Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Ditembak

61

Now, all about the sad news over the weekend…

RIP, PM Shinzo Abe.

Yep guys, at this point kamu pasti udah tahu bahwa mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe pada Jumat lalu meninggal dunia karena mengalami penembakan yang dilakukan oleh seorang warga bernama Tetsuya Yamagami di Nara, Jepang. Penembakan ini bener-bener bikin shock ngga cuma warga Jepang, tapi juga warga dunia, mengingat negara itu punya aturan kepemilikan senjata yang termasuk paling ketat di dunia, dan punya angka gun violence yang termasuk paling rendah juga di dunia. Adapun dalam kejadian itu, Abe sedang menyampaikan kampanyenya untuk kandidat dari partai Liberal Democratic Party (LDP) menjelang pemilu legislatif yang digelar Hari Minggu kemarin. Abe meninggal setelah dirinya dibawa ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan. Namun dua tembakan yang dilepaskan Yamagami dari jarak dekat udah menyebabkan kerusakan parah pada jantung Abe sehingga beliau meninggal di usia 67 tahun.

Setelah melalui pemeriksaan oleh tim kepolisian, diketahui bahwa Yamagami merakit sendiri senjata yang digunakannya untuk menembak Abe. Selain itu, dirinya juga menyebut alasan penembakannya adalah karena dia ngga suka sama suatu organisasi yang dirinya yakin, Abe terlibat di sana. Polisi sendiri ngga mention organisasinya apa. Terkait kejadian ini, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida bilang bahwa Abe telah menunjukkan kepemimpinan yang hebat selama masa jabatannya, dan dirinya sangat-sangat speechless dengan penembakan tersebut. Ketika kejadian, Kishida sendiri lagi kampanye dan dia langsung berhenti dan pulang ke Tokyo.

FYI guys, Abe adalah perdana menteri yang paling lama menjabat di Jepang yaitu sejak 2012 hingga 2020. Beliau resigned karena alasan kesehatan. Atas kepergiannya ini, Abe meninggalkan seorang istri, Akie Matsuzaki, dan keduanya tidak memiliki anak.