Bupati Menberamo Tengah Masuk DPO Tersangka Korupsi, Gelombang Panas di Kawasan Eropa, Citayam Fashion Week di SCBD, Fenomena La Nina di Beberapa Wilayah Jawa Barat

65

Good morning,

Hello hello, you. It’s still Tuesday, and if you feel a little cranky karena udah tanggal tua, we understand. So, what if we just catch up! with the latest issue from the Indonesian-version of Catch Me If You Can drama, heat wave, Citayam Fashion Week, to Bennifer wedding that made us really want to call our ex now. But no. We’re strong. We’re Kelly Clarkson strong, and we’ve got this.

Who’s playing Catch Me If You Can?

Leonardo di Caprio?
Bukan dong ah. Tapi Bupati Menberamo Tengah, Papua yang baru aja kemarin masuk ke Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh KPK karena literally beliau jadi buronan tersangka korupsi.
 
Juicy. Tell me everything.
OK. Now everybody’s eyes are on Ricky Ham Pagawak, Bupati Mamberamo Tengah yang terlibat kasus sama KPK dan sekarang most likely doi dah kabur ke Papua Nugini. Adapun Ricky adalah mantan Bupati Mamberamo Tengah yang lagi diseliki untuk kasus dugaan suap dan gratifikasi di wilayahnya. Dalam proses penyelidikan, tim KPK berhasil menggeledah sejumlah dokumen terkait proyek yang ada di sana, dokumennya sendiri terdiri dari catatan pengerjaan proyek, sampai catatan cashflow alias aliran keuangannya.
 
Go on…
Nah di antara dokumen-dokumen itu, tim KPK menemukan sesuatu yang suspicious di sana, dan menyeret nama si Ricky ini. Terus, seiring berjalannya waktu, Ricky pun ditetapkan sebagai tersangka dan dipanggil ke Jakarta di Gedung Merah Putih KPK untuk dimintai keterangan. Pemanggilan pertama, yang bersangkutan nggak dateng tuh. Terus lanjut lagi dipanggil tanggal 14 hari Kamis kemarin. Tapi again, Ricky didn’t appear. Dari situ pihak KPK yang udah kesel juga langsung menjadwalkan untuk menjemput paksa Ricky di Papua sana, guys.
 
Terus, ketangkep?
Nggak, guys. Ricky Ham Pagawak Bupati Mamberamo Tengah itu udah keburu kabur waktu penyidik KPK sampai di Papua. Pak Ali bilangnya tindakan dia nih udah dianggap nggak kooperatif dan jadi masuk Daftar Pencarian Orang ak DPO. Terus, dari status Ricky yang udah masuk DPO, penyidik KPK dibantu sama Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Papua langsung mencari di mana keberadaan si Ricky. Dan setelah dilacak, Ricky udah kabur ke wilayah Papua Nugini lewat jalan tikus, guys.

OOOMG
Yep. Hal ini disampaikan oleh Direktur Dirreskrimum Polda Papua, Faizal Ramadhani yang bilang hari Kamis lalu Ricky udah diantar sama orang ke Pasar Skouw di Distrik Muara Tami, Jayapura. In case you need some context, Pasar Skouw ini cuma berjarak 1 km dari Pos Lintas Batas Negara Skouw, yang merupakan gerbang masuk Indonesia ke Papua Nugini via Jayapura.  Dan pihak Polda sendiri bilangnya mereka udah in contact sama otoritas kepolisian Papua Nugini terkait keberadaan Ricky.
 
Wah gercep ugha. 
Nah makanya itu, guys. Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Papua, Kombes Gustav Urbinas bilangnya Ricky udah tahu duluan kalau tim KPK bakalan terbang ke Papua dan menjemput paksa dia. Adapun bocoran informasi ini Ricky dapat dari tiga anggota Polri yang juga bertugas sebagai ajudan dia. Tiga anggota Polri dengan inisial Aipda AI, Bripka JW, dan Bripka EW ini juga disebut ikut ngebantu Ricky melarikan diri kayak nyediain mobil, dll. Kalau benar terbukti cepu dan emang bantu-bantu bosnya kabur, maka bisa dibilang para polisi ini ada upaya menghambat proses penegakan hukum. Makanya Kombes Gustav menyebut pihaknya bakalan cari tahu lagi siapa-siapa aja yang terlibat, supaya bisa langsung diadili karena melanggar kode etik. Sejauh ini, tiga orang ini masih ditahan di tahanan khusus di Polda Papua selama 30 hari ke depan dengan ancaman sanksi berupa pemberhentian secara tidak hormat.
 
