Friday Pause: I hit you like bang!

424

Hello

Oh how time flies. We’re just a few days away from August now, and what’s a better way to finish off another cool month with a meme? and tips? and recs? and podcast? Well, we got it all here! Just scroll down and see you next month!

For the love of Meme: Cc: everyone at work.


When people keep talking about something minimalist….When minimalism is now a life choice…


So hi hiii everyone. As you probably know, every Friday, we will give you tips on how to be an adult: Anything from money management, mental health, career, to… *uhuk* love. Nah di edisi kali ini, kita mau bahas soal gaya hidup, tapi bukan yang hedon atau “everything for the ‘gram” but rather, it’s about minimalism.
Jadi sesuai namanya, when we talk about minimalism, we’re talking about something small; something efficient; something yang “Seperlunya aja”. Joshua Beckerauthor di blog becomingminimalist juga menyebut bahwa menerapkan gaya hidup minimalis ini berarti kamu beneran meminimalisir apapun yang nggak penting buat kamu, dan maksimalin segala hal yang penting dan berharga.
Contoh, kamu merasa nggak butuh pasangan dan ngerasa, “W single pun tetap ngerasa fulfilled kok. Kan ada bestie.” Ya udah, go for it. Maksimalkan aja hubungan kamu sama bestie-mu. Terus kamu nggak perlu buang-buang tenaga untuk sesuatu yang sebenarnya kamu nggak butuh, dalam konteks ini yha pacar itu tadi.
Nah, nggak cuma ngomongin pasangan atau hubungan interpersonal aja, tapi minimalism juga bisa diterapkan in a daily basis: Misalnya dengan punya barang-barang seperlunya aja, dan sebutuhnya aja. Sampe sini, kamu mungkin bertanya, “Why should I live like a minimalist while I’m enjoying myself now?”. We got you. Tapi kamu harus tahu nih guys, dengan kamu hidup minimalis, kamu bisa nge-cut spending yang nggak penting, dan uangmu bisa ke-save lebih banyak :))). Hidup minimalis juga secara ngga langsung bisa bikin kamu berkontribusi terhadap lingkungan, karena biasanya kamu jadi membuang lebih sedikit sampah. Ya iya, orang kamu ngga konsumtif kok. Interesting, right?
 
Wanna know how to start living a minimalist life? Here, kita kasih tau cara
Advertisement
nya.

  • Decluttering. Dari tadi kita ngomongin hidup minimalis, sebenarnya yang perlu di-hightlight adalah buang barang-barnag yang nggak penting, fokus ke yang penting-penting aja. Nah, kalau kamu mau mulai hidup minimalis di rumah, hal pertama yang harus kamu lakukan tentunya adalah decluttering aka nyortir mana barang yang penting dan masih akan kamu pake sering, mana yang nggak. Kamu bisa mulai dari baju di lemari, make up di meja rias, atau spot-spot lain yang kamu pikir nggak worth it lagi untuk dipertahankan ada di situ.
  • Essential comes first. Nah, when it comes to decluttering yang di mana kamu bakal nyortir mana barang yang udah nggak perlu lagi mana yang nggak, kamu pasti bingung dan dilema tuh kan. In that sense, Joshua Becker bilang kamu jawab dulu pertanyaan-pertanyaan ini: Kamu pake itu barang buat apa? kamu butuh nggak? Kamu pake nggak? What happened kalau kamu nggak punya itu barang? Kamu bakal kesulitan nggak nantinya? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, decluttering kamu jadi makin mudah dan kamu makin bisa nge-identify mana barang yang emang butuh, mana yang nggak.
  • Step by step. Well, di mana-mana, yang namanya permulaan tuh nggak ada yang gampang ygy.  Apalagi when it comes to decluttering, beresin rumah, distrakrsinya kuat betul brooooo. Makanya, buat mengatasi hal itu, kita mulainya pelan-pelan aja. Dari area yang keliatan dulu aja. Kalau kamu sering WFH dan workstation kamu ada di kamar, berarti kamu bisa mulai beresin di kamar. Besok lanjut lagi ke area dapur, terus lusa ke area ruang tamu, sambil decluttering tadi. Pelan-pelan aja.
  • Decor kamar seperlunya ajaPaham si, yang namanya kamar tuh tempat paling pw on earth, yha pasti kamu mau kamar kamu jadi cantik dan indah. Nah tapi, di mana-mana yang namanya berlebihan kan juga nggak bagus yah, dan biasanya kalo kebanyakan barang, kamarmu jadi sempit. Jadi, before sebelum kamu start decor, pikirin dulu mateng-mateng, guys. Jangan sampai waktu kamu udah eneg sama decornya, eh malah jadi sampah :(. Mending decor-nya tuh yha yang paling valuable dan punya artinya aja gitu.
  • Stick to it. Oke sekarang kamu udah decluttering, kamu udah rapi-rapiin barang, decor juga udah seperlunya. Now, what you have to do is stick to it.   Rapihin barang setiap kali abis dipake, jangan kalap kalau lagi jalan di mall, dan pertimbangkan matang-matang kalau mau beli sesuatu. Remember you want to save your money right? Wkwkwkw. Atau kalau kamu punya tujuan lain dalam hidup minimalis? Always remember that goal. Biar bisa tercapai dengan kamu hidup minimalis secara konstan.


