Hubungan Sosial Indikator Kesehatan

105

When you want to reach out to your old friends…Well, selama bukan buat minjem duit atau nawarin MLM, do it.

Iya guys, karena hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh the Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa di-reachout atau disapa duluan itu, baik via telepon, text maupun email bikin seneng penerimanya, dan mereka appreciate itu banget. Adapun penelitian ini dilakukan untuk mencari jawaban secara scientific dari: Apakah seseorang suka di-reachout duluan?
 
Yep, jadi menurut penelitinya, namanya Peggy Liu, dia melakukan 13 kali eksperimen dengan lebih dari 5.900 orang peserta untuk melihat apakah seseorang itu merasa senang atau engga ketika disapa duluan oleh kawan lama. Hasilnya, mayoritas merasa lebih senang dan bahagia. Terus penemuan lainnya adalah: orang yang menyapa duluan biasanya meng-underestimate efek dari sapaan yang mereka berikan. Iya guys, menurut para peneliti tadi, mungkin inilah yang bikin banyak orang tuh mikir-mikir kalo mau reach out ke kawan lama, karena kayak: ah takut ganggu, atau: ah takut dia ngga suka. Padahal ternyata penerimanya seneng banget ketika disapa, karena hal itu memberikan mereka “a positive surprise”.
 
FYI, hubungan sosial itu, termasuk juga hubungan pertemanan bisa menjadi salah satu indikator kesehatan loh, guys. Hal ini karena semakin sehat hubungan sosial kita, maka akan semakin sehat juga kondisi fisik kita. Yep, hasil penelitian menemukan bahwa dengan maintaining healthy relationship, kita jadi bisa terhindar dari stres yang bisa memicu serangan jantung. Makanya, penting banget punya hubungan yang sehat tuh.