Now tell me the condition there at Mamberamo Tengah…
Udah nggak kondusif sama sekali, guys. Di sana, sejak Sabtu lalu, massa pendukung Ricky udah sibuk memblokade jalanan dan sejumlah fasilitas umum karena menolak tim KPK yang datang menyelidiki bupati mereka itu. Blokade ini akhirnya bikin puluhan warga yang terdiri dari ASN, pedagang, dan tenaga kesehatan sampai ngungs dan cabs dari Mamberano Tengah ke daerah lain yang lebih aman, Wamena salah satunya. Nah karena ASN dan tenaga kesehatan ikut ngungsi, maka kantor-kantor instansi pemerintah dan rumah sakit jadinya tutup deh karena nggak ada orang.
 
Rumit. Anything else I should know?
Btw, kepulangan Ricky ke Indonesia tuh emang ditunggu-tunggu banget bukan cuma oleh pihak KPK, Polda, sama masyarakat pada umumnya, guys, tapi juga dari Partai yang mengusungnya jadi bupati. Yep, Ricky ini kader Partai Demokrat. Dengar kabar kadernya kabur begini, Partai Demokrat langsung buka suara, gengs. Disampaikan oleh Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng berharap semoga Ricky bisa jadi ksatria dan mengikuti proses hukum yang udah ditetapkan. Kader-kader Demokrat emang harus siap mengikuti proses hukum, katanya.

What keeps increasing, but not your salary?

Earth’s temperature.
Yep. Since this is a very serious and urgent issue, kita masih bakal ngebahas soal suhu bumi di berbagai belahan dunia yang masih tinggi, hingga menyebabkan gelombang panas nih, guys. Khususnya di kawasan Eropa.
 
Tell me. 
Sure. Kamu masih inget kan sama pembahasan kita tempo hari di mana berbagai negara sekarang lagi berusaha berjuang menghadapi heatwave aka gelombang panas? Nah, penyebab dari fenomena alam ini ngga lain ga bukan adalah: climate crisis. Climate crisis yang makin parah, ditambah hawa panas serta CO2 yang makin banyak numpuk di atmosfer akhirnya bikin suhu bumi juga jadi naik, guys. Plus, kalau di kasusnya Eropa, terjadi kebakaran hutan dan lahan sebanyak ratusan hektar di sana yang bikin keadaan jadi tambah parah. Makanya heatwave pun bisa terjadi.
 
Hiks….
Salah satu negara yang paling parah terdampak oleh heatwave ini adalah Spanyol, guys. Secara, kebakaran hutan yang terjadi sejak beberapa waktu lalu itu kan juga berpusat di Spanyol yah, makanya suhu udara di sana pun nggak kunjung membaik sampai sekarang. Minggu lalu aja, kota Zamora, yang deketan sama lokasi pusat kebakaran hutan dan lahan itu mencatat suhu 41,1 derajat Celsius. Terus,  di Kota Ourense yang letaknya di barat daya Spanyol malah lebih parah. Badan Meteorologi setempat mencatat rekor panas tertinggi yaitu 43,2 derajat Celsius. tapi dengan panas segitu, diprediksi bakalan naik lagi mencapai puncaknya dalam waktu dekat ini, guys.
 
Di Spanyol doang?
Nggak. Soalnya Eropa tuh kan deket-deketan yah wilayahnya, meaning, kalau ada musibah kayak gini, yang terdampak nggak cuma satu negara, tapi negara tetangganya juga kena. Adapun salah satu negara yang terdampak oleh fenomena heatwave ini adalah Portugal. Perdana Menteri Portugal, Antonio Costa bilangnya keadaan di sana udah makin serius due to cuaca ekstrem ini, gengs. Makanya, dengan kondisi yang ngga makin membaik, terus diperparah sama heatwave ini, pemerintah akhirnya menetapkan ‘state of alarm’ aka keadaan darurat.

Lanjut…
Nggak cuma di Spanyol dan Portugal, heatwave juga jadi isu yang lagi ramai dibahas di Perancisguys. Di Gironde, barat daya Perancis, kebakaran hutan juga terjadi yang bikin sebanyak 11.000 hektar lahan hangus dan rata sama tanah. Akibatnya, per kemarin banget nih, heatwave aka gelombang panas di sana udah masuk ke siaga tinggi, dengan suhu setinggi 40-42 derajat Celsius, dan bikin sebanyak 16 ribu orang harus dievakuasi dari rumah mereka.
 
