Hong Kong Mengalami Penurunan Jumlah Penduduk

42

What’s seeing less and less people?

Hong Kong
Yang baru aja mengalami pengurangan jumlah penduduk terbesar sepanjang sejarah. Yep, thanks to Covid-19, populasi dari kota ini menurun dari 7.41 juta ke 7.29 juta jiwa. Menurut catatan BPS sana yang dirilis Kamis minggu lalu, penurunan ini mencapai 1,6%, dan merupakan penurunan terbesar sejak pemerintah mulai melakukan sensus di tahun 1961. Nah adapun penyebab utama pengurangan ini adalah Covid-19 yang bikin banyak pekerja asing meninggalkan negara itu. Alasan lain juga adalah karena jumlah yang meninggal lebih besar daripada yang lahir, ditambah juga dengan exodus besar-besaran warga gara-gara Covid-19 tadi gengs, dan demonstrasi anti pemerintah yang terjadi sejak tahun 2019.
 
Masih menurut BPS sana, sekitar 113.200 jiwa meninggalkan Hong Kong sepanjang tahun lalu, dibandingkan dengan 89.200 jiwa yang pergi di tahun sebelumnya. Adapun angka ini termasuk expats dan non-permanent residence.
 
Sebagai salah satu hub perekonomian di Asia, Hong Kong mengalami efek covid-19 yang sangat signifikan. Hal ini juga karena mereka juga ketat banget dengan aturan protokol kesehatannya, sehingga banyak bisnis yang terdampak. Selain itu, protes anti China yang berlangsung sejak 2019 juga bikin kondisi politik di sana makin ngga stabil, dan makin banyak lagi warga yang meninggalkan kota metropolitan itu.