Jakarta Hajatan ke 495

32

Who’s having a birthday bash?Our capital city, Jakarta.

Yep. Kota yang dari dulu udah jadi love-hate relationship sama kamu ini kemarin banget baru aja merayakan ulang tahunnya yang ke 495. Udah tua juga yee ni yang lagi hajatan. Wkwkwk.

 
Tell. Me. Everything.
OK. First of all, kalo kamu tinggal di Jakarta, kamu pasti ngeh bahwa di mana-mana, spanduk ultahnya si engkong kita semua ini udah bukan lagi HUT Jakarta, tapi jadi Jakarta Hajatan. Nah kata Gubernur DKI Jakarta Pak Anies Baswedan, pemerintahannya memang memutuskan untuk ganti nama HUT dengan hajatan, karena sesuai dengan istilah Betawi. Pak Anies juga menjelaskan bahwa hajatan itu dilakukan beramai-ramai, artinya menunjukkan karakteristik masyarakat Jakarta yang emang suka tolong menolong dan bekerja sama. Ini sejalan juga dengan tagline ibu kota yang sering kita liat di mana-mana: Jakarta Kota Kolaborasi.
 
OOH….
Nah terus, kemarin tuh jajaran Pemprov DKI Jakarta dengan dipimpin oleh Pak Anies Baswedan menggelar upacara Jakarta Hajatan di Monas. Pada kesempatan itu Pak Anies bilang bahwa Jakarta ni umurnya udah hampir 500 tahun, dan kotanya akan terus berbenah. Beliau juga meng-highlight soal revitalisasi berbagai infrastruktur di Jakarta, termasuk juga di antaranya Plaza Monas, yang merupakan bagian selatan Monas dan setelah melalui revitalisasi, akhirnya bisa digunakan untuk upacara kemarin.
 
Terus terus?
Nah, abis upacara, Pak Anies langsung lanjut ikutan Sidang Paripurna dan Rapat bareng DPRD DKI Jakarta. Dua agenda ini, selain jadi agenda tahunannya pemprov, juga jadi ajang silaturahmi antara Pemprov dengan kepala-kepala daerah Jakarta dan daerah penopangnya. Kayak Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur. And yes, setelah acara seremonial selesai, it’s time for party aka pesta rakyat!
 
Sounds good…
Nah terus di hari spesial kemarin itu juga, Pemprov DKI kerja sama dengan berbagai instansi untuk ngasih promo-promo menarik. Misalnya aja, naik MRT yang jadi cuma Rp 1 aja, hingga masuk museum gratis. Selain itu, of course yang ga pernah ketinggalan tiap ultah Jakarta, apa lagi kalo bukan… Jakarta Fair. Jadi Jakarta Fair ini adalah pameran terlama, terbesar, dan terlengkap se-Asia Tenggara, yang setelah ditunda selama dua tahun gara-gara  pandemi, akhirnya tahun ini fair-nya jadi juga digelar secara offline. Nah buat kamu yang penasaran, kamu bisa banget nih cusss karena Jakarta Fair mulai dibuka sejak 9 Juni sampai 17 Juli mendatang.
 
Nice…
Nah tapi… ada yang rada ganjel ni guys soal hajatan kali ini. Pasalnya cuma selang beberapa hari sebelumnya, Jakarta mengalami polusi parah banget, sampe didaulat sebagai kota dengan status polusi terburuk di dunia. Terkait hal ini, Pak Anies kemudian buka suara. In his words: Bila kondisinya itu terburuk selama 2 bulan setiap hari, berarti ada yang salah di kota kita ini. Tetapi bila ada satu hari di situ buruk sekali, kemudian hari-hari berikutnya kembali seperti normalnya Jakarta, mesti ada sebuah peristiwa yang terjadi di hari itu.” Selain itu, Pak Anies juga juga menekankan penilaian kualitas udara tidak bisa dilakukan berdasarkan satu wilayah saja. Sebab, udara mengalami pergerakan ke berbagai wilayah.
 
Alrite. Anything else?
Oooh iya guys balik lagi ke Jakarta Fair. Ada berbagai macam agenda kayak bazaar, pameran kuliner, mulai dari makanan Betawi sampai nasional, dan pameran Replika Mobil Formula E. Puncak Jakarta Fair sendiri akan digelar dalam rangkaian Jakarta Award yang digelar 25 Juni nanti. Acaranya sendiri bakalan digelar di Jakarta International Stadium dan dimeriahkan oleh berbagai penyanyi kecintaan kita semua, kayak Raisa, Isyana Sarasvati, Rizky Febian, Niki, sampai Rich Brian.