But they are doing something, rite?
Yha yang mereka bisa lakukan sekarang adalah berusaha sekuat tenaga gimana caranya kobaran api karhutla bisa padam as soon as possible. Untuk mencapai misi ini, ribuan petugas pun dikerahkan berikut sama enam pesawat yang bakal ngebom air dari atas juga. Terus karena fenomena karhutla ini, warga juga diminta buat membatalkan fireworks party di perayaan Bastille Day, yang supposed to digelar dalam beberapa hari ke depan.
 
Ada lagi?
Ada. Now let’s move on to England. Di Inggris, meskipun nggak separah yang lain, suhu udara di sana juga sama, di angka 40an derajat Celsius, guys. Bahkan, dari London, sampai ke York, dan Mancehester, udah menetapkan siaga merah dan alhasil bikin kegiatan masyarakat di sana jadi terhambat. Beberapa sekolah bahkan harus ditutup, dan masyarakat diimbau untuk keluar rumah kalau beneran urgent aja. Dan nggak cuma di Inggris, gelombang panas juga terjadi di Wales, sampai Scotland, tapi emang nggak separah London sih. Statusnya pun thank God masih ada di kuning, belum nyampe merah. Makanya sekarang mereka sibuk melakukan berbagai tindakan penanggulangan dan pencegahan biar suhu tinggi nggak terus-terusan terjadi.
 
I see. Anything else I should know?
Btw, setelah ribut-ribut soal heatwave aka gelombang panas yang terjadi di sejumlah negara di Eropa, yang jadi pertanyaan sekarang adalah apakah masyarakat sana masih tetep ngantor? Dan gimana tanggapan si employer mengenai karyawannya yang tetep kerja meskipun di tengah heatwave kayak gini? Nah kalau di Inggris, kalau pegawai ngerasa udah kepanasan banget, nah mereka berhak dipulangkan, guys. Pulang yah, bukan dipecat lol. Terus si employer juga bisa ngurangin jam kerja bagi karyawannya dan make sure itu pegawai bisa dapat suhu yang normal buat mereka bekerja.

When you’ve been asking lately: Apa sih Citayam Fashion Week tuh?

Look no further.
Because we got everything here. Nah, jadi fenomena Citayam Fashion Week yang lagi rame itu dimulai dari wilayah Sudirman aka SCBD. Bukan mba-mba SCBD yang khas dengan berbagai barang yang dipakenya, kini kita bakal bahas para remaja anak-anak muda yang rame pada nongkrong di sekitaran Sudirman. Saking ramenya, sampai dibilang Citayam Fashion Week, gengs.
 
Heard of it a lot. But, don’t know what it is really…
We got you. Jadi ketika orang-orang bilang Citayam Fashion Week, mereka nge-refer to anak-anak muda remaja tanggung usia 12 sampai 20 tahunan yang datang jauh-jauh dari beberapa wilayah di Jakarta Greater Area *uhuk* kayak Citayam, Bojonggede, Cibinong, Depok, ke kawasan Sudirman dengan ootd yang super niat (we mean itfrom head to toe. Makanya pas kamu jalan ke sana, yang kamu liat yha mereka-mereka itu, berikut dengan ootd-nya yang udah nyaingin fashion week gitu, guys.   
 
Mereka ngapain di sana?
Yha nongkrong aja. Sama kayak kamu yang nongkrong di coffee shop atau mall, yha mereka ini nongkrongnya di Kawasan Sudirman, di mana kawasan itu juga udah friendly banget buat para pejalan kaki since trotoarnya udah dibangun lebar. Hal ini memungkinkan para remaja ceria tadi buat jalan dengan nyaman, bikin TikTok, bercengkrama sama teman-teman sampe lirik-lirik sana sini…

Terus kok sampai viral banget?
Yha viral gara-gara the power of social media juga si ygy. Di berbagai media sosial dari Instagram sampai TikTok, banyak banget content creator bahkan public figure yang membahas soal fenomena para anak-anak muda ini, guys. Saking kencengnya konten-konten tentang Citayam Fashion Week ini dibuat dan disebarluaskan ke orang-orang, sampai jadi perhatiannya para pejabat, termasuk Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Apa kata Pak Anies?
Well, Pak Anies sih bersyukur ada fenomena kayak gini, karena menandakan bahwa Kawasan Sudirman, Jakarta udah bisa dinikmati sama banyak orang dari berbagai kalangan. Jadi orang sekarang datang, bisa nikmatin suasananya, nikmatin gedung-gedung tingginya, which is itu yang dulu sempat dibayangkan sama warga Jakarta, guys, akhirnya sekarang kesampaian. Lebih jauh, Pak Anies juga senang di JKT sekarang udah ada ruang ketiga yang bisa menyetarakan berbagai golongan masyarakat. Asal tetap jaga kebersihan aja, ceunah.
 
