Lili Pintauli Siregar Mundur Dari Jabatan Wakil Ketua KPK, Warga Sri Lanka Menyerbu Kediaman Presiden & PM, Jepang Gelar Pemilu Untuk Anggota Parlemen, Logo Baru Kemerdekaan Indonesia 2022

92

Hello

It’s Tuesday, and in case you haven’t heard, there’s one vacant seat to be one of the deputy chairmen in KPK. Yep, if you got what it takes, you’ll work to free this nation from corruption. Sounds noble, huh? Other news includes crazy raids in Sri Lanka, the Japan election results, and a birthday prep. Let’s go!

Now, let’s talk about KPK….

Specifically it’s deputy chairman, Bu Lili Pintauli Siregar.
Yep. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belakangan ini lagi in a hot water menyusul berbagai kontroversi terkait kinerja, maupun sosok pimpinannya. Nah baru aja kemarin banget nih, wakil ketua KPK akhirnya memilih mundur setelah a laundry list of… controversies. Iya, 11-12 sama Boris Johnson yang kita bahas kemaren lah yha.
 
Kok bisa?
Ya bisa. Everybody, meet: Bu Lili Pintauli Siregar, yang terpilih sebagai Wakil Ketua KPK dari 2019 sampai 2023 mendatang. Adapun Bu Lili ini emang banyak menuai kontroversi karena tindakannya yang dinilai maupun terbukti melanggar etik. Mulai dari terlibat dalam kasusnya Eks Walikota Tanjungbalai, Sumatera Utara, pembohongan publik, sampai dugaan gratifikasi di MotoGP yang berakhir dengan sidang etiknya KPK.
 
Tell me. 
Kita bahas satu-satu yah. Pertama dari syukuran yang Bu Lili gelar waktu pertama kali beliau terpilih sebagai Wakil Ketua KPK. Jadi syukurannya itu digelar di kampung halamannya di Sumatera Utara 2019 lalu. Kalau syukuran biasa yha nggak ada masalah sebenernya ya gengs, cuma yang disayangkan sama para aktivis antikorupsi di sini adalah orang-orang yang diundang di syukuran itu, karena ada mantan Kabareskrim Susno Duadji yang pernah berurusan sama KPK. Menurut aktivis antikorupsi Hamdani Harahap, hal ini kontraproduktif banget dengan nilai-nilai etika antikorupsi yang harusnya dijunjung para pimpinan KPK.
 
Go on…
Nggak cukup sampai di situ. Bu Lili juga sempat dilaporkan ke dewan pengawas KPK atas kasus jual beli jabatan yang menjerat Eks Walikota Tanjungbalai, Sumatera Utara. Dalam kasus itu, Bu Lili disebut ada komunikasi sama terpidana yakni Wali Kota non-aktif Tanjungbalai M Syahrial. Secara kalau kode etiknya KPK, pimpinan kan nggak boleh berhubungan sama pihak yang lagi diperkarakan. Akibat hal ini, Bu Lili kemudian dijatuhi sanksi oleh dewan pengawas yakni pemotongan gaji pokok sebesar 40 persen selama 12 bulan.
 
That’s it?
Belum selesai, beb. Puncak dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Bu Lili terjadi waktu heboh MotoGP Mandalika beberapa waktu lalu. Di situ, Bu Lili dan rombongan yang terdiri dari 10 orang lainnya diduga menerima gratifikasi dari Pertamina berupa tiket masuk gratis dan akomodasi penginapan mewah di Lombok. Jadi kalau ditotal, Bu Lili mendapat total Rp90 Juta dari Pertamina. Again, sesuai kode etiknya KPK, hal ini tetep nggak dibenarkan. Diproses lagi lah dia di Dewan Pengawas yang emang bertugas menegakkan kode etik di internal KPK. Adapun sidang etik ini supposedly digelar minggu lalu, tapi karena Bu Lili lagi di Bali dalam rangka jadi speaker buat forum antikorupsi negara G20, sidangnya jadi ditunda.
 
