Friday Pause: Got stars in my eyes 👀

317

Yeay it’s Friday!

Good morning! Are you excited that we’re just thiiiiis close to the weekend? Already got plans lined up? Really to roll tonight? Well, If your answer is yes, same. Now, the weekend won’t start till you listen to our podcast here, and let’s dig in!

For the love of Meme: We mean… you deserve all the rest…


When you reallllly care about someone…

But find it hard to express it.
Same. Everybody, let’s talk about: feeling. Yep bener, perasaan. Kenapa? Karena setiap hari, kita tentu punya perasaan-perasaan yang mengisi hati, tapi kadang kita suka gatau gimana cara mengungkapkannya. Terutama kalo ngungkapinnya ke orang yang kita sayang. Bener apa beneer? *ala Mamah Dedeh*
Nah guys, kalo kamu sering kali ada di posisi ini, tenang aja, kamu engga sendirian kok. Emang bisa dibilang, kultur kita tuh ngga biasa menunjukkan perasaan sayang ke orang lain. Makanya kaan, suka ada meme-meme bedanya Asian Parents dan Western Parents. Biasanya, Asian Parents digambarkan super demanding dan jarang memuji anaknya, sedangkan western parents justru supportive banget, bahkan dari panggilan aja udah “honey”, “sweety”, “sweetheart”, gitu-gitu.
Well, we’re not here to tell you if one style is better than the other, but we’re here to talk about… kalo kamu emang sayang sama orang, tapi gabisa ngungkapinnya karena tengsin, tenang aja. Banyak kok cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memberi tahu orang-orang yang kamu sayang bahwa ya… you care and you love them so much. Pssst ini ngga berlaku buat pacar aja, tapi buat semuanya ya! Ini dia cara-caranya!
  • Listen. Yep, terdengar simple tapi sebenernya penting banget guys. Karena ketika kamu bener-bener ngedengerin dan perhatian penuh pada seseorang, mereka bakal merasa terlihat, didengar, dan diperhatikan. Jadi, coba deh misalnya kamu pulang kerja terus makan malem bareng sama pasangan, try to really listen. Jangan main hape, jangan dengerin buat ngejawab, apalagi sampe bilang, “Kamu mending tadi kena macetnya 20 menit, aku satu jam!” No no, just listen, give them your full attention, dan kalo emang mau merespons, respons dengan hal-hal yang menunjukkan bahwa kamu emang dengerin. Misalnya, “Ahh, emang bete banget sih kena macet sampe 20 menit gitu, di sebelah mananya sih? Pegel-pegel gak?” you knoww, things like that.
  • Complain without accusing. Misalnya ada sikap dari seseorang yang kamu sayang itu agak ngeselin, yang kamu target cukup sikapnya aja guys, bukan orangnya. Example: Kamu sayang banget nih sama adik kamu, tapi kerjaan dia kalo abis makan ga dicuci lagi piringnya. Instead of bilang, “Lo males banget sih cuci piring!” you can say something like “Piring cuciannya udah numpuk deh, dek. Coba yuk cuci biar ga makin numpuk!” Jadi fokus di piringnya, bukan di males nyucinya.
  • Tepati janji. Kamu pasti sering denger, bahwa ngga ada tuh sebenernya sibuk banget karena kalo udah sayang, sesibuk apapun kita bakal meluangkan waktu buat orang tersebut. Nah salah satu hal untuk menunjukkan komitmen “sayang” tadi adalah dengan menepati janji. Misalnya kamu udah janjian sama mamamu mau nemenin grocery shopping on the weekend, ya jangan sampe skip gengs. Karena dengan menepati janji, orang lain akan merasa dihargai, diprioritaskan, dan itu juga nunjukkin bahwa emang mereka penting buat kita.
  • Be assertive. Yep, buat kamu yang baru denger, jadi assertive ini adalah tengah-tengah antara passive-aggressive sama aggressive. Dalam komunikasi yang assertive, kamu mengkomunikasikan keinginan kamu dengan clear, logis dan ngga emosional. Dengan begini, ga cuma kamu bisa menyampaikan apa yang kamu maksud dengan sangat jelas, namun kamu juga jadi menghindari konflik sama orang yang kamu sayang. Contohnya gimana? Gini: Misalnya papamu bilang, “Eh, kamu bisa ga cuciin mobil papa hari ini?” Dalam gaya passive aggressive, kamu yang masih capek dan baru dapet jatah libur bakal jawab, “Iya bisa, abis aku beresin kamar, nemenin mama ke pasar, nganterin adek les basket, sampe nemenin Elon Musk ke Mars.” Yep, petty banget kan. Makanya gausah gitu guys, dalam gaya komunikasi assertive, kamu cukup bilang: “Ga bisa, Pa. Aku hari ini sibuk banget. Mau aku bawa ke tempat cuci profesional aja ga mobilnya?” Nah jangan lupa, nawarin alternatif itu penting banget, jadi mereka ngga merasa di-abandoned.
  • Do not expect anything. Nah kalo ini banyak kejadian dalam hubungan pacaran, di mana satu pihak udah punya ekspektasi tertentu terhadap pasangannya. Misalnya, kamu pengennya ketemu tiap weekend, tapi doi sibuk terus. Nah ga bisa kan kamu maksa sama dia supaya tetep nge-date seminggu sekali? Makanya, daripada jadinya clingy dan banyak minta, dari awal kamu gausah berharap dapet apa-apa. Tulus aja. Kadang kalo tulus tuh terpancar kok, bisa diliat sama pasangan kita.
  • Bikin mereka merasa penting. Yep, dari mulai teleponan/ngobrol after a long day, inget ulang tahun, hingga inget mereka makan bubur kacangnya gapake bawang. Pokoknya sedetil itu guys, karena orang tuh seneng kalo mereka merasa penting dan dihargai. Ygy?
  • Make yourself useful. Nah, kalo orang yang kamu sayang minta tolong, langsung gercep tolongin aja guys karena ini bakal jadi kesempatan kamu buat nunjukkan ke orangnya bahwa kamu mau lho, go the extra miles dan berkorban buat dia. Udah kayak gitu, masa iya mereka masih ga nyadar juga kalo mereka disayang?


