Gempa 7.3 SR Guncang Filipina

47

When people are mourning…

In The Philippines.
Yep. Negara tetangga kita ni lagi mengalami musibah guys karena kemarin banget, di salah satu daerah di utara Filipina, telah terjadi gempa dengan kekuatan 7,3 SR. Gempa ini lumayan wreaking havoc, sampe bikin jaringan listrik di beberapa daerah di sana jadi terputus dan menyebabkan beberapa bangunan rusak parah.
 
WHAT???
Iya. Jadi, di Provinsi Abra, Filipina Utara, sekitar jam 9 pagi waktu setempat, tiba-tiba terjadi gempa sekuat 7,3 SR yang berpusat di dua kilometer dari barat daya Kota Lagangilang, Abra, dengan kedalaman 25 km. Dari keterangan Kepala Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs), ini gempa gede guys. Gede enough buat menghancurkan bangunan-bangunan yang ada di sana.
 
Emang iya?
Yha iya. Dari konferensi pers yang digelar kemarin, Menteri Dalam Negeri Filipina, Benjamin Abalos Jr. bilangnya gempa ini udah berdampak ke 218 kota di 15 provinsi, dan kerasa sampe ibu kota Manila. Terus di berbagai daerah di Abra kayak Lagangilang, San Isdiro, dll, emang banyak banget ditemukan tembok, lengkap dengan bangunan-bangunannya yang runtuh dan rusak parah. Tiga jembatan di sana juga hancur. Not to mention gangguan listrik yang terjadi di berbagai kota, bahkan sampai yang jauh dari pusat gempa kayak yang terjadi di Kota Laoang, Ilocos Norte.
 
Terus warganya?
Nah, gempa kemarin itu kan nggak cuma bikin kerusakan bangunan dan infrastruktur, tapi juga menyebabkan bencana susulan lain, yaitu tanah longsor. Nggak tanggung-tanggung, sejauh ini udah ada 58 tanah longsor yang dilaporkan di seluruh negeri. Hal ini of course berdampak sama warga dong. Dari data yang udah berhasil terkumpul, diketahui udah ada empat orang yang dinyatakan tewas sementara 60 lainnya mengalami luka-luka. Sementara warga lain kayak di Manila masih harus diamankan dan dievakuasi takut-takut ada bencana lain yang juga menyusul. Paling parah, yha gempa susulan.
 
Got  it. Did anyone say anything?
Yep. Speaking of gempa susulan, hal ini yang juga dikhawatirkan oleh Anggota Kongres Filipina asal Abra, namanya Ching Bernos. Menurut Pak Bernos, warga harus tetap waspada karena kemungkinan terjadinya gempa susulan tuh ada banget, gengs. Sambil pihaknya juga memantau langsung situasi di lapangan dan memperkirakan kerusakan yang dialami warga sana tuh gimana, katanya.
 
I see. Anything else I should know? 
Kabar adanya gempa ini juga udah diketahui sama orang nomor 1 di negara mereka, President Ferdinand Marcos Jr. aka BongBong yang baru aja dilantik belum lama ini. In that sense, Mr. President udah memerintahkan bawahannya supaya buruan ngirimin tim penyelamat dan bantuan ke Abra. Terus, disebutkan kalau situasinya memungkinkan, dia juga bakalan turun langsung ntar.