Es di Greenland Terus Mencair Hingga Permukaan Air Laut Makin Tinggi

40

When Iceland is green and Greenland is Icy….

Not anymore.
Karena beberapa waktu ini, es yang da di Greenland terus mencair sampai permukaan air laut pun jadi makin tinggi. Of course it’s a bad news, guys. But wanna know what’s worse? There is nothing we can do about it.

Wait. Greenland 
tuh isinya es?
Yoi. Kontras banget sama namanya, Greenland tuh nggak yang ijo-ijo asri gitu, guysInstead, dilansir dari National Geographic, karena posisinya yang dekat banget sama Kutub Utara, sebanyak 80% wilayah mereka justru dilapisi sama es. Nah, es yang ada di sana penting banget karena es di sana berhasil menyimpan sekitar 65 meter kubik air yang bantu menjaga kestabilan permukaan air laut. But nowadays, bongkahan es itu perlahan tapi pasti bakal mencair, gengs.

Kok bisa?
Yha apalagi kalau bukan climate crisis. As we all know, dampak climate crisis tuh makin gila banget ygy. Suhu bumi sekarang terusss naik. By logic, kalau suhu bumi semakin meningkat, kan panas. Karena adanya panas, es pun jadi mencair dong. Ini yang diprediksi bakal terjadi sama lapisan es di Greenland itu, guys. Spesifiknya, para ilmuwan bilang bakalan ada 3,3% lapisan es yang udah mencair dan kita nggak bisa ngapa-ngapain lagi. Jadi tinggal terima nasib aja gitu.

HAH Masa sih???
Iya. Again, by logic, es bisa aja dengan mudah berubah jadi air, tapi dengan keadaan kayak gini, bakalan susah buat itu air berubah jadi es dan mengubah situasi. Makanya para ilmuwan bilang keadaannya udah nggak bisa terelakkan lagi, guys.  Lebih jauh, penemuan yang dirilis di Journal Nature Climate Change ini bilang dengan es yang mencair itu, meaning permukaan air laut bakalan terus naik karena es yang awalnya nyimpen itu air sampe beku udah nggak ada lagi. Nah, kalau permukaan air udah terus naik, ya udah masyarakat yang tinggalnya di pesisir bakalan kebanjiran deh.

Jadi harus gimana dong?
Makanya penting banget isu ini jadi hightlight buat para world leader segera menemukan solusi terkait masalah ini, bersamaan dengan fenomena lain yang sama-sama jadi dampak climate crisis. Ilmuwan yang terlibat di situ bilangnya meskipun keadaannya udah nggak terelakkan, masih ada banyak cara buat meminimalisir kerusakan. Contohnya, dengan stick to Paris Agreement, gitu.

I see. Anything else?
Btw penelitian yang dilakukan ini dilakukan pake pengukuran lewat satelit, guys. Di mana mereka meneliti bentuk lapisan es di Greenland dari tahun 2000 sampai 2019 kemarin. Terus, penelitian ini juga dilakukan buat mereka ngukur how far this climate crisis has gone, sekalian mereka cari tahu possibility terkait hujan es, dan berapa banyak es yang dibutuhkan buat balikin situasi jadi stabil lagi.