Cool…
Nah tapi ada satu masalah yang kerap dibahas sama netizen +62, guys. Di mana kawasan Sudirman yang dulu dikenal bersihhh banget, sekarang jadi kotor karena penuh sama sampah plastik, yang diduga disebabkan oleh remaja yang nongkrong di sana itu. Hal ini juga disampaikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. Di situ Bang Riza bilangnya di tengah anak-anak muda yang sibuk bikin konten di SCBD itu, jangan lupa juga buat bikin konten terkait menjaga kebersihan dan ketertiban. Terus kalau bisa juga bawa perlengkapan minum sendiri. Jadi nggak ngotor-ngotorin jalanan lagi.
 
I see. Anything interesting?
Fenomena Citayem Fashion Week ini juga diapresiasi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Menurut Bang Sandi, itu si remaja-remaja yang nongkrong bisa mengangkat urban tourism dan bisa menarik minat wisatawan. Lebih jauh, Bang Sandi juga bilang hal kayak gini tuh harus dikasih ruang dan peluang tersendiri gitu, jadi bisa kayak ala ala Harajuku di Jepang, gitu. Talking about Harajuku, media Jepang juga sempat ikutan menyoroti fenomena Citayem Fashion Week ini lo, guys. Dalam akun twitter @TokyoFashion, media itu bilangnya Citayam Fashion Week ini bisa banget dijadikan tren terbaru, yang nge-promote style dan selera fashion anak-anak muda pinggiran Jakarta. Dalam tulisannya, itu Tokyo Fashion berharap semoga Citayam Fashion Week bisa berlanjut, bahkan sampai dibikin kayak komunitas street fashion gitu, yang bisa dijadiin referensi anak muda dalam berpakaian and proud to wear locals.

Now, grab your umbrella and sing…

Under my umbrella… ella…eh, eh…

Ehhhh iya ujan. Pengumuman-pengumuman guys, khususnya kamu yang tinggal di wilayah Jawa Barat, karena kemarin Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Jabar) baru aja mengumumkan bahwa dalam beberapa waktu ke depan, masyarakat Jabar harus hati-hati dan siaga. Alasannya, karena beberapa wilayah di Jawa Barat bakal terdampak sama satu fenomena alam yang about to happen banget nih, namanya La Nina. Dalam keterangannya kemarin, Kasi Kedaruratan Bencana BPBD Jabar, Hadi Rahmat menyebut bahwa selain di wilayah Garut yang baru saja mengalami bencana banjir, beberapa daerah yang juga dinilai rawan terjadinya bencana adalah Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Cianjur. Nah terus banjir yang kemarin di Garut guys, menurut BPBD adalah juga karena efek La Nina.
 
Terus, La Nina nih emang apa sih? Well, ini adalah fenomena alam yang awalnya ditandai dengan curah hujan yang tinggi dan berpotensi bikin beragam jenis bencana kayak banjir, tanah longsor, puting beliung, bahkan sampai badai tropis. Nah, dalam beberapa waktu terakhir ini, La Nina memang lagi melanda tanah air, di antaranya Jawa Barat. Makanya dari situ, BPBD Jabar kemudian mengeluarkan sejumlah peringatan dini biar kalau ada bencana yang lebih besar terjadi, proses evakuasi juga jadi lebih mudah dan terukur.

“We did it. Love is beautiful. Love is kind. And it turns out love is patient. Twenty years patient.”

Gitu guya isi dari tulisannya Jennifer Lopez minggu lalu, yang berisi soal pengumuman terkait pernikahannya sama sang mantan pacar, Ben Affleck. Yep, over the weekend kemarin, jagat entertainment abis dibikin heboh sama pernikahan Jlo dan Affleck yang akhirnya bersatu setelah… 18 tahun. Jadi awalnya, Bennifer pacaran di tahun 2002, terus setelah dua tahun pacaran, keduanya ngumumin bahwa mereka tunangan. Namun kemudian keduanya putus dan gajadi nikah dengan alasan lelah bgt sama media attention. Nah, setelah hampir 20 tahun kemudian, Jlo udah nikah tiga kali, Affleck sekali, keduanya akhirnya BALIKAN. Dan minggu lalu menikah. Terus ya kata Jlo ternyata emang worth it aja ternyata nungguin 20 tahun…
 
We know what you’re thinking. Don’t. Don’t text your ex.

Announcement


Thanks to Kevin, Someone, ruthergath, Madden, Asri for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Today’s recommendation is simple: How to be a better person.