PPKM Diperpanjang Sampai Bulan Depan

66

Everybody, please put your masks on…

Because PPKM is still here.
Yoi. Kemarin banget nih, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat aka PPKM sampai bulan depan. Now, get ready, put your masks on, and keep your distance with others, okay?

Tell. Me. Everything. 
Ok. Jadi tentunya kamu udah tahu nih, bahwa ada subvarian Covid-19 terbaru yang sekarang lagi menyebar dan bikin khawatir, yang dikenal sebagai subvarian BA.4 dan BA.5. Nah seiring ditemukannya subvarian baru ini, rupanya kasus Covid-19 dengan subvarian ini juga udah ditemukan di Indonesia, guys. Dan sejak ditemukan pertama kali beberapa minggu lalu,  kasus Covid-19 di Indonesia pun jadi meningkat.

Oh nooo…
Yep, kzl. Kalo kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dari kenaikan kasus positif Covid19 yang terjadi di Indonesia, 80%-nya tuh adalah Covid Subvarian BA.4 dan BA.5 ini, guys. Bahkan, di DKI Jakarta, kasus BA.4 dan BA.5 ini udah mencapai 100%. If you need some context, dalam periode waktu 27 Juni sampai 3 Juli kemarin, pemerintah udah mencatat kasus baru sebanyak 13.466 kasus, dengan total kematian sebanyak 32 kasus.

Udah meningkat gini, berarti PPKM ada lagi gitu?
Eits, bahasanya bukan ada lagi, tapi diperpanjang lagi. Kamu harus tahu nih, PPKM tuh nggak pernah benar-benar berakhir, guys. Cuman levelnya aja yang diturunin. Jadi level 1 aka yang paling mild dan berlaku buat seluruh wilayah Indonesia, kecuali Kabupaten Teluk Bintuni di Papua Barat yang masuk PPKM Level 2 dan berlaku mulai hari ini sampai 1 Agustus mendatang. Tapi nggak perlu panik berlebihan, guys. Karena di level 1, berbagai fasilitas publik kayak tempat ibadah, taman, mal, bioskop, kantor, dll boleh beroperasi 100% kok.

I see…. 
Terus nih ya, baru aja, pas Pak Jokowi masih di Eropa, Wakil presiden KH. Ma’ruf Amin mencabut aturan yang bolehin warga lepas masker di area terbuka. Yep, sebelumnya kan udah sempet ya guys, kita boleh buka masker di ruangan terbuka, namun kini engga lagi, seiring dengan kasus Covid-19 yang semakin meningkat. Disampaikan langsung oleh Kyai Ma’ruf, prokes harus tetap diperketat, terutama masalah penggunaan masker. Nah ntar, kalau situasinya udah baikan lagi, baru deh tuh bisa dibuka lagi katanya.

Baiqla.
Gitu deh, guys. Nah terus, untuk mengantisipasi penyebaran juga, Menko Perekonomian Pak Airlangga Hartarto baru aja menyampaikan kemarin bahwa pemerintah bakal mensyaratkan vaksin dosis lanjutan aka booster untuk berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam jumlah besar. Adapun aturan ini berlaku juga untuk perjalanan antar wilayah.

…..
Nah dari sini, pemerintah pun bakal melakukan berbagai pendekatan biar orang-orang, khususnya yang termasuk dalam kelompok rentan, biar mau divaksin booster. Hal ini yang disampaikan langsung oleh Menkes Budi Gunadi Sadikin. Menurut Pak Budi, orang Indonesia tuh butuh pendekatan sosial yang inovatif gitu, biar mereka excited juga mau booster.

Got it. Anything else I should know?
Btw beberapa waktu lalu, Dirjen Administrasi Wilayah Kemendagri, Safrizal, punya usul supaya istilah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat aka PPKM diganti ke istilah lain buat menenangkan psikologis warga yang ke-trigger gara-gara PPKM ini. Hal ini juga udah disampaikan ke Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan sampai sekarang masih dibahas, jadi belum ada keputusannya deh.