Kontroversi Piala Dunia U-20

56

What’s soon stirring some controversy?

Piala Dunia U-20.
Soalnya, tahun depan nih, bakal ada kelompok warga negara Israel yang kalo sesuai schedule sih, bakal datang ke Indonesia, guys. Kabar ini lalu bikin netizen negara +62 ke-trigger dong, secara sampe saat ini kita ngga menjalin hubungan diplomasi sama Israel karena kita ngga on the same page soal pendudukan mereka di Palestina (Kemerdekaan adalah hak segala bangsa, everyone??).  But, at the same time dipertanyakan juga, “Emang bisa yah mereka masuk Indonesia?”
 
Hold on. I need some background here.
You got it. Jadi, warga negara Israel yang bakalan datang itu bukan dari kalangan pemerintahan, guys. Bukan juga orang biasa mau holiday. Tapi atlet. Atlet sepak bola lebih tepatnya. Mereka bakalan ikutan dalam Pertandingan Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Indonesia.
 
Piala Dunia pindah? Bukannya di Qatar, ya?
Nggak pindah, guys. Piala Dunia aka World Cup 2022 tetap diadain di Qatar November besok. Nah, yang diadain di Indonesia ini Piala Dunia…. yang versi juniornya, U-20 aka pemainnya yang masih under 20 yo. Meskipun sama-sama di-handle sama FIFA, Piala Dunia yang senior tuh kan diadain 4 tahun sekali yah, nah bedanya kalau yang U-20 dua tahun sekali aja. Indonesia sendiri udah ditunjuk sama FIFA buat jadi tuan rumah waktu penyelenggaraan World Cup U-20 diadain di Polandia 2019 kemarin, buat edisi 2021. Tapi karena pandemi, jadinya dibatalkan dan move ke 2023 deh.
 
I see….
Nah yang jadi sorotan belakangan ini adalah keberhasilan Israel dalam Piala Eropa U-19 yang diadain di Slovakia kemarin. Setelah menang lawan Austria dan imbang melawan Serbia, maka Israel ada di posisi ke-2 setelah Inggris. Meaning, Israel bakalan hadir dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun depan, guys. Seneng dong tuh mereka, secara ini juga pertama kalinya Timnas U-20 Israel lolos ke Piala Dunia. Ketua Asosiasi Sepak Bola Israel, Oren Hasson, bahkan bilangnya ini tuh bisa jadi masa depan yang lebih baik buat negara mereka. Timnas Israel pun bakalan all out buat kasih lebih banyak kebahagiaan buat mayarakat sana, katanya.
 
T-tapi…..
Tapi masalahnya, selama ini Indonesia tuh ngga punya hubungan diplomatik sama Israel, dan stand tall all the time buat mendukung kemerdekaan Palestina. Karenanya, kedatangan Timnas Israel ke Indonesia ini diprediksi bakal menuai pro dan kontra. Menurut anggota Komisi I DPR RI Rizki Natakusumah, selama ini Indonesia udah fix banget mendukung kemerdekaan Palestina. Makanya, Israel harus siap mendapat sambutan panas dari publik jika main di Indonesia. However, Rizki meyakini bahwa masyarakat kita sangat cerdas dan bijak dalam membedakan politik dengan olahraga.
 
PSSI ada komentar ga?
Ada. Disampaikan oleh Ketua PSSI, Mochamad Iriawan bersama Menpora Zainuddin Amali, kemungkinan Israel mengikuti Piala Dunia U-20 ini juga udah diperkirakan sebelumnyaguys. Dan udah diomongin juga sama pemerintah sejak tahun 2019 lalu. Menurut keduanya, despite the fact that Israel dan Indonesia nggak ada hubungan diplomatik, udah ada kesepakatan bahwa siapa pun yang lolos ke Piala Dunia U-20 boleh banget bertanding, dipersilakan, monggo. Termasuk Israel. Namanya ini kan pertandingan bola yah, nggak ada unsur politik di sini. Timnas Israel tetap bakal diakomodasi kayak timnas dari negara lain. Gitu katanya…
 
Oh, udah ngobrol sama pemerintah juga toh…
Yep udah, guys. Pak Amali juga bilang bahwa ini tuh event olah raga, dan nggak ada sangkut pautnya sama politik. Disampaikan oleh ZA, keamanan masing-masing timnas juga bakal terjaga. Jadi nggak perlu dikhawatirkan lah, biar nama Indonesia di mata dunia juga tetep bagus. Apalagi posisinya Indonesia sebagai tuan rumah yekan.
 
I see. Anything else?
Btw selain Israel dan Indonesia, sejauh ini, baru ada tiga negara lain yang memastikan diri bakalan masuk ke pertandingan Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun depan, guys. Adapun empat negara itu juga asalnya dari Eropa, yaitu Inggris, Jerman, sama Italia. Satu tiket lagi dari Eropa bakal direbutin sama Austria vs Serbia yang bakal tanding hari ini. Hari ini juga, timnas dari Kawasan Amerika Utara, Tengah, dan Karibia yang juga bakalan mulai tanding dan memperebutkan empat tiket buat ke Indo.