Ditunda sampai kapan?
Sampe kemarin, di mana Bu Lili hadir langsung untuk menjalani sidang etik. Adapun sidangnya digelar secara tertutup dan terkait fasilitas menonton MotoGP di Mandalika, Lombok. Namun, sidangnya akhirnya dihentikan karena Bu Lili udah keburu resign dari jabatannya sebagai Wakil Ketua KPK. Surat pengundurannya sendiri udah dilayangkan ke Presiden Joko Widodo sejak 30 Juni 2022 dan udah ditandatangani aka di-approve sama Jokowi lewat Surat Keputusan Presiden.
 
Jadi sidangnya?
Karena Keputusan Presiden aka Keppres-nya udah ditandatangani sama Presiden Jokowi himself, berarti kan Bu Lili udah bukan part of KPK lagi, maka perkara pelanggaran kode etik termasuk Sidang Etik yang menjerat Bu Lili akhirnya gugur, guys. Alias nggak akan ada sidang etik atas nama Lili Pintauli Siregar. Tapi Dewan Pengawas menyebut pihaknya bakalan tetap mengungkap kasus-kasus pelangggaran kode etik ke pegawai KPK yang lain.
 
Got it. Anything else I should know?
Well, karena kursi pimpinan yang ditinggalkan Bu Lili sekarang kosong, maka sesuai aturan dalam Undang-Undang yang berlaku, pemerintah dan DPR bakal mencari pimpinan KPK baru. Adapun dalam hal ini, DPR akan mencari calon dari nama-nama yang pas pemilihan pertama ngga lolos seleksi.

Who desperately needs to be healed?

Sri Lankan citizens.
Yep. Kondisi di Sri Lanka yang udah fix bangkrut terus aja makin mencekam ni guys. Krisis ekonomi yang berkepanjangan bikin warga desperate banget, hingga pada Hari Sabtu minggu lalu, warga Sri Lanka menyerbu kediaman resmi Presiden dan Perdana Menteri mereka, Presiden Gotabaya Rajapaksa dan Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe.
 
Seriously? I need some background here. 
You got it. Jadi, as we all know Sri Lanka tuh kan lagi krisis ekonomi berkepanjangan dan udah terjadi selama beberapa tahun terakhir. Dari pandemi, utang, inflasi, krisis pangan, natural disasters, penerimaan pajak yang rendah, pokoknya mereka bener-bener gaada duit sampe minggu lalu, pemerintah Sri Lanka mengumumkan di depan parlemennya bahwa mereka beneran bangkrut. Nah, kalo kita lagi bangkrut artinya gabisa beli apa-apa, terus dalam konteks negara gimana? Ya sama aja guys, Sri Lanka yang ga punya duit jadi gabisa beli apa-apa dari luar negeri (kayak, gabisa impor), dan jadinya supply dalam negeri beneran kosong. For example, bensin di sana udah ngga ada sejak minggu lalu, begitu juga dengan berbagai jenis bahan makanan pokok udah kosong melompong banget, dan kalaupun ada, harganya udah mahal banget. Kalo udah begini, tentunya warga yang paling menderita.
 
Hiks…
Nah atas krisis ini, sejak Maret lalu warga udah turun ke jalan untuk memprotes pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Gotabaya Rajapaksa dan Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe dan menuntut mereka untuk mundur. Tapi Rajapaksa sendiri bilangnya dia nggak mau mundur dan ngotot menuntaskan masa jabatannya yang sisa dua tahun lagi dan janji bakalan memperbaiki keadaan. Tapi bukannya berprogres ke arah yang lebih baik, keadaan di Sri Lanka malah makin chaos dan semua barang pokok justru jadi semakin langka. Masyarakat yang desperate kemudian makin banyak turun ke jalan hingga over the weekend kemarin, mereka ambil cara yang anti mainstream.
 
Caranya adalah…
Dengan menyerbu rumah dinas Presiden dan Perdana Menteri. Namanya rumah presiden, yha pasti pengamanannya kan ketat banget yah. Tapi saking kuatnya itu demonstran, personel militer sama polisi yang berjaga di sana pun udah nggak bisa lagi menahan massa despite dengan segala upaya penjagaan pertahanan kayak gas air mata dan meriam air. Jadinya jebol deh tuh istana presiden. Warga rame-rame mengobrak-abrik itu istana, main di kolam renang, main di dapur, sampai main ke kamar-kamar dan berbagai ruangan yang ada.
 
