Kunjungan Pejabat AS Ke Beberapa Negara Asia

25

Who’s making the Asian tour?
Billie Eilish? 
Soon ya. But now, we’re talking about Nancy Pelosi, Ketua DPR AS.

Yoi. Buka cuma musisi AS aja yang pada sibuk Asian Tour, guys. Tapi pejabatnya juga. Minggu ini, ada house speaker-nya AS (Kayak ketua DPR di sini) yakni Nancy Pelosi yang melakukan kunjungan di sejumlah negara Asia. Mulai dari Asia Timur sampai Asia Tenggara. Hal ini tentu bikin China super ngamuk.

Wait, how did we get here tho?
Ok. Ceritanya tuh gini, guys. Kamu tahu kan kalau AS tuh emang lagi rajin-rajinnya menjalin persahabatan sama negara-negara Asia. Pejabat negara Asia juga sering berpergian ke AS, begitupun sebaliknya. Contohnya beberapa waktu lalu, pemimpin negara ASEAN rame-rame berkunjung ke AS dalam rangka KTT AS ASEAN, terus tahun lalu Wapres Kamala Harris juga sempat visit ke Singapore dan Vietnam. Nah sekarang, giliran House Speaker mereka aka Ketua DPR-nya yaitu Nancy Pelosi yang melakukan Asian tour. Mulai dari Singapura, Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang.

Go on…
Nah kunjungan ke negara lain Nancy aman-aman aja, gengs. Cuma ada satu negara yang masuk dalam list kunjungan beliau tapi nggak mau di-spill ke publik. Begitu ketahuan, boom! Langsung ada masalah dong. Masalah ini datang ketika diketahui Nancy juga bakalan mengunjungi Taiwan. Yep, ada yang nggak senang sama kunjungan Nancy ke Taiwan, guys. Everybody, you meet them again: China. Mereka ga suka banget Nancy berkunjung ke Taiwan karena secara ngga langsung mereka mengakui kemerdekaan Taiwan. Padahal, China punya pandangan “One China Policy” atau kebijakan satu China, meaning China yang diakui ya China daratan aja. Sedangkan daerah lain kayak Taiwan, Hong Kong dll itu statusnya daerah istimewa. Meanwhile, merekanya sih maunya merdeka, dan itulah kenapa, kunjungan ini jadi isu banget buat China.

I see…
Jubir Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian bilangnya kalau AS sampe visit ke Taiwan, takutnya bakalan ada intervensi dan campur tangan yang dilakukan AS terkait urusan dalam negerinya China (secara China masih nganggep Taiwan sebagai wilayah kedaulatan mereka dan ambis mau ngerebut kembali wilayah itu), dan kunjungan pejabat AS ke sana bakalan jadi provokasi banget dan konsekuensinya juga nggak main-main kalau kata Lijian. Lebih jauh, Presiden Xi Jinping juga bilang, “Eh, u jangan coba-coba main api dah kalau nggak mau kebakar.”  Hal ini  of course bikin ketegangan dong di kawasan.

Tapi dia tetep dateng?
Dateng dong. Meskipun Joe Biden juga bilang kunjungan ke Taiwan tuh is not a good idea, Nancy tetap sampai di Bandara Songshan di Taipei, Taiwan Selasa tengah malam waktu setempat. Besokannya, dia udah ketemu sama Presiden Tsai Ing Wen dan menyampaikan kalau kunjungannya ke Taiwan bisa dijadiin bukti kalau AS bakalan tetap stay sama komitmennya terhadap demokrasi Taiwan yang penuh semangat. Selain itu, Nancy juga menyebut hubungan diplomatik AS dan Taiwan tuh udah stronger and more important than ever before.

Jadi dia ngapain di sana?
Well, kayak yang Nancy jelasin sama Presiden Taiwan di atas, kunjungan Nancy Pelosi selaku ketua House of Representative AS ini berfokus ke penegesan kembali dukungan mereka buat para mitra and to promote kepentingan bersama dua negara, which is memajukan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Terus China?
Yha ngamuk, gengs. Literally ngamuk. Menteri Luar Negeri China Wang Yi bilangnya AS udah melanggar kedaulatan China pake kedok demokrasi. Dan kata Wang Yi, barangsiapa yang nyinggung China, mereka bakal dihukum. And when they say dihukum tuh, they really mean it, gengs. Pake caraoperasi militer langsung dan sanksi ekonomi.

WHAT???
Iya. Jadi di beberapa titik di sekeliling Taiwan, tentara-tentara China mulai dari angkatan laut, darat, dan udara udah latian militer dan udah ada tembakan langsung di sana. Jarak mereka latian sama wilayah Taiwan tuh deket banget, cuman 20km jaraknya. Bahkan, tentara China juga diketahui udah masuk ke daerah perairannya Taiwan, guys. Taiwannya pun nggak seneng dong. Pejabat sana bilangnya in tuh udah termasuk intimidasi keji ceunah.

…..
Selain operasi militer, China juga menerapkan sanksi dagang buat Taiwan. Kemarin banget nih, pemerintah China udah mulai memberlakukan pembatasan impor buah dan ikan dari Taiwan. Secara China tuh kan kalau impor dalam jumlah yang besar ygy, meaning pemasukan buat Taiwan juga gede. Dengan adanya pembatasan ini, berarti mereka maunya Taiwan juga nggak lagi dapat pemasukan yang besar dari mereka gitu, guys.

Rumit. Anything else?
Well, dalam kunjungannya di Asia kali ini, Nancy Pelosi juga dikabarkan bakalan berkunjung ke Indonesia, guys. Tapi sampai saat ini, Kementerian Luar Negeri RI belum mendapatkan konfirmasi apapun terkait hal ini. Tapi kalaupun dateng, first thing first Nancy bakalan ketemuan dulu sama Ketua DPR RI, Puan Maharani. Tapi emang beberapa jadwal kunjungan dia emang confidential sih dengan alasan keamanan.