Lockdown di China Mulai Dilonggarkan

89

Which country that finally got some relaxation?

China.
Over Covid-19 restrictions.
Yoi guys. Setelah berbulan-bulan memberlakukan kebijakan lockdown yang bikin warganya bosen banget, akhirnya baru-baru ini, pemerintah China di berbagai daerah merelaksasi peraturannya, guys,.
 
Tell me everything.
Sure. Kamu pastinya udah tahu kan kalau China tuh masih struggling banget sama kasus Covid-19 yang dinilai masih tinggi. Minggu lalu, tercatat ada 293 kasus baru di sana. If you think that number is low, hold your thoughts karena meski dengan angka kasus 293 itu, masyarakat di berbagai kota berbagai districts di sana harus di-lockdown karena kebijakan Zero Covid Policy yang mereka terapkan.
 
Okay…

Nah, akibat lockdown itu, masyarakat China jadi harus stay di rumah dan nggak boleh kemana-mana. Kalaupun mau keluar, izinnya ribet banget. Mereka jadi harus menghemat porsi makan karena persediaan makanan di rumah mereka kan terbatas yah. Belum lagi ditambah berbagai sektor industri yang juga harus ke-stop dan berimbas pada terhambatnya supply chain dalam negeri maupun seluruh dunia. Riweuh deh pokoknya.

 
Sampai sekarang masih begitu?

Nah, setelah melalui berbagai protes dari warganya sendiri akibat kebijakan Zero Covid Policy yang sama sekali ngga sustainable, sekarang lockdown dan berbagai pengetatan pelan-pelan udah dilonggarkan nih, gengs. Di Beijing, meski kasusnya masih ada, beberapa tempat publik kayak taman, bioskop, gym, dll tuh udah boleh beroperasi dengan kapasitas maksimal 50%.

 
Sounds good…
Nggak cuma itu, di Shanghai, masyarakat udah nggak perlu ribet izin-izin kalau mau keluar, guys. Segala transportasi umum juga udah bisa mulai beroperasi, terus sekolah juga bakalan segera reopening, plus toko-toko dan mal yang udah mulai buka secara bertahap dengan kapasitas 75%. Walikota Shanghai, Zong Ming juga bilangnya, “Udah efektif lah ini pengendalian Covid pokoknya yah,” gitu guys.
 
Got it. Anything else I should know?
Dengan segala pelonggaran pengetatan aturan terkait Covid-19 ini, Beijing, Shanghai dan berbagai kota lainnya di China udah siap banget menghadapi a ‘new start’ aka awal yang baru. Secara after everything that happened, pemerintah maupun masyarakat juga harus membangun trust lagi antara satu sama lain.