Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap KPK Paling Rendah

32

Who’s starting to lose some faith?

People, to KPK.
Hiks, iya ni guys, namanya mendapatkan kepercayaan orang tuh emang susah banget ya. Inilah yang dirasakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK RI) baru-baru ini, karena ternyata survei terbaru menemukan tingkat kepercayaan publik terhadap KPK adalah yang paling rendah di antara lembaga penegak hukum lainnya.
 
Whaaat? I need some background here.
You got it. As we all know lembaga negara di Indonesia tuh kan beragam banget dengan tujuan dan fungsinya yang juga macem-macem kan. Termasuk Presiden, TNI, Polri, Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi, dll. Nah, the question is: Are they trusted enough by the public? Kalau iya, emangnya lembaga negara mana yang punya tingkat kepercayaan paling tinggi aka yang paling dipercaya? dan sebaliknya, mana yang punya tingkat kepercayaan paling rendah?
 
Okay…
Makanya di tanggal 18 sampai 24 Mei kemarin, salah satu lembaga survei yang namanya Indikator Politik Indonesia kemudian menggelar survei buat mencari tahu lembaga hukum mana aja yang punya tingkat kepercayaan tertinggi sampai terendah versi on the spot, eh, maksudnya masyarakat. Hasilnya adalah, jeng jeng… TNI berada di posisi teratas, sementara yang menduduki posisi terbawah adalah KPK. Inget ya guys, ini di antara lembaga penegak hukum.
 
OK.
Nah fyi, survei dari Indikator Politik ini kan dilakukan secara reguler, dan records menunjukkan kalau hasil KPK punya tingkat kepercayaan yang rendah dari publik tuh emang konsisten terjadi sejak 2019 lalu, sejak adanya revisi UU KPK. Sebelumnya yha tinggi-tinggi aja. Nah sejak disahkannya Revisi UU KPK itu, publik disebut udah nggak punya kepercayaan lagi sama KPK.
 
Go on…
Nah selain terendah, kamu juga harus tahu mereka-meraka yang paling dipercaya rakyat. Jadi masih menurut Indikator Politik, tiga lembaga negara dengan tingkat kepercayaan publik tertinggi adalah TNI, Presiden, dan Polri. Secara spesifik, TNI menempati posisi pertama dengan perolehan persentase 85,3%, lanjut dengan presiden dengan 73,3%, dan Polri dengan 66,6%. Selain itu, ada juga Kejaksaan Tinggi dan Pengadilan yang persentasenya ada di angka 50-an persen.
 
Terus yang terendah, KPK doang?
Engga juga. Setelah KPK, lembaga lain yang juga memiliki kepercayaan publik rendah adalah MPR, DPD, DPR dan partai politik. Nah, tapi meskipun ada di peringkat ketujuh, namun di antara lembaga penegak hukum lainnya, KPK ada di peringkat terakhir.
 
Dari KPK ada komentar ga?
Ada. Kata Ketua KPK Pak Firli Bahuri, pokoknya hasil survei apapun dihargai, dan enggak akan menurunkan kinerja KPK dalam upayanya memberantas korupsi. Dalam rapatnya dengan Komisi III DPR RI kemarin, Pak Firli juga menjelaskan soal pencapaian lembaganya selama ini, kayak pemulihan aset yang meningkat 147 persen dari tahun sebelumnya. Selain itu, KPK juga rajin memberikan pendidikan politik berintegritas, salah satunya lewat program desa antikorupsi.
 
Ok. Anything else I should know?
Bersamaan dengan tingkat kepercayaan publik ke KPK yang udah rendah, KPK juga semakin dipertanyakan terkait kinerjanya dalam pemberantasan korupsi di Indonesia. Kayak kasus korupsi minyak goreng tempo hari, kan yang nangkep Jaksa Agung tuh. Nah, publik nanya dong, “KPK kemana emang?” Well, mantan Jubir KPK Febri Diansyah bilangnya apa jangan-jangan KPK udah semakin dilupakan, gitu.