Friday Pause: My heart is fried 💕💓💕

423

Good morning

Yeay it’s finally Friday! Yep, you’re just a day away from a long, self-care weekend you deserve. Now, to make the transition from weekdays to weekend smoother, let’s not talk about news today, shall we? Instead, let’s enjoy memes, recs, and cool tips. But if you insist… we’ve wrapped up our news here. Let’s go!

For the love of Meme: They can’t be just scrolling…


Here comes the nerves, madness, and anxiety…Due to climate crisis.

Have you ever ngerasa frustasi sendiri tiap kali ada orang buang sampah di kali? Terus, kamu ngerasa capek sendiri tiap baca berita tentang Karhutla, heatwave, banjir, and isu-isu regarding dampak climate crisis? Same. Kita juga gitu, guys. Hiks. Apalagi kalo kamu masih milenial, atau Gen Z, pasti feeling kamu kayak: Masa depan gue gimana cuyyyy???
 
Well, calm down a little bit, guys. We got you.
Kamu pernah dengar istilah Climate Anxiety? Menurut para ahli, term climate anxiety itu merujuk ke berbagai perasaan cemas terkait dengan climate crisis, guys. Dan seiring dengan dampak climate crisis yang semakin parah dan terasa each and every day, kecemasan yang kita rasakan bisa banget beriringan dengan itu. Terus, para ahli juga bilang kecemasan tuh adalah suatu hal yang normal dan sah-sah aja. Namanya juga manusia yekan. Tapi kalau rasa cemas itu jadi ganggu banget sampai ngefek ke kehidupan sehari-hari, nah ini yang bahaya. Sekarang, kamu tinggal menemukan caranya aja how to cope with the anxiety itu, biar nggak makin parah dan gangguin hidup kamu mulu. More specifically, gimana kamu coping with climate anxiety. And, if you’re still figuring out cara-caranya gimana, sini kita kasih tau.
  • Breathe properly. Yep, sama kayak yang pernah kita bahas sebelum-sebelumnya terkait how to cope with anxiety, dalam coping with climate anxiety, mekanismenya kurang lebih sama, guys. Kalau kamu ngerasa kamu udah stres dan overwhelmed banget sama isu-isu climate crisis sampai rasanya dada tuh jadi sesak, pertama yang harus kamu lakukan adalah breathe properly. Inhale, exhale. Tutup tab-nya, jangan dibaca dulu beritanya, lalu lakukan tenik pernapasan biar pikiranmu tenang kembali. Bisa sambil duduk atau berdiri, bebas. Yang penting inhale-exhale dulu, tenangin diri kamu.
  • Cari pengalihannya. Setelah tenang, kan bingung tuh mau ngapain. Takutnya anxiety kamu balik lagi kan. Nah, untuk menetralisirnya, kamu bisa cari distraction dengan melakukan kegiatan lain, guys. Apapun yang kamu suka lah dan possible buat kamu lakukan saat itu. Misalnya dengerin Fearless Taylor’s Version satu album misalnya EHEHE, atau olah raga stretching tipis-tipis, lari kalau memungkinkan, meditasi, yang gitu-gitu. Pokoknya sibukkan diri kamu biar ngga terus menerus spiraling dengan kondisi anxiety-nya.
  • Gabung komunitas. Kalau udah ngumpul sama temen-temen tuh, it always feels like we are not alone. We are not alone in this battle against those climate crisis deniers yekan. Makanya, biar kamu nggak stres dan membantu mengurangi climate anxiety, penting banget buat kamu gabung ke komunitas dan sering ngumpul sama mereka. Apalagi kalo komunitasnya adalah komunitas lingkungan, maka kamu ngga cuma bisa berbagi soal kekhawatiran kamu, tapi juga bisa ikut bahas soal kontribusi apa yang bisa kamu kasih untuk meminimalisir efek global warming. Jadi bisa sharing-sharing kan…. Balik dari situ, kamu jadi merasa empowered lagi deh.
  • Start by yourself and others. Yak, dalam hal ini, pepatah “Kalau bukan kita, siapa lagi” tuh berguna banget. Kayak yang tadi dibahas, anxiety yang kamu rasain terkait climate crisis tuh valid banget, you surely can take your time on that. Tapi, kalau terus-terusan kan nggak bagus juga yah. Kasian kamunya :(. Makanya, daripada semakin banyak energi yang dibuang untuk khawatir, kamu dan teman-temanmu bisa start untuk berkontribusi mencegah dampak climate crisis jadi makin parah, guys. Dengan mungutin sampah di sungai misalnya, mulai bawa tumbler sendiri pas mau ngopi, hingga start a campaign jangan lagi buang sampah sembarangan.
  • Seeking professional help. Guys, nggak ada capek-capeknya kita ngingetin kamu untuk seek for professional helps kalau kamu udah merasa memiliki masalah dalam mental kamu, atau ada yang ganggu pikiran kamu, se-simple apa pun itu jangan diremehin, gengs. Kayak snowball effect, dari yang awalnya simple dan kecil, jadi berkembang terus dan jadi besar. Help yourself, ya.

