Social Stress Bikin Penuaan Dini

222

When you think you have too many problems in life…

Take care of your health.
Karena ternyata, social stress atau stres karena berbagai masalah sosial bisa bikin sistem imun kamu mengalami penuaan dini. Hal ini diketahui dari hasil penelitian di University of Southern California yang dirilis baru-baru ini. Jadi dalam riset yang dilakukan oleh mahasiswa PhD Eric Klopack, stres sosial kayak diskriminasi dan masalah keluarga, termasuk juga masalah keuangan dan kerjaan bisa menyebabkan penuaan dini atas sistem kekebalan dalam tubuhmu. Hal ini sebenernya bummer banget, secara dengan bertambah umur aja, sistem kekebalanmu udah makin tua. Nah adapun penuaan sistem kekebalan ini bisa menyebabkan kanker, serangan jantung, dan berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh usia tua. Termasuk juga, menurunnya efektivitas vaksin kayak Covid-19. Adapun cara kerjanya gini guys
Advertisement
, jadi ketika kamu stres, maka tubuh bakal menghasilkan hormon stres, dan hormon stres inilah yang bakal menyerang kekebalan tubuhmu, termasuk di antaranya T-Cell yang berfungsi untuk memerangi sel-sel kanker. Ditemukan oleh Klopack, orang dengan tingkat stres tinggi, maka kandungan T-Cell nya lebih rendah dibandingkan mereka yang tingkat stresnya rendah. Nah guys, udah baca sejauh ini, terus kepo tentang gimana cara supaya ngga stres-stres banget?
 
Hal paling mudah yang bisa kamu lakukan ketika lagi stres banget adalah take a few minutes untuk latihan pernapasan atau meditasi. Para peneliti juga menemukan bahwa bernapas secara teratur bisa mengurangi stres levelmu secara signifikan.
 
Yuk, coba!
Advertisement