Now, let’s take a break from adulting…


And enjoy our recommendation.

Part of adulting is… paying bills *yikes*. But maybe, since it’s almost weekend, why don’t we just put off all bills and enjoy some cool things instead? Yep, from yummy recipes to K-Drama, you sure don’t wanna miss it! 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Our podcast! Hari ini kita bakal membahas soal mantan Mendag M. Lutfi yang diperiksa Kejagung, Sri Lanka bangkrut, dan cuti melahirkan yang di-propose sampe 6 bulan. Leggo!
  • I strongly recommend you to watch a heartwarming & reflective KdramaMy Liberation Notes! Cocok banget kalo mau merefleksikan hidup dengan visual & OST yang calming & indah, relatablecomedic dikit, dengan beberapa bawang. One of the hottest slice of life drama in 2022! (Instagram @ayuditamade)
  • Halo, mau rekomen resep kopi susu ala gue! Pertama, tuang satu saset Nescafe classic 2g ke gelas lalu seduh dengan air panas (seuprit aja airnya jangan banyak-banyak) dan jangan lupa diaduk sesuai umur kalian sekarang (misal: usia 29 ya udah aduk 29 kali). Lanjut tuang susu kental manis putih (merek terserah) ke kopi tadi dan don’t forget aduk sesuai umur juga! Kalau udah tercampur rata berwarna cokelat muda gitu, ya udah terakhir kasih es batu sampe gelas penuh dan aduk kayak tadi lagi. Selamat mencoba! (@woopal_na)
  • Haii, di sini aku rekomendasikan kamu baca-baca buku self development. Kali ini aku recommended kamu untuk baca buku karya Syahid Muhammad, atau kita panggil saja Bang Iid. By the way, baca buku Bang Iid yang judulnya “Kamu Gak Sendiri” , ril, bikin ketagihan dan bikin kamu agak lega dan ngga ovt dan sebagainya. Jangan lupa baca yaa!. (Anonymous)
  • Mau rekomendasiin Podcast Malam Kliwon yang selalu nemenin aku di jalan macet-macetan dan IG @puspitamygsari untuk rutinitas hidup sehat (Anonymous)
  • Hello, guys!! Aku mau rekomendasiin lagu baru dari DRIPPIN nih, judulnya ZERO!! Buat kalian yang mungkin udah tau DRIPPIN, lagu ini pasti bakal kedengeran bedaaaaa bangeeeeet dari lagu mereka yang biasanya. Dan buat kalian yg belum tau, ayo kepoin! Kalian gak bakal nyesel sama intense vocals, raps, dan music dari lagu ini! Pokoknya semua komponen dari ZERO sangat layak buat diapresiasi deh! Thank you. Have a nice weekend. (Anonymous)
  • Drakor The sound of magic. Ini drama singkat banget. Ada di Netflix dan cuma ada 6 eps. Pertama, yang main super charming, ya namanya juga Ji Chang-wook ya bun. Kedua, menurutku ini tuh lebih kayak tentang mengimani/percaya sesuatu. Apa yang kamu percayai ya itu nyata adanya. Kalau ada temenmu yang udah nonton juga, coba aja ajak diskusi. Pasti seru! (Anonymous)
  • Bisa coba dengerin podcast Buku Kutu di Spotify, dll untuk nambah pengetahuan kita tentang buku yang dibahas dengan singkat dan padat hehe. Terus bisa dengerin tuh full albumnya Tulus “Manusia” semuanya bagus dan relates banget ke kondisi orang-orang sekarang. Siapa tahu kamu salah satunya hehe 🙂  (Anonymous)
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

 
“Life is not easy for any of us. But what of that? We must have perseverance and above all confidence in ourselves. We must believe that we are gifted for something and that this thing must be attained.” ­
 
– Marie Curie-

Thank you note


Thanks to Cacaca & Kendria for buying us coffee today!


(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)
Advertisement