Ayman Al-Zawahiri Tewas Dibunuh CIA AS, Cuaca Ekstrem di Negeri Paman Sam, Puing Roket China Jatuh di Wilayah Indonesia, KFC di China Jual Ceker Ayam

84

Hi there

Good morning! It’s Wednesday so you can always be the one listening to our podcast here. Now, we’ll catch you up! with CIA, extreme weather, to rocket drama. Everything is just as easy as scrolling down…

Now, here’s your A to Z recap on: Ayman Al-Zawahiri’s story…

Yang baru aja tewas dibunuh CIA AS.
Yoi, guys. Kamu masih ingat kan sama pembahasan kita kemarin di mana Pangeran Charles bekerja sama bahkan menerima dana dari saudara tirinya Osama Bin Laden, yang notabene pemimpin kelompok Al Qaeda. Nah minggu ini, giliran AS yang ke-spotlight sama mereka, tapi bukan karena urusan duit karena pasukan AS baru aja membunuh pemimpin Al Qaeda sekarang, namanya Ayman Al Zawahiri.

Dibunuh????
Iya, dibunuh. Well, sejak peristiwa 9/11 yang sukses ngancurin the iconic WTC dan ngerusak Pentagon Building sampai menyebabkan hampir  3.000-an orang meninggal dan ribuan lainnya luka-luka itu, Amerika Serikat tuh kan udah ga ada toleransi banget sama gerakan-gerakan ekstremis dan terorisme yah. Dalang dari 9/11 juga diketahui adalah kelompok ekstemis dan terorisme bernama Al Qaeda. Sejak peristiwa itu, AS melalui pasukan tentara kontra terorismenya terus memburu orang-orang yang terlibat sama Al Qaeda itu, gengs. Dengan target utama yha the one and only, pemimpin mereka saat itu, Osama bin Laden.

Okay….
Nah, puncaknya itu terjadi pada 2 Mei 2011 lalu. Sepuluh tahun sejak tragedi 9/11, pasukan tentara AS, melalui approval Presiden Barack Obama, akhirnya berhasil membunuh Osama di tempat persembunyiannya di Abbottabad, Pakistan. Udah, Osama udah tewas, dan jabatannya sebagai Pemimpin Al Qaeda digantikan oleh tangan kanannya dia. Si tangan kanannya ini punya peran besar dalam membantu Osama dalam setiap aksi terorisme: Penembakan dan pengeboman yang di-handle sama Al Qaeda. Makanya meskipun Osama-nya udah tewas, AS belum sepenuhnya bisa lega. Karena antek-anteknya Osama, termasuk si tangan kanannya ini masih berkeliaran.

Dan tangan kanan itu bernama…
Now everybody, meet: Ayman Al Zawahiri. Ayman inilah yang jadi tangan kanannya Osama, dan setelah Osama tewas, dia juga yang duduk sebagai Pemimpin Al Qaeda sampai saat ini. Nah, setelah melewati berbagai penelusuran, akhirnya diketahui kalau Ayman lagi ada di Kabul, Afghanistan. Setelah dapat lokasinya, AS pun langsung bergegas melakukan berbagai persiapan selama berbulan-bulan sampai akhirnya mereka berhasil membunuh Ayman.

So, now he is… dead?
Yes. Kejadiannya sih most likely mirip waktu pembunuhan Osama, gengs. Pasukan tentara siap siaga di tempat kejadian, terus presiden mantau dari White House. Hari Minggu kemarin, lewat approval Presiden Biden, CIA berhasil membunuh Ayman pake drone strike waktu Ayman-nya lagi berdiri di balkon. Diketahui Ayman posisinya lagi sendiri di situ, guys. Warga sipil yang deket-deket situ juga nggak ada. Jadi, nggak ada korban lain yang terluka dari kejadian ini.
 
I believe US has something to say…
Yep, Presiden Joe Biden yang lagi positif COVID-19 bilang bahwa doi seneng banget dan menyampaikan rasa bersyukur dan berterima kasih banget sama para tentara yang turut serta menegakkan keadilan. In his words, Biden bilang, “Di mana pun kamu bersembunyi, kalau kamu adalah ancaman bagi rakyat Amerika, AS bakalan menemukan kalian and take you out.” At the same time, AS juga berkomitmen bahwa mereka bakalan terus bantuin masyarakat Afghanistan dengan berbagai bantuan kemanusiaan dan terus mendukung perlindungan HAM dan perlindungan terhadap perempuan di sana, at all costs.
 
Anything else?
Here at home, Indonesia jadi meningkatkan kewaspadaan mereka atas segala bentuk terorisme berikut dengan jaringan-jaringan mereka usai Ayman yang tewas terbunuh ini. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol. Boy Rafli Amar. Pak Boy bilang pihaknya emang udah merhatiin Al Qaeda ini dari lama, dan udah jadi fokus BNPT juga selama ini. Terakhir, beliau juga berharap semoga dengan tewasnya pemimpin Al Qaeda ini nggak ngefek ke pergerakan teror yang berkelanjutan bisa terjadi di Indonesia.

