Istri Ferdy Sambo Ditetapkan Sebagai Tersangka

42

Who’s singing “We were jet set Bonnie and Clyde…”

Putri Candrawathi and Ferdy Sambo.
Yep, Bonnie and Clyde versi Indonesia ni guys, dan kalo di sana keduanya nyolong, di sini juga diduga nyolong. Nyolong perhatian warga satu Indonesia XD. Anyway, jadi another week another update from kasus polisi tembak polisi nih, gengs, dan penemuan terbaru adalah… our Bonnie aka Putri Candrawathi akhirnya ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan. Menyusul sang suami Ferdy Sambo.

Whoaa background pls.
You got it. Jadi as we all know sejak kasus ini pertama kali menguak ke publik, kita kan tahunya at least ada empat orang tokoh utama yah. Ada Brigadir Yosua Hutabarat aka Brigadir J yang kemudian tewas dalam kasus ini, terus Bharada Richard Eliezer aka Bharada E yang jadi pelaku penembakan, of course we are not gonna miss the mastermind dari segala peristiwa ini, Irjen Ferdy Sambo, plus istrinya Putri Candrawathi yang disebut dilecehkan di TKP. Long story short, Bharada E dan dua orang lainnya ditetapkan sebagai tersangka, terus Ferdy Sambo-nya waktu itu juga udah diamankan di tempat khusus di Mako Brimob dan ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan juga, tapi Bu Putri minim banget muncul ke publik, guys.

Dia ke mana emang?
Well, diketahui Putri Candrawathi tuh banyak di rumah aja guysngurung diri di kamar gitu. Masih trauma katanya. Padahal mah, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan menyebut pihaknya mau banget melakukan pemeriksaan ke Bu Putri, tapi harus nunggu keterangan dari psikolog klinisnya dulu gitu sementara proses penyidikan terus berjalan kan. Sampai akhirnya Direktorat Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri menemukan bahwa nggak ada tindak pelecehan seksual yang dilakukan di situ, makanya kasus dugaan pelecehan pun dihentikan sama polisi. Terus, Bu Putri pun segera diperiksa sama polisi deh.

Tell me the results….
Bu Putri Candrawathi kemudian ditetapkan sebagai tersangka. Well, selagi pemeriksaan terhadap Bu Putri, tim khusus dan pihak-pihak terkait tetap mengumpulkan berbagai bukti dan keterangan saksi. Adapun salah satu bukti yang berhasil dikumpulkan polisi adalah rekaman CCTV. Nah, dalam rekaman CCTV dari rumah pribadinya di Jalan Saguling III Jakarta Selatan, sama di sekitaran rumah dinasnya di Kompleks Polri, Duren Tiga. What’s inside the CCTV? Dari rekaman CCTV yang ditemukan, terbukti Bu Putri tuh ikutan melakukan berbagai kegiatan yang led to perencanaan pembunuhan Brigadir J, guys. Selain itu, Bu Putri diperiksa juga kan sama Timsus sebanyak tiga kali, termasuk 52 orang saksi lainnya yang terdiri dari ahli forensik, analis digital, ahli persenjataan, ahli DNA, gitu-gitu, sebelum akhirnya Dirtipidum Bareskrim Polri menggelar Gelar Perkara dan menetapkan Putri Candrawathi sebagai tersangka, menyusul suaminya, dan tiga orang tersangka lainnya.

Whoaaaa…
Kamu masih inget nggak isu-isu bahwa Bharada E dijanjiin uang Rp1 Miliar waktu Ferdy Sambo nyuruh doi buat nembak Brigadir J? Nah, disampaikan langsung Kabareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto, Bu Putri disebut ada di situ waktu Ferdy Sambo janjiin uang itu, guys. Tepatnya di lantai tiga rumah pribadi mereka. Terus, Bu Putri juga yang ngajakin Brigadir J dan yang lainnya buat sama-sama otw ke rumah dinas di Duren Tiga dan terjadilah peristiwa penembakan itu. That being said, Putri Candrawathi terlibat karena udah ngikutin skenarionya Sambo from the first place.

Terus, where are we going from here?
Dengan ditetapkannya Putri Candrawathi sebagai tersangka, Putri ikutan sama tersangka lainnya dijerat Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto pasal 55 dan 56 KUHP, jeratan hukum yang sama kayak suaminya, Bharada E, RR, dan KM dengan ancaman hukuman mati, atau penjara seumur hidup, atau paling maksimal 20 tahun penjara. Tapi nggak kayak yang lain, sampai saat ini, Bu Putri belum ditahan. Hal ini karena ada surat dari dokter yang menyatakan dia harus menjalani istirahat total selama 7 hari terhitung dari hari Jumat kemarin. Jadi yha, dia masih di rumah deh.

I see. Anything else I should know?
All right. Then, after the fact that suami istri Ferdy Sambo-Putri Candrawathi terlibat dalam kasus pembunuhan berencana dan terancam hukuman mati atau di penjara, the question is: Anak-anak mereka gimana dong? Yep. Irjen Ferdy Sambo sama Bu Putri tuh punya tiga anak, guys. Di mana anaknya yang terakhir masih berusia 1,5 tahun, masih kecil banget. Makanya dari sini, Kamaruddin Simanjuntak, kuasa hukum keluarga Brigadir J bilangnya anak itu bisa dititipin di lembaga penitipan anak. Atau kalau perlu, dia sendiri bersedia ngadopsi anak itu. In his words, Pak Kamar bilang, “Saya bersedia mengadopsi anak itu, untuk alasan kemanusiaan apabila Bu Putri harus kita penjarakan.”