BTS Bertemu Joe Biden di White House

37

Who’s singing: Cause I-I-I’m in the White House tonight?

BTS.
Yoi guys. Makin membanggakan ya ketujuh oppa-oppa kita ini. Setelah beberapa kali diundang ke Sidang Umum PBB, terus masuk nominee di Grammy, nah kemarin banget nih, Jung-kook dll baru aja mengunjungi White House dan ketemu langsung sama Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

 
Wait. Kok bisa?
Ya bisa. Jadi mereka ke sana salah satunya adalah untuk meng-address diskriminasi terhadap warga Asian Americans dll yang kerap terjadi. Duhhh mulia banget ya, hyung.
 
Lanjut dulu donk.
OK jadi gini ceritanya. Masalah racial and discrimination tuh kan kental banget yah di kehidupan kita sehari-hari. Nah, Di AS, berbagai tindak diskriminasi juga ikut dirasakan masyarakat sana because of their looks, khususnya bagi orang-orang Asian Americans, Native Hawaiians aka orang asli Hawaii, dan orang-orang dari Pacific Islanders yang kemudian disingkat AANHPI. AANHPI Initiatives ini emang jadi program pemerintahannya Biden guys, buat men-tackle segala bentuk rasisme dan diskriminasi di Amerika Serikat. Dan bulan Mei ini, jadi AANHPI Heritage Month.
 
Ok hubungannya sama BTS?

BTS yang isinya ada Jong-kook, Jimin, dll tuh kan iconic banget yah. Nggak cuma lagu-lagu mereka yang hits secara global, tapi juga track record mereka yang selalu menyuarakan equality, justice, and love yourself. Makanya, karena ngeliat influence BTS yang emang segede itu, plus track record mereka yang align sama apa yang diprogramkan sama pemerintah AS, diundanglah member-member BTS ini ke White House buat ketemu langsung sama Presiden AS Joe Biden buat mendiskusikan berbagai hal, guys.

 
Apa ajatu yang di-discuss?
In a nutshell, mereka ngomongin soal gimana BTS bisa ngebantu pemerintah sana buat men-tackle berbagai kejahatan, kebencian, dan diskriminasi terhadap keturunan Asia di Amerika Serikat. Jadi diharapkan dengan influence BTS yang segitu gedenya itu, plus dengan value that they bring to the table, mereka bisa menyuarakan dan bisa nge-influence orang-orang untuk plz banget jangan lagi rasis sama orang-orang Asia. Joe Biden juga bilangnya orang-orang tuh peduli banget sama apa yang diomongin member BTS.
 
I see…
Nah, pembahasan anti-Asia ini sebenarnya emang cukup personal buat member BTS, guys. Dalam satu tweet yang di-upload di Twitter @BTS_twt, mereka bilangnya mereka udah kenyang banget sama segala diskriminasi, ejekan, dan sumpah serapah nggak jelas yang ditujukan ke mereka. Orang-orang bahkan mocking ke mereka gara-gara, “Orang Asia kok ngomongnya Bahasa Inggris??” (???)
 
🙁

Nah terus seiring dengan mewabahnya Covid-19 yang pertama kali terdeteksi di China, tingkat kebencian terhadap warga Asian Americans di sana naik drastis guys, sampe 77% di tahun 2020. Terus, dari periode Maret 2020 sampai Juni 2021, ada sekitar 9.000 insiden kejahatan yang korbannya orang-orang keturunan Asia. Adapun  yang paling parah adalah serangan senjata di Atlanta yang menewaskan 6 orang perempuan Asia.

 
:((
Dari situ akhirnya kan banyak campaign yang menyuarakan untuk #StopAsianHate kan. Yang berujung Joe Biden menandatangani Undang-Undang Hate Crimes Covid-19, biar nggak ada lagi tindak kejahatan yang basisnya tuh bawa-bawa ras, apalagi sampai nyalahin ras tertentu in terms of Covid-19. Dalam hal ini, yha Asian Americans. Joe Biden sendiri bilangnya hate crimes and discrimination tuh nggak ada tempat di United States katanya.
 
Got it. Anything else?
Fyi pemerintahan Joe Biden emang lagi gencar-gencarnya ngundang pop artists datang ke White House dan raise issues yang lagi concerning. BTS dengan masalah Asian Americans Hate-nya, terus beberapa waktu lalu Selena Gomez juga sempat datang dan ngomongin mental issue, dan nggak ketinggalan Mbak Paris Hilton yang ngomongin child abuseThe living legend Angelina Jolie and the iconic Olivia Rodrigo juga sempat datang ngomongin vaksinasi lo, guys.
 
Kira-kira besok siapa lagi yang diundang yha….