Wkwkwk okay…
Iya. Saking panasnya kondisi di Sri Lanka yang bukan cuma gara-gara cuaca, tapi juga krisis gini, warga juga sampe berenang di kolam renangnya Istana Presiden dan chill di situ, guys. Terus mereka juga nge-eksplor isi dapur dan masak di situ. Terus piknik, selfie-selfieupdate status… Rame deh pokoknya. Terus di antara demonstran juga ada yang masuk ke kamar dan mereka menemukan tumpukan uang tunai yang setelah dihitung, jumlahnya mencapai belasan juta rupee. Warga kemudian makin marah karena kondisi di masyarakat justru lagi kesusahan banget. Nggak cukup di situ, para demonstran dan pengunjuk rasa juga nyerbu rumahnya Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe. Bedanya mereka nggak menjelajah isi rumah kayak di istana tadi, guys. Mereka malah ngebakar rumah si Perdana Menteri.
 
Terus gimana?
Well, karena kerusuhan yang terjadi udah out of hand banget, Presiden Gotabaya Rajapaksa akhirnya gave up dan mengumumkan bakal mundur dari jabatannya pada 13 Juli nanti. Beliau bilang bahwa pilihan untuk mundur ini adalah demi memastikan penyerahan kekuasaan secara damai dan sebagai bentuk penghormatan terhadap hukum yang berlaku. Gitu juga sama Perdana Menteri Ranil. Dia juga memilih mundur, guys. Dalam resignation letter-nya, Ranil bilang awalnya dia mau kerja keras biar nggak krisis lagi, tapi apa pun kebijakannya kayaknya ngga akan bikin semua orang seneng, kecuali kalau dia mundur aja. Makanya dia mundur, biar bisa mendorong pemerintahan yang baru yang terdiri dari semua partai dan bisa menuntun negara keluar dari krisis. Baik Ranil dan Rajapaksa nggak ada di rumah mereka sejak sehari sebelum warga menyerbu kediaman keduanya.
 
Got it. Anything else I should know?
Btw dengn resign-nya Presiden dan Perdana Menteri, deretan partai oposisi pun lalu meeting buat mengambil alih pemerintahan dan membentuk pemerintahan baru. Anggota Parlemen yang berasal dari Partai Oposisi, M.A. Sumanthiran bilangnya semua partai oposisi udah berkoalisi dan udah mengumpulkan sebanyak 113 anggota. 113 orang ini udah cukup banget buat membentuk suara mayoritas di parlemen, dan membentuk masa depan baru buat Sri Lanka.

When the show still goes on in Japan…

After the loss of Shinzo Abe.
Yoi. Hari Minggu kemarin, Jepang baru aja menggelar pemilu untuk memilih anggota parlemennya guys, dan yang menang pemilu adalah Partai Liberal Demokrat (LDP), yang merupakan partai incumbent saat ini. LDP adalah juga partainya Perdana Menteri saat ini Fumio Kishida, dan juga merupakan partai-nya the late PM, alm Shinzo Abe.
 
Tell me more.
Well, jadi tentunya kamu tahu bahwa pembunuhan Shinzo Abe yang mengejutkan dunia pada Jumat minggu lalu itu terjadi ketika beliau lagi berkampanye buat kandidat dari partai LDP di Kota Nara, Jepang. Nah, Abe sendiri adalah kader partai tersebut ketika beliau menjadi Perdana Menteri Jepang terlama yang menjabat sejak 2012 sampai 2020 lalu. Akibat tragedi itu, Abe dinyatakan meninggal dunia setelah dilarikan ke rumah sakit. Terus, situasinya waktu itu kan cuma H-2 menjelang pemilu Legislatif yang digelar hari Minggu kemarin. And here we go with the election’s result.
 
Gimana tuh?
Hasilnya adalah, partai LDP menang telak. Tapi mereka nggak menang sendiri, melainkan bersama partai koalisinya yakni Komeito. Dan setelah melalui proses penghitungan, diketahui bahwa koalisi mereka memperoleh suara sebesar 248 kursi, jauh di atas suara minimal untuk jadi partai mayoritas yakni 146 kursi. Dengan begini, maka LDP bersama Komeito bakal lanjut jadi partai mayoritas di Parlemen Jepang, guys.
 
