Kericuhan Masih Terjadi Karena Islamophobia di India

28

When things are getting more concerning…

In India.
Over Islamophobia.
Iya guys. Parah banget deh, Kerusuhan, pertikaian, dan protes masih terjadi di India atas statement politisi India Nupur Sharma yang menghina Nabi Muhammad beberapa waktu lalu. Saking parahnya, pihak berwajib sampai harus ngancurin rumah-rumah warga yang protes turun ke jalan itu, guys.
 
WHATTT? Background please!
You got it. Jadi kamu masih ingat kan sama pembahasan kita tempo hari soal Jubirnya Partai pemerintah saat ini di India yaitu BJP, Nupur Sharma yang menghina Nabi Muhammad? Dalam acara debat di televisi itu, Sharma melontarkan statement yang ngehina banget terhadap istri nabi, peristiwa Isra Mi’raj, sampe doi bilang bahwa Al-quran adalah tafsir yang salah. Hal ini of course bikin warga Muslim marah, baik di India maupun di negara-negara lain.
 
Seriously?
Iya. Kalau di negara lainnya, protesnya disampaikan di Kedutaan Besar India di masing-masing negara kan, termasuk Indonesia di mana Kemlu RI udah manggil Duta Besar India untuk RI, Manoj Kumar Bharti dan menyatakan keberatan atas Islamophobia yang dilontarkan pejabat politik itu. Nah yang parahnya itu ada di negara mereka sendiri, guys, di mana komunitas Muslim di sana turun ke jalan dan protes besar-besaran pun terjadi di berbagai kota.
 
Tell me everything.
Ok, kita mulai dari Uttar Pradesh. Pertikaian antara Komunitas Muslim dan Hindu masih terus terjadi. Bahkan dalam beberapa kasus, pertikaiannya tuh buka cuman antar masyarakat, tapi juga antara masyarakat dan polisi. Sejauh ini udah terdapat 300 orang yang ditangkap sama polisi terkait kasus ini. Lalu kita ke Kashmir. Di Kashmir, ada seorang cowok yang nge-upload video yang isinya ancaman mau memenggal kepala si Sharma. Setelah video itu beredar, itu cowok langsung diamankan polisi dan video yang dia upload di YouTube juga langsung di-take down.
 
Oh no….
Balik lagi ke Uttar Pradesh. Pertikaian di sana tuh udah gone too far banget, guys. Weekend kemarin, polisi sana udah menghancurkan tiga rumah owned by warga muslim yang ikutan protes di jalan. Claim dari polisi sih bilangnya tiga rumah itu terpaksa dihancurkan karena dibangun secara ilegal. Tapi yha diduga itu alesannya mereka doang. Pihak kuasa hukum yang membela warga Muslim itu sampai ngirimin surat ke pengadilan dan menyatakan kalau tindakan mereka tuh udah melanggar hukum banget, kalau emang bangunannya ilegal, yha kenapa nggak ada surat pemberitahuan dulu, gitu kan.
 
:(. Anything else I should know?
Fyi pertikaian dan kericuhan yang terjadi di India tuh nggak cuma menjadikan warganya sebagai korban, guys. Di Ranchi, India Timur, tercatat udah ada at least 14 polisi yang terluka karena kejadian ini. Terus, karena kondisinyaa udah nggak kondusif lagi, pemerintah di berbagai daerah langsung menetapkan adanya pembatasan jam malam, sama akses internet yang juga di-block, biar kericuhannya juga keredam.