Weekend is here! So, it’s a perfect time for…

Snuggle in.
Get your favorite books, put your favorite music, and turn on some aromatic candles because… weekend is for lounging forever in bed! And if you need some recommendation to enjoy, you can just scroll down…
 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Our podcast! Hari ini kita bakal membahas soal autopsi ulang Brigadir J, gempa 7,1 magnitudo Filipina, dan Kominfo bisa intip chat WA dan email. Let’s go!
  • Dear, you. If you are now at a down moment, I’d like to recommend you to listen to this song by Aimer (Hoshi no kieta yoru ni). Please read the translation and the meaning behind it too. You’re precious. (someone who gets the same struggle, we’re strong right?). (Anonymous)
  • If you’re into variety shows, please watch Seventeen’s. Once you start, you might wonder whether they’re truly idols or literally chaotic comedians in disguise! It helped me a lot in my bad days and still does now. It’s called Going Seventeen and is uploaded almost every Wednesday on their YouTube channel. (Anonymous)
  • Film Korea “Little Forest” yang dibintangi sama Kim Taeri bisa banget ditonton buat yang lagi ngerasa capek sama hidup karena berasa dikejar sesuatu dan lagi pengen coba untuk lebih slow living. Menyadari dan mensyukuri apa yang kita punya detik ini. (From F)
  • Pls banget kalian semua harus dengerin playlist-nya Jebung: Indo Baddie Mix sama Sedih di Cakung. Lagu-lagunya nostalgia banget ke jaman Inbox-Dahsyat circa 2009-2013. Kalau Indo Baddie Mix dia lebih ke yang lagu eargasm, kalau yang Sedih di Cakung yha lagu galau tapi semuanya indo. Jadi kangen masa-masa dulu jujur. (Anonymous)
  • If you like smart, funny, witty, breathtaking movies, try to watch series ‘Better Call Saul’! IMDB rating 8.8 says it all. (Putri)
  • Mau rekomendasiin podcast di Spotify! Podcast YOLO, hosted by Novita Angie, Iwet Ramadan, & Dave Hendrik. Cocok banget buat millenial, buat yang takut menghadapi ageing, & supaya kita bisa lebih memahami berbagai generasi, lebih paham cara hidup & gap antar generasi jadi bisa saling menghargai instead of judging & thinking we are better than them.(Anonymous)
  • One of my fav drakors, Mr. Sunshine. Seriesnya udah lama sih tapi masih membekas, gua jamin kalian bakal jatuh cinta sama setiap karakternya. Episodenya banyak dan durasinya cukup lama, jadi take your time buat nikmatin seriesnya~ resep gua sih 1×1 sebelum tidur hehe. (Anonymous)
  • Mau rekomendasiin J-Drama “Kazoku Game“. Ceritanya tentang guru les yang menghancurkan sebuah keluarga.- Hamba Allah
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

 
“Every loss teaches you something. The quicker you learn from the losses, then forget about the actual losing, the better off you will be. And do it fast!”
– Maria Sharapova-

Thank you note


No one bought us coffee today 🙁

 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)
Advertisement