Penyakit Polio Terdeteksi Di AS

39

What’s coming back after a while?

Ugh, not a person who ghosted me.
 
Yep, nope. Tapi polio. Iya guys, penyakit kelumpuhan syaraf yang sebenernya bisa banget dicegah dengan vaksin itu baru aja teridentifikasi di Amerika Serikat, specifically di Rockland County, New York. Adapun penderita yang didiagnosa dengan penyakit ini adalah seorang dewasa yang unvaccinated aka ngga divaksin polio.
 
Anyway guys, ini adalah untuk pertama kalinya polio terdeteksi lagi di AS setelah negeri Paman Sam itu dinyatakan bebas polio sejak tahun 2013 lalu. Menurut otoritas setempat, pasien polio itu melapor ke layanan kesehatan setelah mulai mengalami kelumpuhan dalam satu bulan terakhir. Hal ini tentu jadi penemuan yang breakthrough banget, secara negara-negara maju tuh udah bebas polio.
 
FYI, polio adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh poliovirus. Sekitar satu dari empat orang yang terinfeksi dengan virus ini mengalami radang tenggorokan, demam, capek, sakit kepala hingga sakit perut. Terus, satu dari 200 orang yang terinfeksi akan mengalami kekakuan di kakinya, yang berujung pada infeksi di otak dan syaraf tulang belakang. Eventually, penderita akan mengalami kelumpuhan. Sejauh ini, belum ada obat buat polio. Jadi kalo kena, maka penderita akan mengalami kelumpuhan seumur hidup. Itulah kenapa, kita dari kecil WAJIB banget divaksin polio guys, don’t listen to those antivaxx, ok?