Presiden Jokowi Hadiri KTT G7 di Jerman

41

Who’s making an across-the-globe trip?

Presiden Jokowi.
Iya guys. Kemarin banget nih, Presiden Jokowi udah mendarat dengan selamat di Munich, Jerman buat menghadiri KTT G7 (Bukan, bukan buat ketemu Philipp Lahm EHEHEHE) meskipun Indonesia sendiri bukan bagian dari kelompok G7, guys.

Kok malah ke Jerman? Indonesia bukannya tuan rumah?
Mon maap beda server :). Yang di Indonesia itu G20, kelompok negara-negara tajir dan otw tajir dan forum pertemuannya diadain November mendatang. Nah, ada G20, ada juga G7. Kalau G7 ini beneran cuma tujuh negara tajir dan industrinya pun juga udah maju. Konsepnya sama kayak G20 dan juga ada forum pertemuannya berupa KTT G7 yang tahun ini diadain di Pegunungan Alpen Bavaria, Jerman. KTT ini udah berlangsung sejak tanggal 26 kemarin dan hari ini last day-nya. Adapun anggota negara G7 tuh ada AS, Inggris, Kanada, Jepang, Italia, Perancis, sampai Jerman.
 
Terus Indonesia?
Nah Indonesia diundang secara khusus, guys. Kamu harus tahu nih, meskipun anggotanya cuma tujuh negara, dan cuma mewakili sepuluh persen dari populasi dunia, negara-negara G7 ini tajir dan kuat banget, hingga menguasai sebanyak 45% ekonomi global. Makanya biar bisa dapat perspektif lain, beberapa tahun terakhir mereka udah ngundangin negara-negara lain yang bukan anggota untuk ikut meeting rutin mereka. Nah, Indonesia sendiri kan presidensi G20 nih tahun ini, makanya diundang atas kapasitas itu deh. Selain Indonesia, Senegal, Afrika Selatan, India, sama Argentina juga ikutan diundang, guys.

I see. 
Ngomongin apa dong di sana?
In a nutshell, di forum ini mereka bakal membahas berbagai situasi global yang tujuannya untuk mencapai satu keputusan dan kesepakatan buat kerjasama di bidang-bidang tertentu. Termasuk di dalamnya situasi yang sekarang happening antara Rusia dan Ukraina. Disampaikan Pak Jokowi dalam konferensi pers di Bandara Soekarno-Hatta, Indonesia bisa ngajakin negara-negara G7 buat bersama-sama mengupayakan perdamaian dan cari solusi secepatnya dari krisis yang sekarang terjadi, kayak krisis energi sampai krisis pangan.
 
I see….Anything else I should know?
Fyi abis dari Jerman, Pak Presiden nggak langsung pulang ke Jakarta, guys. Beliau dijadwalkan akan masih lanjut ke Ukraina buat ketemu Presiden Volodymyr Zelenskyy di Ukraina, dan lanjut lagi ke Rusia Presiden Vladimir Putin (now we’re talking!). Misinya sama, buat mendorong Putin supaya ada ruang dialog dengan pihak Ukraina, bisa as soon as possible melakukan gencatan senjata, dan perangnya segera berakhir.