Kasus Cacar Monyet Banyak Ditemukan Pada Pria

49

Who’s having some “partner” in mind…

World Health Organizations aka WHO.
So, another development about the monkeypox aka cacar monyet ni gengs… Jadi menurut Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus di akhir minggu lalu, diketahui bahwa mayoritas kasus monkeypox ditemukan pada pria yang melakukan hubungan seksual dengan pria. Karenanya, beliau menyarankan pada kelompok tersebut untuk mengurangi jumlah sex partner-nya, demi menghindari resiko terpapar penyakit cacar monyet. Terus, kalo bisa juga dipikir-pikir lagi deh kalo mau berhubungan seks dengan partner baru.
 
Pak Tedros bilang bahwa wabah ini tuh bahaya banget, karena sangat berpengaruh buat komunitas, individual, hingga negara. Karenanya, semua pihak harus berkomitmen untuk menghentikan penyebarannya dan melindungi kelompok yang rentan terpapar. Adapun untuk mengurangi resiko paparan ini, maka yang perlu dilakukan adalah making safe choices for yourself and others. He said, “For men who have sex with men, this includes, for the moment, reducing your number of sexual partners, reconsidering sex with new partners and exchanging contact details with any new partners to enable followup, if needed.”
 
Meski banyak ditemukan di kelompok pria yang berhubungan seks dengan pria, Pak Tedros tetep ngingetin bahwa stigma dan diskriminasi adalah bentuk virus yang berbahaya. Jadi yang penting, hindari skin to skin contact aja sama orang yang keliatannya lagi menderita penyakit tersebut, dan selalu maintain physical hygiene ygy.