita mendiang Lady Diana. Not to mention The Queen Elizabeth II, penguasa Inggris terlama sepanjang sejarah. Kali ini, kita mau bahas Pangeran Charles, tapi bukan soal cinta-cintaannya, guys. Bukan juga hubungan dia di internal Royal Family, tapi hubungannya dia dengan keluarga Osama Bin Laden, dalang peristiwa 9/11.
 
Tell me. 
Jadi minggu ini, publik Inggris baru aja dikejutkan dengan sebuah laporan yang diterbitkan The Sunday Times minggu lalu. Dalam laporannya diketahui bahwa Pangeran Charles menerima dana sumbangan sebesar 1,2 juta GBP buat lembaga amalnya, The Prince of Wales Charitable Fund. Sebenernya nggak ada masalah sama dana sumbangan ini, guys. Tapi yang publik permasalahkan di sini adalah sumber aka pihak yang ngasih sumbangan ini.

Emang siapa? Masa Osama? 
Yes, nggak mungkin Osama juga, guys. Secara doi juga udah tewas terbunuh tentara AS Mei 2011 lalu di Pakistan. The Sunday Times menyebut pihak yang kasih sumbangan segede 1,2 juta GBP ini masih ada sangkut pautnya sama Osama bin Laden, pemimpin Al-Qaeda dan dalang 9/11 attacksSo, everybody, meet: Bakr bin Laden dan Shafiq bin Laden, yang nggak lain nggak bukan saudara tiri satu bapaknya Osama.
 
Wow okay…. 
balik lagi ke laporannya The Sunday Times, di situ terungkap kalau di tahun 2013 lalu, dua tahun setelah Osama tewas, mereka berdua ketemuan sama Pangeran Charles di kantornya Charles di Clarence House, London dan menawarkan sumbangan itu. Terus, meskipun beberapa advisors dan orang-orang kepercayaannya pangeran bilang nggak usah ambil dana sumbangan tersebut, tapi Charles tetep say yes dan meng-acc dana sumbangan itu.

Ya ampunn….
Okay. Enough with the Sunday Times. Now let’s hear it from Prince Chalres himself yang diwakili oleh Ian Chreshirehead di Prince of Wales Charitable Fund. Well, pihak sana sih tetep membenarkan kalau emang ada sumbangan dari saudaranya Osama bin Laden. HOWEVER, keputusan itu tuh nggak serta merta datang dari Prince Charles sendiri, guys. Tapi dari orang-orang kepercayaannya si pangeran yang berjumlah lima orang pada saat itu. Terus dalam proses penerimaannya, mereka udah audit dulu jadi emang duitnya clean dan bisa mereka terima gitu.

….
Nah yang publik Inggris masalahkan tuh sebenernya lebih ke: U gpp banget mau menerima duit buat sumbangan, tapi kira-kira proper atau engga, sebuah lembaga amal, apalagi punya keluarga Kerajaan Inggris, bahkan penerus tahta kerajaan Inggris, menerima dana sumbangan dari pihak dengan background terorisme kayak gitu? Of course reputasi Pangeran Charles dan lembaga amalnya bakalan tercoreng dong. Apalagi sebelum ini, berbagai lembaga amal punyanya Pangeran Charles tuh emang sering mengundang kontroversi publik, gengs.
 
Oh ada lagi sebelum ini?
Ada. Jadi awal tahun lalu, ada juga berita-berita heboh tentang lembaga amalnya Pangeran Charles yang diduga membantu seorang miliader Arab Saudi atas nama Mahfouz Marei Mubarak buat mendapatkan gelar kehormatan kerajaan dan status warga negara Inggris dengan imbalan berupa sumbangan yang disalurkan ke lembaga amalnya itu. Dan dari keterangan kantornya Charles, Clarence House tadi, Charles nggak tau apa-apa soal hal ini.
 
Got it. Anything else I should know?
Apart from that, Pangeran Charles dan istrinya, Camilla lagi bersuka cita dan nostalgia karena beberapa waktu lalu mereka abis mengunjungi Sandringham Flower Show yang ke-139 di Norfolk, Inggris. Flower show yang nunjukin bunga-bunga, sayuran, dan kerajinan tangan ini tuh penting banget buat British Royal Family, apalagi buat Charles since semasa kecil dia suka dibawa neneknya, the Queen Mother of Elizabeth. Acara ini sendiri udah ditunda selama dua tahun gara-gara pandemi, dan dalam pernyataannya, Charles bahagia banget pameran ini akhirnya ada lagi.