Hubungan China Dengan Taiwan Semakin Panas

46

When things are heating up…

Between Taiwan-AS VS China. 
Yoi guys, hubungan Taiwan sama China lagi super panas nih, sampe China flexing-flexing kekuatan militernya di perairan dekat Taiwan. Sejak digelar Kamis minggu lalu, latihan militernya ini udah menembakkan belasan misil di perairan Taiwan, dan ini juga sampe bikin Jepang bete gara-gara misilnya ada yang segala jatoh deket wilayahnya juga, di Okinawa.
 
Kok kenapa tiba-tiba China latihan militer?
Semuanya karena… jeng jenggg kunjungannya House Speaker aka Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi ke Taiwan. Yep, Bu Pelosi tuh emang dari minggu lalu keliling negara Asia kayak ke Singapura, Malaysia, Korea Selatan, sampai Jepang. Nah tapi yang paling jadi highlight adalah kunjungannya ke Taiwan, yang masih punya masalah soal “kemerdekaan” sama China.
 
Tell me.
Well in a nutshell, Taiwan memandang diri mereka sebagai negara merdeka, bukan bagian dari China. Meanwhile, China memandang Taiwan adalah bagian dari mereka, tapi punya otonomi khusus aja. Hal inilah yang memunculkan teori “One China Policy” *anak HI present!* di mana negara-negara tuh cuma mengakui hanya ada satu China, yakni China daratan. Makanya pas Pelosi dateng ke Taiwan, China be like, “Eh… eh… apaan tu? Lo mengakui Taiwan negara juga? Kok u ga asik sis….”

I see….
Tapi, despite segala kontroversi, Nancy Pelosi tetep dateng ke Taiwan. Padahal pemerintah China udah berkali-kali bilang ke Pelosi supaya jangan dateng ke Taiwan karena itu berarti sama aja melanggar kedaulatan China. Tapi Pelosi maju tak gentar, guys. Madam Pelosi bilang bahwa AS bakalan tetep stay sama komitmennya dalam demokrasi Taiwan dan stand together bersama masyarakat Taiwan. Berangkat dari sini, China yha ngamuk dong. Well, sebelumnya kan Presiden China Xi Jinping udah pernah ngomong tuh, “Jangan coba-coba main api deh kalau nggak mau kebakar.” Nah, setelah Madam Pelosinya beneran dateng, boom! Beneran kebakar dong, guys. Nggak cuma di AS, tapi Taiwan juga kena.

Tell me everything. 
Ok, kita mulai dari what happened in Taiwan dulu. Jadi, sejak Kamis minggu lalu, pasukan tentara China mulai dari angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara tuh udah melakukan operasi militer di sepanjang garis perbatasan Taiwan. Nggak sampai di situ, dari keterangan pihak Taiwan, udah ada sebanyak 68 pesawat tempur punyanya China yang melintasi di perairan perbatasan dua negara itu. Terus, diketahui 13 kapalnya China juga ada di sana, gengs.

Ya ampunnn…
Sementara di Taiwan, Kementerian Pertahanan Taiwan bilangnya mereka juga udah ready kalau-kalau ada pertempuran. Dalam hal ini, mereka bilangnya udah nyiapin pesawat tempur dan sistem rudal berbasis darat buat memantau situasi. Lebih lanjut, Kementerian Pertahanan Taiwan menyebut mereka bakalan ready kalau ada pertempuran, tapi yha nggak akan mulai duluan.

We’re reallyyyy tired of war.. 
Same.. Tapi yang harus kamu tahu adalah, bukan cuman military war aja yang sekarang concerning, tapi juga economic war terkait dengan hubungan kerja sama antara AS dan China. Karena masalah kunjungan Nancy Pelosi ini, China akhirnya membatalkan dan nge-suspend berbagai kerja sama mereka sama AS, guys. Kayak kerja sama dalam melawan climate crisis dan kerja sama maritim. Terus, mereka juga nge-suspend kerja sama terkait imigran ilegal, sampai kerja sama anti narkoba juga di-suspend sepihak sama China. Pelosi dan keluarganya juga kena sanksi guys dari China, meski ngga dijelasin apa sanksinya.
 
Marah beneran tu China….
Yoi, tapi AS juga bete, kek, “Lo lebay banget si”, gitu. Menteri Luar Negeri AS, Anthony Blinken menyebut tindakan China yang begini tuh udah gone too far dan nggak berimbang sama sekali. Lebih jauh, Anthony juga bilang tindakan China yang pake segala ada operasi militer, latihan militer gitu-gitu tuh nggak tepat karena emang AS datang ke Taiwan pun dengan tujuan yang baik kan. Malah kalau ada putus kerja sama atau operasi militer tuh bisa menimbulkan bahaya yang lebih besar lagi ke depannya.

Got it. Anything else I should know?
Btw, bukan cuma China yang nggak suka sama kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan, guys. Ada satu negara lagi yang nggak seneng. Yep, Korea Utara. Kementerian Luar Negeri Korea Utara bilangnya Madam Pelosi tuh sebagai perusak perdamaian internasional yang paling buruk, guys. Karena udah menimbulkan kemarahan masyarakat China. AS juga dibilang seolah kasih bensin ke api, guys.  Yha secara kan China-Korut tuh emang bestie ygy.