Kebakaran Hutan di California

43

When the fire is scorching the earth…

Now it’s in California.
Hiks, lagi-dan lagi, menjelang penghujung summer kayak sekarang-sekarang ini, justru berita soal kebakaran hutan aka karhutla makin sering kita dengar. Kali ini, karhutla parah banget terjadi di California, Amerika Serikat. Terus saking parahnya, pada Hari Sabtu kemarin, pemerintah setempat sampai memberlakukan state of emergency aka keadaan darurat.
 
WHAT??
Iya. As we all know, sekarang tuh kan berbagai belahan dunia masih dilanda heatwave aka Gelombang panas yah yang bisa terjadi akibat dampak dari climate crisis yang sekarang makin parah aja yah. Nah, karena cuacanya panas banget sampai >40 derajat Celsius, otomatis kelembaban wilayah juga jadi minim dong. Makanya pepohonan juga jadi kering kerontang kan. Terus, kalau keadaannya udah kayak gini, of course nge-trigger terjadinya titik api yang kemudian menyebar terus menyebar dan akhirnya terjadilah kebakaran hutan dan lahan, tepatnya di Mariposa County, California.
 
What happened there?
Menurut data dari Departemen Kehutanan dan Perlindungan Hutan California aka Calfire, sejak Jumat kemarin, udah ada sekitar 26,5 km persegi lahan yang abis kebakar, guys. Terus, di hari Sabtu, kebakarannya meluasss terus sampai ke Taman Nasional Yosemite, yang merupakan salah satu tourist attraction terkenal di sana, dan bikin ribuan masyarakat sekitar akhirnya harus dievakuasi deh.
 
Parah banget dong berarti?
Yes emang parah banget guys. Di hari Sabtu itu, kobaran api yang disebut juga Oak Fire udah membakar sebanyak 10 bangunan rumah dan toko sekitar, dan ada lima bangunan lainnya yang rusak parah. Not to mention ada dua ribu bangunan yang juga terancam rusak dan end up terbakar rata sama tanah. Terus, listrik pun udah dimatikan secara total. In case you’re wondering kenapa sampai separah ini, yha karena apinya sendiri yang susah banget dimatiin guys. Soalnya cuaca di sana kering kan, sehingga api lebih mudah menyebar dan lebih sulit dimatikan. Makanya para petugas pun pada struggling dalam memadamkan api, guys.
 
I can imagine…
Yep, jadi sejauh ini, otoritas setempat udah menurunkan 400 orang petugas pemadam kebakaran dan semuanya berusaha mematikan apinya melalui pesawat, helikopter, bahkan buldoser. Terus so far, sebanyak 6.000 orang juga udah berhasil dievakuasi, guys. Perintah evakuasi ini sendiri dikeluarkan oleh Gubernur California, Gavin Newsom yang Sabtu kemarin udah mengeluarkan state of emergency aka keadaan darurat buat menyelamatkan warganya dari Oak Fire.
 
Terus respon pemerintah sendiri gimana?
Well, terkait fenomena karhutla ini, secara umum sejak akhir tahun lalu tuh sebenarnya udah ada suatu komisi yang bernama Wildland Fire Mitigation and Management Commision. Adapun komisi ini tugasnya adalam memformulasikan kebijakan supaya pemerintah bisa mencegah, mengurangi, menekan, dan mengelola kebakaran hutan, dan juga menyusun langkah-langkah supaya lahan yang udah kebakar tadi bisa pulih lagi. Orang-orang di komisi ini dipimpin sama Menteri Pertanian AS, Thomas Vilsack, Menteri Dalam Negeri, Deb Haaland, dan Kepala Homeland Security/Federal Emergency Management Agency AS, Deanne Criswell. Sampai berita ini diturunkan, pihak White House dan komisi ini belum mengeluarkan statement apapun terkait Oak Fire ini.
 
I see. Anything else I should know?
Btw AS tuh emang lagi banyak banget cobaan ni guys, maksudnya, they’ve been through a lotttt. Dari kontroversi UU Aborsi, mass shooting, heatwave, kebakaran hutan, sampe presidennya Joe Biden yang lagi positif Covid-19. Spesifik terkait kebakaran hutan, per 20 Juli ini, ada hampir 5.5 juta hektar kebakaran aktif yang on going dan diprediksi korbannya akan terus bertambah karena sejauh ini api masih belum berhasil dipadamkan seluruhnya. Hiks….