When things are getting worse….

In the US.
Yep. Kasian banget deh orang-orang di Negeri Paman Sam ini. Di sejumlah negara bagian, masyarakat sana harus dealing with cuaca ekstremguys. Mulai dari heatwave, terus kebakaran hutan dan lahan aka karhutla, sampai banjir dan menyebabkan masyarakat sana jadi terdampak.

Tell. Me. Everything. 
Sure. Jadi kamu udah khatam kan kalau climate crisis itu has gone so wrong, guys. Udah kemana-mana banget dampak yang udah disebabkan dari si climate crisis ini, di berbagai belahan dunia. Nggak terkecuali di negara superpower kayak Amerika Serikat. Nah sekarang, karena climate crisis, berbagai negara bagian di AS sekarang jadi dilanda sama cuaca ekstrem, gengs.

Gimme all the details…
You got it. Di Kentucky dan Missouri misalnya, ada hujan gede yang melanda wilayah mereka. Hujan gede ini bahkan sampai menyebabkan banjir, gengs. Nggak tanggung-tanggung, banjir di Kentucky sampe bikin rumah dan kendaraan pada kerendam, akses jalanan terputus, dan aliran listrik pun jadi mati.

Ya ampun….
Lain lagi ceritanya di Seattle. Di Seattle, suhu di sana udah ada di suhu tertinggi dengan periode waktu yang paling lama, yaitu selama 7 days in a row. Suhunya sendiri ada di angka 35 derajat Celsius and beyond. Akibatnya, udah tercatat sebanyak tujuh kematian karena nggak kuat sama panasnya. Terus, kan nggak semua rumah punya AC, jadinya masyarakat yang dirumahnya nggak ada AC ini berbondong-bondong ke tempat-tempat di mana ada AC, guys. Kayak mal dan perpustakaan. Public library pun terpaksa harus buka sampai tengah malam.

Terus terus?
Udah ada banjir, udah ada heatwave, now let’s move on to karhutla yang terjadi di California. Api di sana gila-gilaan banget, gengs. Di daerah McKinney, apinya menjalar cepat banget, nggak kurang dari dua hari, dan udah bikin sebanyak 50.000 hektar tanah di sana kebakar. Akibatnya, ada dua orang yang udah dinyatakan tewas sedangkan 2.000 masyarakat lainnya harus ngungsi ke tempat yang lebih aman.  Karhutla di McKinney ini juga jadi Karhutla terbesar di tahun ini yang terjadi di California.

Shizzz….
Berbagai bencana yang terjadi ini kemudian bikin all eyes on the government dong. Either itu pemerintah negara bagian, atau pemerintah pusat pimpinan Joe Biden dan Kamala Harris. Gimana tanggapan pemerintah terkait hal ini, dan gimana langkah-langkah yang diambil buat mengatasi hal ini, dan make sure ini nggak akan terjadi lagi. Di samping itu, publik AS juga kzl banget karena infrastruktur yang ada sekarang itu nggak cukup buat menahan terjadinya berbagai bencana tadi. Misalnya urusan banjir, sistem drainase yang ada di Kentucky rupanya kurang banget, gengs. Makanya air sungai mudah meluap dan menyebabkan banjir :(.

:((((
Nah berangkat dari sini, akhirnya pemerintah pusat pun turun tangan Disampaikan oleh Wakil Presiden AS, Kamala Harris, pemerintah AS bakalan menghibahkan dana dengan total sejumlah 1 miliar USD buat mengatasi masalah ini. Considering climate crisis juga terjadi semakin cepat dengan frekuensi yang terus meningkat, makanya Bu Kamala bilang total 1 miliar dollar ini bisa banget dipake buat menangani masalah yang mendesak dengan penanganan yang cepat pula.

I see. Anything else I should know?
Talking about dana hibah, sebelumnya Presiden Biden tuh udah pernah kasih statement kalau pemerintahannya bakal mengeluarkan dana sebesar 2,3 miliar USD buat membantu masyarakat yang terkena dampak dari heatwave aka gelombang panas. Hal ini juga sejalan sama program yang selama ini dia bangun, yaitu Building Resilient Infrastructure and Communities aka BRIC, sebuah program yang tujuannya buat nge-support negara bagian dan local communities lainnya buat berjuang mengurangi bahaya dari climate crisis dan bencana alam.

When the galaxy sends us something…

Everybody, meet: Chinese rocket debris.
Yep. Baru-baru ini, ada lagi sesuatu yang asalnya dari China terus nyampe ke Indonesia, tapi bukan kereta cepat. EHEHEHE. Kali ini, yang nyampe adalah puing-puing roket milik China yang jatuh di wilayah Indonesia.

HAH Gimana?
Iya, jadi ceritanya tuh gini guys. Akhir bulan lalu tepatnya di tanggal 24 Juli, sebuah roket yang namanya Long March 5B diluncurkan di Wenchang, China buat mengangkut Modul Wentian dan otw ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong punyanya China, di outer space. Ini roket terus naik sampai core stage-nya masuk ke orbit bumi. Roketnya sendiri dirancang untuk menunaikan tugasnya nganterin si modul itu, tapi kalo modulnya udah nyampe, maka roketnya akan terbang sendiri tanpa terkendali. Jadi emang kejadian ini tuh kinda expected, dan enam hari kemudian, roketnya ketarik sama atmosfer dan akhirnya beneran jatuh nggak terkendali.

