Korea Utara Punya Menteri Luar Negeri Baru

77

Who have a new representative?

North Korea.
In global diplomacy. Karena minggu lalu, for the first time in forever, Korea Utara mengumumkan bahwa mereka punya Menteri Luar Negeri baru yang bakal merepresentasikan negaranya di dunia Internasional. Interestingly, this new foreign minister is a woman!

OK…

Nah emang ya reaksi dunia internasional juga rada, “Ya ok terus gmn…” karena emang negaranya sih pretty much ga berubah. Masih super tertutup dan Kim Jong un-sentris. Nowtalking about Jong-un, dengan adanya Menlu baru ini, maka secara resmi Kim Jong-un bakalan punya bawahan cewek untuk pertama kalinya yang bakal mengurus segala urusan diplomasi dengan dunia internasional.

Jadi siapa menlunya?
Everybody, meet Choe Son-hui. Choe Son-hui ini resmi ditunjuk Kim Jong Un untuk jadi Menteri Luar Negeri menggantikan menlu yang lama, Ri Song Gwan. Nah kamu harus tahu nih guys bahwa Choe Son-hui ini sebelumnya menjabat sebagai wakil menlu, dan dengan segala track record yang dia punya, diyakini bahwa doi nggak akan kesulitan buat adaptasi lagi di panggung internasional.

Now skim me her CV…

Sure. Sebelum sampai di posisi puncaknya ditunjuk jadi Menteri Luar Negeri dan wakil menteri, Bu Choe tuh udah sering banget nemenin pemimpinnya, Kim Jong un ketemu sama para pemimpin negara lain. Salah satu di antaranya yang paling penting adalah pertemuan bareng eks Presiden AS Donald Trump soal wacana Korut-AS yang mau kerja sama nuklir 2019 lalu. Di pertemuan itu, Bu Choe juga bertindak sebagai Jubir bagi lembaganya.

Balik lagi ke soal Menlu. Kim Jong-un bilang apa?

Nah soal penunjukan Choe Son-hui sebagai menlu yang baru dan mencatatkan sejarah sebagai perempuan pertama yang menjabat di posisi ini, Kim Jong un sebenernya ga banyak komentar, guys. Namun pada momentum penunjukkan yang bareng sama meeting partai itu, doi menegaskan posisi negaranya yang berprinsip untuk terus mempertahankan kedaulatan negara. Ga dijelasin lebih detail soal maksud dari speech-nya Jong un, tapi banyak pengamat yang menilai bahwa hal ini terkait dengan uji coba nuklir yang lagi getol-getolnya dilakukan Jong-un.
 
I see. Anything else I should know?
Ngomong-ngomong soal nuklir, berbagai indikasi terkait rencana uji coba rudal yang belakangan ini dilakukan Korut tentunya bikin banyak negara deg-degan. Adapun pihak yang paling ketar ketir di sini yha tetangganya, Korea Selatan, dan Amerika Serikat. Ini yang jadi concern-nya kedua negara di mana Menhan Korea Selatan, Lee Jong-sup nggak terima sama tindakan Korut ini. Sementara Jake Sullivan, penasihat otoritas Keamanan AS bilangnya mereka emang merhatiin banget nih si Korea Utara.