Sikap Optimis Memperpanjang Harapan Hidup

189

To all optimistic person di manapun berada...

You could live longer
Yes guys, ada satu hal nih yang bisa kamu lakukan supaya bisa hidup lebih lama. Dan no. We’re not talking about makan sehat, rajin marathon, kena petir kayak Blake Lively di age of Adeline tapi cukup aja dengan…. Being optimistic.
 
Yep. Riset terbaru yang dilakukan oleh Harvard T.H. Chan School of Public Health Menemukan bahwa emang sikap optimis itu bisa memperpanjang harapan hidup. Dijelaskan oleh peneliti utamanya Hayami Koga, semakin optimis seseorang, maka semakin panjang harapan hidupnya hingga sampai berusia di atas 90 tahun.
 
Adapun hal ini ditemukan dari hasil penelitian atas sekitar 160ribu orang dengan latar belakang dan ras yang berbeda. Hal ini juga mendukung data yang ditemukan oleh penelitian sebelumnya di tahun 2019 yang menemukan bahwa cewek maupun cowok dengan tingkat optimisme tinggi memiliki 11% sampai 15% harapan hidup yang lebih tinggi daripada mereka yang hidupnya kurang optimis.
 
Selain itu, orang-orang optimis juga memiliki harapan hidup rata-rata hingga usia 85 tahun atau lebih. Nah kira-kira, kenapa sih hidup optimis itu sampe bisa bikin harapan hidup kita tinggi? Well ternyata, karena optimis kan bikin kita jadi lebih positive thinking, dan dengan berpikir positif, maka stress kita juga berkurang. Dan berkurangnya stress bisa bikin jantung kita lebih sehat, sistem imun yang lebih baik, hingga fungsi paru yang meningkat.
 
Nah kan, more reasons to live positively…