Presiden China Kunjungan Ke Xinjiang

42

Who’s making a surprise visit?

Xi Jinping.
Ke Xinjiang. Yoi guys, Jumat kemarin, Presiden China Xi Jinping melakukan kunjungan ke Xinjianghome of kelompok minoritas di China, etnis Uighur, mayoritas muslim yang diduga kerap mengalami pelanggaran HAM hingga genosida oleh pemerintah China, aka Xi Jinping itu sendiri. Makanya kunjungan ini kemudian mendapat banyak sorotan, karena jatohnya kayak… presiden negeri Wakanda kalo tiba-tiba berkunjung ke daerah yang di situ itu. Gitu guys.
 
HEHEHE paham. Tell me more about this Xinjiang thing. 
Well, jadi permasalahan dugaan pelanggaran HAM di Xinjiang ini udah bukan yang pertama kali. Isu ini kerap menjadi sorotan negara Barat yang *surprisingly*, di kita agak kurang rame isunya. However in a nutshell, Xinjiang ini adalah rumah bagi etnis Uyghur. Mayoritasnya beragama Islam Sunni, yang juga punya bahasa sendiri, yakni bahasa Turkic. Terus karena wilayah mereka yang berbatasan langsung sama negara-negara Asia Tengah tadi, budaya mereka juga lebih mirip ke Kazakhstan, Kirgistan, bahkan Turki, instead of China-nya itu sendiri.
 
Go on…
Nah karena berbagai perbedaan inilah, masyarakat Uighur kerap mendapatkan aksi diskriminatif, bahkan pelanggaran HAM, bahkan genosida, dari pemerintah China. Ini bukan kata kita guys, tapi kata berbagai negara Barat kayak Amerika Serikat dan negara-negara Eropa. Nah salah satu jenis pelanggaran HAM-nya adalah hadirnya kamp ‘pendidikan’ di mana orang bisa random aja dimasukin ke sana. Mulai dari cuma gara-gara punya app berisi Alquran sampe ngajar ngaji itu bisa dijebloskan di camp tersebut.
 
OMG…
Nah dari berbagai info maupun saksi mata yang pernah mengalami langsung kamp tersebut, dinyatakan bahwa camp-nya lebih kayak kamp penyiksaan, di mana banyak tindakan-tindakan pemerkosaan, kerja paksa, sampai indoktrinasi atas Chinese Communist values dan berbagai upaya untuk menghilangkan identitas ke-Uighur-an mereka. Iya, kayak wajib harus ngomong bahasa China, wajib mengikuti paham komunis, ga boleh mempraktekkan agama dan tradisinya, gitu-gitu guys. Makanya sampai kamp ini disebut sebagai genosida aja sebenernya atas berbagai identitas asli yang dimiliki warga sana. Meanwhile menurut pemerintah China, ini adalah kamp pendidikan aja, di mana warga Uighur mendapat berbagai pelatihan biar bisa kerja pas lulus dari kamp-nya. Mereka juga menampik berbagai tuduhan tadi.
 
OK balik ke kunjungan Jinping…
Fyi guys, jadi Presiden Xi tuh terakhir kali ke Xinjiang adalah di tahun 2014. Di hari terakhir kunjungan itu, terjadilah serangan pisau terhadap warga yang berada di stasiun kereta, dan later did we know, serangan itu dilakukan oleh kelompok separatis yang pengen memisahkan Uighur dari China. Hal ini kemudian bikin Presiden Xi makin memperketat berbagai penjagaannya di Xinjiang, mulai itu tadi guys, ada camp, warga wajib punya app yang bisa ngetrack hampir semua yang mereka lakukan kontakan sama siapa, ngapain aja, sampe menempatkan banyak polisi dan pemeriksaan random oleh polisi tuh udah biasa banget di sana. Pokoknya di bawah Xi, terjadi pengetatan dan surveilence yang parah banget terhadap warga Xinjiang, bahkan sampe pake teknologi AI segala.
 
OMG…
Nah kini, di tahun 2022, beliau datang lagi ke Xinjiang. Jadi dalam kunjungannya sekarang, Presiden Xi banyak melakukan pertemuan dengan para pemimpin di sana, dan menekankan pentingnya pengolahan dan penjagaan daerah perbatasan. Talking about perbatasan, Presiden Xi juga bilang bahwa Xinjiang itu bisa banget dimaksimalkan lebih optimal sebagai penghubung ekonomi China ke Asia Tengah dan Eropa Timur. Makanya ada upaya supaya di wilayah itu dibangun pelabuhan, kereta api, sampai pembangkit listrik. Terus, Xi juga mendukung pelestarian budaya lokal dan warga minoritas.
 
Interesting, OK…
Terus, karena isu minoritas adalah isu yang lumayan di-highlight beberapa waktu ke belakang, maka Xi Jinping juga ngomong ke pemimpin di sana terkait berbagai upaya gimana caranya supaya warisan budaya kelompok minoritas di sana bisa dilestarikan dengan lebih baik. Beliau juga bilang kalau tiap etnis di China harus hidup di bawah sistem sosialis. Sebelum balik ke Beijing, Xi Jinping janji bakal mewujudkan Xinjiang yang harmonis, makmur, dan punya budaya yang maju.
 
OK. Anything else I should know?
Nah kamu perlu tahu guys, bahwa Xinjiang ini adalah salah satu wilayah yang kaya akan sumber daya alam di China. Mereka adalah negara penghasil kapas terbesar kelima di dunia, dan juga kaya akan gas alam. Terus letaknya juga strategis banget karena berbatasan sama Asia Timur. However, mereka adalah provinsi dengan angka kemiskinan tertinggi di China dengan rate 6%. Terus meskipun sebenernya mayoritas mereka adalah etnis Uighur, namun dalam beberapa waktu belakangan, Xinjiang mulai dipenuhi oleh etnis Han yang bermigrasi ke sana. Some say karena emang SDA-nya yang banyak tadi, tapi banyak juga analis yang bilang, ini adalah salah satu cara pemerintah China untuk makin memberangus identitas masyarakat minoritas.