What’s that supposed to mean?
Meaning, posisi Perdana Menteri yang sekarang berkuasa, Fumio Kishida bakalan aman. PM Kishida nggak perlu worry lagi karena sampai 2025 mendatang dan pemilihan PM baru diadain, karena posisinya bakalan tetap aman jadi mayoritas. PM Kishida sendiri berkomitmen untuk tetap melanjutkan tugas menjaga keamanan negara, ngelanjutin kebijakan ekonomi berupa “New Capitalism”, dan LDP bakalan tetap bertugas menjalankan misi utama mengubah konstitusi postwar pacifist rancangannya AS.

 

I see…
Nah meski menang pemilu secara telak, namun ngga ada party atau perayaan besar-besaran di Jepang. Hal ini tentunya karena negara itu masih berkabung pasca meninggalnya Abe yang tragis tadi. Even PM Kishida yang udah fix aman di kursi PM aja dibilang ngga senyum dalam menyambut kemenangannya tersebut. FYI, Kishida ini emang udah dikader sama Abe untuk jadi penggantinya sejak lama. Di kabinetnya Abe, Kishida pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri.
 
Hiks… Anything else?
Nah guys, pembunuhan terhadap Abe ini juga disebut telah mampu meningkatkan voter turnout aka orang yang dateng menggunakan hak pilihnya secara signifikan. Adapun voter turnout pada pemilu kali ini di Jepang adalah 52%, naik sekitar 3 poin dari pemilu sebelumnya di tahun 2019 yang ada di angka 48.8%.

Who’s having some candles and cakes in mind…

Indonesia.
Yep. Udah masuk minggu kedua di Bulan Juli, meaning we’re getting reallyyy close to our Independence Day, 17 Agustus. Momentum peringatan 17 Agustus emang selalu digelar secara meriah dan penuh khidmat yah guys tiap tahun. Termasuk pengadaan logo ulang tahun yang dirilis setiap tahunnya dan dijadiin image yang dipakai di semua media, mulai dari lembaga negara, TV, koran, sampai media onlineImage logonya sendiri tiap tahun tuh khas banget, ngikutin peringatan Kemerdekaan RI udah masuk tahun ke-berapa. Tahun ini juga gitu. Di tahun ke-77 Indonesia Merdeka, kemarin, Kementerian Sekretariat Negara aka Kemensesneg baru aja secara merilis logo baru-nya. Dengan tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.  Logonya yha ada angka 77, sama “Dirgahayu Republik Indonesia” dengan warna merah putih. Lewat akun Instagramnya, Kemensesneg juga menjelaskan berbagai aturan terkait penggunaan logo ini untuk berbagai keperluan dan berbagai format.
 
Oya, selain persiapan logo, anak-anak muda terbaik bangsa dari seluruh Indonesia juga udah bersiap menyambut Hari Kemerdekaan RI. Kayak Paskibraka dan Paduan Suara Gita Bahana Nusantara yang udah menggelar berbagai proses seleksi dan siap tampil di Jakarta bulan Agustus nanti.

“Astaghfirullah, udah 70 tahun bos”

Lolll gitu guys kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono alias Pak Bas kemarin (11/07) pas ditanya soal niatnya untuk maju jadi kepala daerah atau calon gubernur pada 2024. Pertanyaan ini muncul karena Pak Bas sekarang udah resmi jadi kader PDIP setelah beliau hadir pada Rakernas PDIP bulan lalu. Nah ternyata, Pak Bas bilang bahwa doi udah tua, dan ngga berpikir untuk melanjutkan karier politik usai pemerintahan Presiden Joko Widodo. Pak Bas bilang, abis 2024, beliau mau istirahat aja, ya mau apalagiiii?

When you’re already in your 30s, but still partying every weekend…

Announcement


Thanks to Someone, Joy, Erik, & Afida for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

If you’re looking for some easiest ways to look younger, check all the tips, backed by science, here.