Data Pribadi 1 Miliar Orang di China Bocor

227

What’s out in public?

My love story?

Probably, but also: personal data of nearly 1 MILIAR orang di di China. Iya, gokil sih guys, jadi baru aja nih, diketahui bahwa data pribadi dari 1 miliar orang di China itu bocor dan bisa diakses sama siapa aja. Parahnya lagi, ngga ada yang ngeh sama kejadian ini, sehingga data-datanya ya accessible aja gitu selama lebih dari satu tahun ke belakang. Publik sana baru nyadar bahwa datanya bocor ketika ada seorang anonim di forum hacker yang berniat untuk menjual data tersebut sehingga penjualannya menarik perhatian banyak pihak. FYI guys, kejadian ini juga disebut sebagai salah satu kebocoran terbesar dalam sejarah digital saat ini. Secara, 1 miliar orang gitu loh.
 
Nah adapun indikasi data bocor ini kemudian dideteksi sama sebuah website namanya LeakIX. Dalam penemuannya, LeakIX bilang bahwa data milik 1 miliar orang ini lengkap banget dan bisa diakses sejak April tahun lalu melalui backdoor link
Advertisement
 tanpa password atau restriksi apa-apa. Adapun data pribadi yang muncul adalah nama, alamat, nomor telepon, ID number, tempat tanggal lahir, dan jutaan laporan polisi yang masuk lewat nomor telepon yang mereka miliki. Menurut klaim yang punya data, informasi bocor ini adalah milik departemen polisi Shanghai. Terus, penjual yang berupaya menjual seluruh data ini seharga 10 keping bitcoin bilangnya link data tersebut di-host sama Alibaba Cloud, e-commerce company punyanya China, yang waktu dimintai keterangan, mereka juga lagi menyelidiki kasus ini. Terus, sampai berita ini diturunkan, polisi setempat belum mengeluarkan komentar apa pun terkait kasus ini, guys.
Advertisement