HTM Candi Borobudur Akan Naik Jadi 750 Ribu

27

What’s getting more expensive?

Not minyak goreng again, please….
No, we’re talking about: Harga masuk Candi Borobudur.
 
OK. Tell me.
Well, satu lagi yang lagi bikin rame masyarakat +62 belakangan ini. Kalau kamu belum sempat visit dan foto-foto di the one and only Candi Borobudur yang sempat masuk ke situs keajaiban dunia, you better do it now karena ada rencana harga tiketnya bakalan naik jadi sebesar 750 ribu, guys.
 
WHAT? Tell me everything.
Sure. Kamu tentunya udah nggak asing kan sama Candi Borobudur? Candi Borobudur emang udah dari jaman dahulu terkenal karena emang candi Buddha terbesar di dunia dengan relief serta ukirannya yang rumit, detail namun bersejarah banget. Karena berbagai keunikannya inilah, di tahun 1991 lalu, Candi Borobudur udah ditetapkan sebagai situs warisan budaya oleh UNESCO, Dewan PBB yang kerjanya ngurusin bidang-bidang pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan.
 
Ok…
In case kalau kamu belum tahu, Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini tuh luas banget makanya sampai dijadikan kompleks kawasan gitu, guys. Terus, tarif masuk ke Borobudur ini juga sebelumnya masih affordable, yaitu sebesar Rp50 ribu. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pemerintah memutuskan untuk menaikkan harganya jadi 750ribu tadi, demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya Nusantara.
 
Dari 50k sampai 750k banget yha…
Well, kalau kamu sekadar foto di kawasan kompleksnya sih tarifnya nggak berubah, guys. Tetap Rp50 ribu. Tapi kalau kamu mau naik ke area candi, itu yang harus bayar sampai Rp750 ribu, dan buat wisatawan asing tarifnya jadi US$ 100. Lebih jauh, Opung Luhut menyebutkan bahwa kuota wisatawan per harinya bakalan dibatasi jadi cuma maksimal 1.200 orang aja.
 
But why sampai segitu naik harganya?
Karena ngikutin saran dari UNESCO dan sejumlah pakar. Balik lagi Borobudur tuh situs warisan budaya dunia dan harus ada langkah konservasinya kan. Tapi harga ini juga belum finalguys. Masih bakal diputuskan lagi sama Presiden Joko Widodo minggu depan. Lebih lanjut, Opung Luhut juga sebenarnya aware sama harga buat wisatawan lokal yang setinggi itu, makanya mumpung belum final, nanti bakalan ada pengkajian lagi terkait tarif harga ini ceunah.
 
Ok. Anything else I should know?
Fyi selain menjaga cagar budaya, pemerintah emang lagi mencoba menata ulang Kawasan Candi Borobudur. Secara, lokasi ini emang masuk destinasi wisata super prioritas. Jadi rencananya, kamu kalau mau wisata di Borobudur, bakalan disediain tour guide gitu masing-masing dari warga lokal sana, jadi ada lapangan kerja baru. Biar masyarakat Indonesia juga punya sense of belonging terhadap candi ini.