Gas Klorin Bocor di Yordania

45

When you’re not the only one who’s dealing with a toxic ex…

Because Jordania is also dealing with toxic… gas.
Yes, warga Yordania lagi super waspada banget nih guys, menyusul bocornya gas klorin beracun yang bahaya banget. Akibatnya, sebanyak 13 orang tewas dan 250++ orang lainnya luka-luka.
 
Whaaat? I need some background here. 
Sure. Jadi kebocoran ini terjadi di pelabuhan Aqaba yang berlokasi di Laut Merah. Adapun kebocorannya terjadi ketika tangki berisi gas klorin yang lagi proses dinaikin ke kapal pakai derek itu tiba-tiba jatuh hingga menyebabkan kebocoran tangki yang meluap ke bagian dek kapal. Tangki ini berisi 25 ton gas klorin yang mau diekspor ke Djibouti di Afrika. Nah karena tangkinya bocor, gas klorin yang warnanya kuning itu langsung membumbung ke udara dalam jangka waktu yang sangat cepat, sehingga orang-orang yang lagi beraktivitas di pelabuhan itu banyak yang jadi korban.
 
🙁
Dari peristiwa ini, diketahui ada 13 orang tewas. Btw, if you’re not familiar with this gas we’re talking about, gas klorin merupakan bahan disinfektan dan pemurni air yang kalau dihirup, gasnya berubah jadi asam klorida yang sangat beracun bagi makhluk hidup. Makanya, kebocoran ini sampai menyebabkan 13 orang tewas itu dan 250++ lainnya luka-luka dan segera dilarikan ke rumah sakit.
 
I see. Did anyone say anything?
Yep. Kejadian ini kemudian langsung di-update ke pemerintah setempat aka no other than the Yordanian king himself, Raja Abdullah II. Beliau kemudian menerbitkan pernyataan resmi yang menyebut bahwa akan ada penyelidikan atas kejadian ini, dan once penyelidikannya selesai, semua informasinya akan dibuka secara transparan ke publik, dan pihak kapal juga harus tanggung jawab secara hukum atas apa yang terjadi. Terus, Perdana Menteri Bisher Al Khawasneh juga langsung otw ke TKP once dengar kabar itu. PM Bisher bilangnya kondisi gas di pelabuhan itu udah berhasil dikontrol dan kondisi udah balik normal sehingga kegiatan di sana bisa lanjut lagi.
 
Got it. Anything else?
Ngomong-ngomong soal tangki bocor, rupanya kejadian serupa juga pernah terjadi di Indonesia lo, guys. Tepatnya di bulan Mei lalu, di kawasan Cengkareng, Jawa Barat. Truk tangki punyanya Pertamina berisikan BBM Pertalite bocor dan tumpah ke jalan gara-gara ditabrak. Terus, masyarakat situ jadi ramai-ramai ngambilin itu Pertalite buat dipake pribadi.
 
Eitsss harus ada app-nya dulu, pak, bu…