Korut : Covid-19 Datang Dari Balon

54

When Covid-19 not only comes from droplets….

Tapi dari balon.
 
Beneran guys, ini kata Pemerintah Korea Utara. Emang rada otokke sih, karena kan yang selama ini kita tahu dari sumber legit kayak pemerintah, para ahli, hingga WHO, wabah Covid-19 itu menular dari droplet aka cairan di mulut yah, tapi pemahaman ini ngga sama ama pandangan di Korea Utara. Menurut Pemerintah Korut, virus Covid-19 ini justru datang dari balon-balon yang diterbangkan dari perbatasan Korea Selatan ke perbatasan mereka. WOW.
 
Jadi emang sih, selama bertahun-tahun ini, aktivis dari Korsel tuh emang sering nerbangin balon buat ngirim selebaran sampai bantuan kemanusiaan, atau kritikan terhadap rezim Kim Jong-un. Hal ini kerap bikin pihak Korut bete, di mana mereka juga udah sering melayangkan protes hingga uji coba rudal. Nah salah satu yang terbaru adalah info tadi, di mana Covid-19 yang baru terdeteksi di Korut itu ternyata datang dari balon yang dikirim para aktivis Korsel. Hal ini tentunya langsung ditampik pihak Korea Selatan yang bilang bahwa tuduhannya ngga bener banget.
 
Nah, klaimnya dari pemerintah Korut sih, tuduhan ini berdasar gengs, karena waktu kasus Covid-19 pertama kali ditemukan di sana, dilakukanlah penyelidikan, dan hasilnya ada dua orang, satu tentara usia 18 tahun, dan satu lagi anak-anak usia 5 tahun dites positif Covid-19 waktu menemukan dan melakukan kontak sama benda asing yang ditemukan di Bukit Ipho-ri, yang merupakan perbatasan dari kedua negara.
 
Makanya, pemerintah Korea Utara mengimbau supaya masyarakatnya jangan deket-deket sama benda-benda aneh nggak dikenali, dan kalau nemu nih benda-benda aneh itu, harus langsung lapor biar segera ditindak sama tim epidemi setempat.