Ya ampun….
Core stage alias bagian inti roket ini sendiri ukurannya gede, guys, sekitar 22 ton. Makanya banyak ahli yang bilang, walaupun bumi jarang banget terefek parah gara-gara ada barang asing dari luar angkasa, tapi ini tuh 22 ton we’re talking about. Terus juga, roket-roket gede biasanya di-setting buat hancur di lautan atau daerah yang nihil penduduk. Jadi kalau pun hancur dan jatuh nggak terkendali kayak gini, nggak ada masyarakat yang kena dampaknya. Tapi sayangnya, Roket Long March 5B ini nggak kayak gitu. Dia tetep jatoh di area dekat pemukiman penduduk. Dan plot twist-nya lagi, dari seluruh negara yang ada di bumi ini, dia jatohnya di…

Di mana?
Di Indonesia :). Tepatnya di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Berdasarkan penuturan warga sekitar, hari Minggu kemarin tengah malem, mereka dengar ada dentuman keras dari langit. Sempat dikira dentuman petir tapi anehnya nggak ada tanda-tanda cuaca buruk gitu. Terus, kaca jendela sampai rumah mereka juga ikut getar. Panik lah para warga. Sampai akhirnya pagi-pagi di sebuah lahan kebun sawit, ada warga yang nemuin serpihan roket itu, gengs. Temuan ini pun langsung ditangani oleh polisi.

I see. Did anyone say anything?
Yep. The fact that ini roket jatuh ke area dekat pemukiman penduduk bikin bete orang-orang di kalangan antariksa, guys. Nggak terkecuali NASA. Perwakilan NASA, Bill Nelson bilangnya semua negara yang punya urusan di luar angkasa tu harus mengikuti aturan yang berlaku dan harus tanggung jawab sama puing-puing mereka yang jatuh ke bumi. Kayak yang tadi dibahas, dalam case ini, roket ini kan nggak ngikutin aturan dengan setting-an yang tepat terkait skenario roket yang jatuh ke bumi kan. Bill bilang bahwa masyarakat di Bumi harus tetap aman dan selamat kalau ada roket jatuh.

Anything else?
Btw selain jatuh di Indonesia, puing-puing dan serpihan roket punyanya China ini juga ditemukan di Sarawak, Malaysia. Thank God nggak ada korban jiwa atau kerusakan properti dalam kejadian ini. But still, China harus tetap waspada nih, gengs. Apalagi ini bukan kali pertama ada roketnya yang jatuh di sembarang tempat kayak gini. Di Mei 2020, ada juga roket yang jatuh di Pantai Gading, Afrika.

When ceker ayam is lyfe…

Now you can enjoy it.
 
Di KFC China. Yoi guys, sekarang gerai KFC di China udah mulai jualan ceker ayam. Hal ini disampaikan langsung oleh CEO Yum China yang merupakan parent company dari KFC Joey Wat di Hari Senin kemarin. Kata Joey, alasan dari kenaikan harga ini adalah naiknya harga minyak, jadi demi meningkatkan efisiensi produksi, maka KFC berusaha untuk bisa memanfaatkan seluruh body parts dari ayam, termasuk cekernya.
 
FYI guys, Yum China yang memiliki lisensi KFC, Pizza Hut dan Taco Bell di China emang mengakui bahwa mereka lumayan struggling untuk bisa bangkit kembali pasca pandemi. Sejak April hingga Juni lalu, Yum China mengumumkankan bahwa penjualan mereka di lokasi-lokasi yang buka menurun hingga 16% kalo dibandingin sama periode sebelumnya. Meski begitu, Joey menegaskan bahwa perusahaannya itu bakal menghindari banget layoff para karyawan. So instead, yang mereka lakukan adalah itu tadi, memanfaatkan berbagai bodyparts dari ayam, dan ngasih promo-promo buat big purchases, agar para pembeli tetap datang.

“Terorisme itu amalan orang yang bersekutu dengan setan.”

Wowww keras yah pernyataan dari Ketua Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar yang bilang bahwa aksi terorisme tuh bukan merupakan ajaran agama. Pak Boy Rafli juga bilang bahwa terorisme adalah tindakan orang-orang yang sudah bersekutu dengan setan. Pernyataan ini disampaikan Pak Boy dalam sambutannya di acara Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional yang digelar BNPT di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa kemarin. Pak Boy juga bilang, terorisme itu ga ada hubungannya sama agama, karena justru pelakunya tuh bersekutu dengan kekerasan dan setan.
 
Boldddd

Announcement


Thanks to Riena, swiftie, felicia, Adet, Toby, & Pramahasta for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

It’s almost Virgo szn! So let’s hear it from our Virgo goddess, Beyoncé.