Dan bantu yuk orang-orang supaya terbebas dari cilmate anxiety

Advertisement
 dengan aware juga sama masalah ini. Remember, we owe a good environment for the generation after us, people!



Now, here comes your favorite weekend tips…

Yep, here comes your favorite part
 
Of cool recommendation from books, podcasts, to drama-drama-drama. But not your usual office drama. Let’s check it out!
 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Our podcast! Hari ini kita bakal membahas soal Bharada E yang jadi tersangka, Nancy Pelosi yang bikin China marah, dan Anies Baswedan yang mengganti nama rumah sakit umum daerah. Leggo!
  • Kindly reminder: to control your outcome for every after payday, karena udah keasikan check out all the stuff dari keranjang tau-tau pas cek rekening ko bikin kaget ya totalnya :’). Film rekomendasi dari gue kali ini Happy Old Year, menceritakan tentang perjalanan Jean menjadi seorang minimalis dengan decluttering all the stuff yang dia & keluarganya punya + banyak segudang cerita dan memori di baliknya.. available on Netflix@fedeclutters
  • Udah sebulanan WFH di Bali kangen banget makan mie ayam ala Jakarta (My comfort food~), abis nyoba beberapa akhirnya nemu yg cocok di daerah Renon, Bakmi Ajo namanya. (Anonymous)
  • Coba baca manga “Golden Kamuy” deh. Ngambil latar belakang setelah perang Jepang-Russia di awal abad 20 dan bercerita tentang harta terpendam dari suku pribumi di Jepang! Walaupun ceritanya fiksi, tapi author-nya sangat mengikuti detail fakta-fakta di dunia nyatanya! Menarik deh pokoknya! Tapi kayanya masuk kategori 18+. So, read at your own risk! (Anonymous)
  • Tau nggak Billie Eilish baru ngeluarin EP dengan dua lagu pertamanya berjudul TV dan The 30th. Kalian harus dengerin bagus banget! Bakalan ngerasa kayak naik roller coaster sih sama lagu ini. Dari enjoy, terus sedih, terus senyum-senyum, terus nangis bombay cirambay. Dengerin, guys! (Anonymous)
  • Termasuk beruntung dapet akses bisa baca duluan novel Dystopian pertama karya Henry Manampiring (penulis “Filosofi Teras” dan “Alpha Girls’ Guide”), judulnya Hitam 2045, wajib banget dibaca!!
  • Empress Ki!!!! Nggak akan bosan rekomendasiin drama sejarah tapi sekompleks itu tapi juga detail dan rapi di semua aspeknya. Drama 2013 ini masih jadi salah satu drama paling bagus yang pernah aku tonton. Ha Ji Won di sini the besttt! Kalian harus nonton pokoknya!
  • Buku berjudul “Sapi, Babi, Perang, Dan Tukang Sihir” karya Malvin Harri.
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

“I am the greatest, I said that even before I knew I was.”
-Muhammad Ali-

Thank you note


Thanks to izza, Ita, Junjunan, Juli, Someone, Risss, & Enry for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)
Advertisement